Pengaruh Kesiapan Sekolah, Kesiapan Instruktur, Serta Penggunaan Django Framework Dan Bootstrap 5 Dalam Pelaksanaan Teaching Factory Praktisi Pengembangan Website Terhadap Peningkatan Kompetensi Industri 4.0 Pra-prakerin Siswa RPL SMK Medikacom Bandung.

Pengaruh Kesiapan Sekolah, Kesiapan Instruktur, Serta Penggunaan Django Framework Dan Bootstrap 5 Dalam Pelaksanaan Teaching Factory Praktisi Pengembangan Website Terhadap Peningkatan Kompetensi Industri 4.0 Pra-prakerin Siswa RPL SMK Medikacom Bandung.

Penulis

  • Christian Adrianus siwabessy Universitas Brawijaya
  • Retno Indah Rokhmawati Universitas Brawijaya
  • Uun Hariyanti Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Teaching Factory, praktisi pengembangan website, Kesiapan sekolah, kesiapan instruktur, Django Framework dan Bootstrap 5, kompetensi industri 4.0.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan sekolah, kesiapan insturktur, serta penggunaan Django Framework dan Bootstrap 5 dalam pelaksanakan Teaching Factory praktisi pengembangan website terhadap peningkatan kompetensi industri 4.0. Fokus penelitian ini adalah untuk membuktikan kegiatan Teaching Factory melalui variabel penelitian ini dapat meningkatkan
kompetensi industri 4.0 peserta didik, sehingga lulusan SMK bisa memiliki kompetensi sesuai kebutuhan industri saat ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran menggunakan korelasi dan regresi untuk menggambarkan hubungan dan pengaruh antar variabel dan dielaborasi menggunakan data kualitatif untuk mendeskripsikan hubungan dan pengaruh yang terjadi. Sampel diambil dari peserta didik kelas XI program keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yang telah mengikuti kegiatan Teaching Factory praktisi pengembangan website menggunakan Django Framework dan Bootstrap 5. Hasil pengujian menunjukkan terdapat hubungan dan pengaruh kesiapan sekolah melaksanakan Teaching Factory, kesiapan instruktur melaksanakan praktisi pengembangan website, serta kesiapan sekolah dan instruktur melaksanakan Teaching Factory praktisi pengembangan website menggunakan Django Framework dan Bootstrap 5 secara bersama-sama terhadap peningkatan kompetensi industri 4.0 peserta didik, dengan kontribusi pengaruh 45,6%. Hasil pengujian parsial pengguanan Django
Framework dan Bootstrap 5 terhadap peningkatan kompetensi industri 4.0 tidak memberikan pengaruh signifikan. Meskipun demikian, apabila diuji secara simultan dengan variabel lainnya, penggunaan Django Framework dan Bootstrap 5 memberikan kontribusi pengaruh 0,7% terhadap peningkatan kompetensi industri 4.0.

Referensi

Amin, M. (2015). Panduan Pelaksanaan Teaching Factory. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK (Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan

Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan).

Aryana, P. B., Widiartini, N. K. & Mertasari, N. M., 2023. Evaluasi Pelaksanaan Teaching Factory. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 13(2), pp. 122-138.

Barseghyan, D., 2022. Integrating 21st Century 4C Skills in an Armenian EFL Classroom, Armenia: American University Of Armenia

Darmawan, D. (2016). Kompetensi Instruktur dan Efeknya Terhadap Kecakapan Vokasional Peserta Pelatihan. Jurnal Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 107-120.

Delfiandra, B., Arwizet, Yufrizal & Abadi, Z., 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Factory Dan Kesiapan Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Teknik Pemesinan CNC Di SMK Negeri 6 Batam. VOMEK, 4(1), pp. 119- 124.

Hazizah, N., 2023. Penerapan Teaching Factory (TEFA) Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Lulusan Proli Teknik Kimia Industri SMK Negeri 2 Bangkalan. Jurnal Teknik Mesin Dan Pembelajaran, 6(2), pp. 58-67.

Marfianti, Y. & Hariyati, N., 2020. Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Produktif Dan Kelayakan Sarana Prasarana Terhadap Peningkatan Kompetensi Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Teaching Factory Pada Program Keahlian Multimedia Di SMK Negeri 1 Surabaya. Jurnal Manajemen Pendidikan, pp. 1-13.

Nurdiana, I., Ardana, I. M. & Gunamantha, I. M., 2021. Kontribusi Kompetensi Guru, Konsep Diri Akademis Dan Budaya Sekolah Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VI SD Gugus VI Kecamatan Kuta Selatan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(2), pp. 175-186.

One Massachusetts Avenue NW, Suite 700. (2015). Partnership For 21st Century Skills-Core Content Integration. Washington DC: The Partnership for 21st Century Learning.

Rohida, L. (2018). Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 terhadap Kompetensi Sumber Daya Manusia. Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia, 114-136.

Senjaya, H., & Basri, A. (2023). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Menu Makanan Dan Minuman Berbasis Web. Jurnal Algor, 34- 43.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Sunaryo, Sumantri, S., Japar, Rahayu, W., Sujanto, B., Nasbey, H., . . . Suhendar, H. (2022). Praktisi Dunia Usaha Dan Dunia Industri Sebagai Pengajar Di Satuan Pendidikan Vokasi. Jakarta: Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek RI.

Suryati, L. et al., 2023. Penerapan Program Teaching Factory dalam Mempersiapkan Kompetensi Kewirausahan Siswa pada Pendidikan Vokasi. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(1), pp. 58-66.

Unduhan

Diterbitkan

31 Jul 2024

Cara Mengutip

siwabessy, C. A., Rokhmawati, R. I. ., & Hariyanti, U. (2024). Pengaruh Kesiapan Sekolah, Kesiapan Instruktur, Serta Penggunaan Django Framework Dan Bootstrap 5 Dalam Pelaksanaan Teaching Factory Praktisi Pengembangan Website Terhadap Peningkatan Kompetensi Industri 4.0 Pra-prakerin Siswa RPL SMK Medikacom Bandung. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(7). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13968

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...