Pengaruh Media Pembelajaran IDE Replit menggunakan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Informatika SMAN 3 Malang

Pengaruh Media Pembelajaran IDE Replit menggunakan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Informatika SMAN 3 Malang

Penulis

  • Serra Nadya Indi Herawati Malang
  • Admaja Dwi Herlambang
  • Satrio Hadi Wijoyo

Kata Kunci:

problem based learning, media pembelajaran interaktif, replit, hasil belajar, motivasi belajar

Abstrak

Pembelajaran yang efektif memerlukan metode, media dan model pembelajaran yang tepat guna menghasilkan hasil pembelajaran terbaik di ranah kognitif, psikomotorik, dan afektif motivasi. Pembelajaran berbasis masalah melibatkan pelajar dalam memecahkan persoalan nyata serta mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi. Tujuan penelitian dilakukan menyelidiki pengaruh media Replit terhadap hasil belajar dan motivasi belajar pelajar. Pendekatan penelitian adalah kuantitatif dengan metode penelitian Weak Experiment Static Group Pretest Posttest untuk memperoleh hasil belajar kognitif dan Weak Experiment Static Group Comparison untuk memperoleh hasil belajar psikomotorik dan motivasi belajar. Purposive sampling digunakan dalam sampel penelitian, dan dua kelas dari kelas XI di SMA Negeri 3 Malang digunakan untuk membandingkan hasil pembelajaran. Penelitian menggunakan analisis uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas untuk menentukan uji hipotesis. Pada aspek kognitif, psikomotorik, dan motivasi tidak memenuhi uji asumsi sehingga menggunakan uji nonparametrik Mann Whitney U. Hasil penelitian menyatakan bahwa nilai hasil belajar terdapat perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen, dan nilai motivasi belajar terdapat perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen. Untuk itu, media IDE Replit memengaruhi hasil belajar dan motivasi belajar siswa.

Referensi

Ananda, R., 2019. Perencanaan Pembelajaran. [online] Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI). Available at: <https://core.ac.uk/download/pdf/228074872.pdf>.

Anjelina Putri, A.A., Swatra, I.W. and Tegeh, I.M., 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Pbl Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(1), pp.21–32. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407.

Bialik, M. and Fadel, C., 2015. Skills for the 21 st Century: What should students learn? Center for Curriculum Redesign, [online] 3(4), pp.1–19. Available at: <https://www.researchgate.net/publication/318681750_Skills_for_the_21st_Century_What_Should_Students_Learn/link/597762f0aca27203ecbdd8c8/download?_tp=eyJjb250ZXh0Ijp7ImZpcnN0UGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIiwicGFnZSI6InB1YmxpY2F0aW9uIn19>.

Bloom, B.S., Engelhart, M.D., Furst, E.J., Hill, W.H. and Krathwohl, D.R., 1956. Taxonomy of Educational Objectives : The Classification of Educational Goals, Handbook I Cognitive Domain. New York: Longmans.

Chan, S., Sum, C., Wong, H. and Wong, R., 2018. The Impacts of Problem-Based Learning on Students’ Motivation. Conference Paper, [online] (July). Available at: <https://www.researchgate.net/publication/334457712_The_Impacts_of_Problem-Based_Learning_on_Students’_Motivation>.

Ekasari, E.R.R. and Trisnawati, N., 2021. Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X OTKP di SMKN 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(1), pp.236–245. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n1.p236-245.

Ella, S. and Krismiyati, 2023. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X Pada Mata Pelajaran Informatika di SMK Negeri 2 Salatiga. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), pp.755–761. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.8418140.

Engkamat, A., Leong, Y.M. and Gran, S.S., 2023. Replit: A Simple Approach To Real-Time Collaborative Coding. International Teaching Aid Competition 2023, pp.882–883.

Haminu, R.W., Komansilan, T. and Liando, O.E.S., 2022. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Simulasi dan Komunikasi Digital Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi, [online] 2(6), pp.850–859. https://doi.org/10.53682/edutik.v2i6.6340.

Hapizah, H., Susanti, E. and Araiku, J., 2022. Pendesainan Perangkat Pembelajaran Matermatika Bercirikan Problem Based Learning. 1st ed. [online] Palembang: Bening Media Publishing. Available at: <https://www.google.co.id/books/edition/PENDESAINAN_PERANGKAT_PEMBELAJARAN_MATEM/XSjFEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&kptab=overview>.

Iswandi, T., 2023. Pengaruh Metode Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMK IT Alqimmah. Jurnal Pendidikan dan Konseling, [online] 5(1), pp.4197–4203. Available at: <https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/11685/8959>.

Kharisma, H. and Suprijono, A., 2023. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK KELAS XI IPS DI SMAN 8 KEDIRI Agus Suprijono. Avatara, e-Journal Pendidikan Sejarah, 13(2).

Kovtaniuk, M.S., 2022. Online Compiler <> Usage During The Study Of The Programming Discipline. International Scientific Conference, [online] pp.60–62. https://doi.org/https://doi.org/10.30525/978-9934-26-277-7-108.

Priandini, A.B., Fadly, W., Zubaidi, A. and Ju’subaidi, J., 2022. Analisis Kemampuan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII MTs N 6 Ponorogo. In PISCES: Proceeding of Integrative Science Education Seminar , [online] 2, pp.181–189. Available at: <https://prosiding.iainponorogo.ac.id/index.php/pisces/article/view/767>.

Puspitasari, I.A., Azainil, A. and Basir, A., 2022. Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika. Prosiding, [online] 2, pp.75–92. Available at: <https://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/view/1248%0Ahttps://jurnal.fkip.unmul.ac.id/index.php/psnpm/article/download/1248/830>.

Putra, B.P., 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pemeliharaan Baterai pada Siswa Kelas X TKR SMK Negeri 1 Cangkringan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 2(2), pp.71–78. https://doi.org/10.21831/jpvo.v2i2.33629.

Redhana, I.W., 2019. Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1).

Replit, R., 2024. Replit. [online] Available at: <https://docs.replit.com/updates> [Accessed 5 March 2024].

Setiawan, A., 2017. Belajar dan Pembelajaran. 1st ed. [online] Yogyakarta: Uwais Insipirasi Indonesia. Available at: <https://www.google.co.id/books/edition/Belajar_dan_Pembelajaran/CPhqDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=buku mengenai pembelajaran&pg=PA20&printsec=frontcover>.

Setyo, A.A., Fathurahman, M. and Anwar, Z., 2020. Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. 1st ed. [online] Makassar: Yayasan Barcode. Available at: <https://www.google.co.id/books/edition/STRATEGI_PEMBELAJARAN_PROBLEM_BASED_LEAR/B4xCEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=buku+problem+based+learning&pg=PR3&printsec=frontcover>.

Sofyan, H., Wagiran, W., Komariah, K. and Triwiyono, E., 2017. Problem Based Learning Dalam Kurikulum 2013. 1st ed. Yogyakarta: UNY Press.

Tarigan, D. and Siagian, S., 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Pembelajaran Ekonomi. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi dalam Pendidikan, 2(2), pp.187–200.

Wahyono, Mushthofa, Asfarian, A., Ramadhan, D.A., Putro, H.P., Wisnubhadra, I., Saputra, B. and Pratiwi, H., 2021. Buku Panduan Guru Informatika untuk SMA Kelas X. [online] Available at: <https://buku.kemdikbud.go.id>.

Yunansah, H., Darwis, M. and Anna, A.R., 2022. Penerapan model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Aplikasi Pengolah Kata di Kelas X SMK Mandiri Kraksaan Probolinggo Jawa Timur. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, [online] 4(1), pp.1–9. Available at: <http://ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/120>.

Unduhan

Diterbitkan

30 Jul 2024

Cara Mengutip

Herawati, S. N. I., Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran IDE Replit menggunakan Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Informatika SMAN 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(7). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13935

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...