Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi Jurusan TKJ di SMK Negeri 2 Kota Pasuruan

Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi Jurusan TKJ di SMK Negeri 2 Kota Pasuruan

Penulis

  • Muhammad Idris Ayadili Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

belajar, gaya, komputer, motivasi, prestasi

Abstrak

Penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Kota Pasuruan untuk mengeksplorasi korelasi dari gaya, motivasi, dan prestasi belajar peserta didik kelas X, XI, serta XII jurusan Teknik komputer serta Jaringan (TKJ). Responden penelitian terdiri asal 120 siswa, yang terdiri dari 30 siswa dari kelas XI TPTU, 30 siswa dari kelas XI TKJ, 30 siswa dari kelas XI TKJ, dan 30 siswa dari kelas XII TKJ. Tujuan Penelitian untuk mengevaluasi korealasi antara motivasi belajar serta gaya belajar pada prestasi belajar pada mata pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi pada peserta didik kelas X, XI, dan XII Jurusan TKJ. Penelitian ini memakai metode kuantitatif serta kuesioner skala Likert buat mengukur gaya belajar, motivasi belajar, serta prestasi belajar. Dari analisis membuktikan bahwa gaya belajar secara parsial memiliki hubungan dengan prestasi belajar. Akan tetapi, motivasi belajar memiliki hubungan yang signifikan secara parsial dengan prestasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran tersebut. Secara simultan, kedua faktor ini pula ada korelasi yang tinggi pada prestasi belajar siswa di semua tingkatan kelas TKJ tersebut. Penelitian ini menyoroti perlunya memperhatikan gaya belajar dan motivasi belajar siswa buat menaikkan pencapaian akademik mereka, khususnya pada jurusan TKJ di SMKN 2 Pasuruan

Referensi

Agustini, A., & Rahaju, E. B. (2022). Profil Berpikir Relasional Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar Auditori. MATHEdunesa, 11(3).

Akbar, F., & Mutiah, H. (2020). Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa dalam Membantu Dosen dalam Menentukan Model Pembelajaran di Universitas Muhammadiyah Bulukumba. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 9(2).

Anatin, A. (2021). Keefektivan Layanan Bimbingan Klasikal Moda Daring Metode Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Islami, 1.

Anggraini, D. (2018). Hubungan Motivasi Belajar dan Gaya Belajar Siswa dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa MTS Islamiyah Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Tesis. Universu itas Islam Negeri Sumatera Utara.

Budiana, S., Karmila, N., & Devi, R. (2020). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi belajar Matematika. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 12(2).

Budiariawan, I Putu. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia. 3 (2): 103 – 111.

Chania, Et. al. 2016. Hubungan Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMAN 2 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Journal of Sainstek 8(1):77-84.

Darmawati, Joenita. (2013). Pengaruh Motivasi Belajar dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa SMA Negeri Di Kota Tuban. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. 1(1):79-90.

Ghufron, M. & Risnawita, S. (2013). Gaya Belajar Kajian Teoritik. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Hazimah, N., & Muhammadi. (2021). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Prestasi belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV. Journal of Basic Education Studies, 4(2).

M. Ghufron Nur, R. R. (2013). Gaya Belajar: Kajian Teoritik. Pustaka Pelajar.

Sardiyanah, S. (2020). Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 7(1).

Sugiyono. (2018). Metode Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2014). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sulfemi, Wahyu Bagja. 2018. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar IPS di SMP Kabupaten Bogor. Jurnal Ilmiah Edutecno 18(1): 1-12.

Yulianingsih, et.al. (2023). Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan 12 (1):34-40.

Unduhan

Diterbitkan

31 Jul 2024

Cara Mengutip

Idris Ayadili, M. (2024). Hubungan Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi Jurusan TKJ di SMK Negeri 2 Kota Pasuruan. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(7). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13965

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...