Eksperimen Penerapan Prinsip Konsistensi Visual pada Aplikasi iPusnas (Studi Kasus: Tampilan Card) untuk Meningkatkan Usability
Kata Kunci:
usability testing, heuristic design, iPusnasAbstrak
iPusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital gagasan Perpustakaan Nasional yang memiliki tujuan untuk memudahkan dalam mengakses bahan bacaan yang berada di Perpustakaan Nasional secara daring. Berdasarkan data dari Google Play iPusnas ini memiliki rating 3.4 dari 27 ribu ulasan di AppStore. Aplikasi iPusnas memiliki beberapa kekurangan dalam aspek pengalaman penggunanya. Salah satu kekurangan yang akan diteliti dalam skripsi ini adalah minimnya penerapan prinsip heuristik Nielsen pada desain interface. Prinsip yang diimplementasikan pada desain treatment aplikasi iPusnas adalah prinsip heuristik Nielsen yaitu konsistensi visual. Pengujian akan dilakukan menggunakan metode moderated usability testing terhadap desain control dan desain treatment pada setiap responden untuk memperoleh data-data usability, seperti task time dan kemudahan. Pengujian dilakukan terhadap 12 responden mahasiswa/i Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Kesimpulan pertama adalah bahwa terdapat perbedaan performa task time pada fitur koleksi buku, kategori ePustaka, dan profil ePustaka yang menggunakan eksperimen penerapan desain konsistensi visual dengan tidak adanya penerapan desain. Kesimpulan yang kedua adalah tidak terdapat perbedaan performa nilai kemudahan pada fitur koleksi buku, kategori ePustaka, dan profil ePustaka yang menggunakan eksperimen penerapan desain konsistensi visual dengan tidak adanya penerapan desain.
Referensi
Asmanputra, A. R. A., & Az-Zahra, H. M. (t.t.). Evaluasi Dan Rekomendasi Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Menggunakan Metode Think Aloud Dan Pendekatan Human Centered Design (HCD) (Studi Kasus: Aplikasi iPusnas).
Dao, S. D. & Marian, R. 2011. Optimisation of Albert, T., Nugroho, J. A., & Hapsari, R. W. (2021). Perancangan Ulang UI/ UX Website sebuah Perusahaan Farmasi. 4.
Hananto, B. A., Melini, E., Zulkarnain, A., & Kotandi, J. (2022). Uji Coba Metode A/B Testing dalam Proses Desain (Objek Eksperimen: Visual Tampilan Permainan Digital Acaraki). GESTALT, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.33005/gestalt.v4i1.109
Juan, P., Kharisma, A. P., & Rahman, M. A. (n.d.). Eksperimen Penerapan Prinsip Consistency and Standards pada Aplikasi Alfagift dalam rangka Meningkatkan Usability.
Lestari, I. T., Dian Permata Sari, & Rian Andrian. (2022). REDESIGN USER INTERFACE APLIKASI IPUSNAS BERDASARKAN USER EXPERIENCE DENGAN METODE DESIGN THINKING. Jurnal Ilmiah Betrik, 13(2), 120–129. https://doi.org/10.36050/betrik.v13i2.485
Maulani, T. J. (t.t.). Evaluasi User Experience Menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: Website Superprof.co.id dan Zonaprivat.com).
Murdiaty, M., Angela, A., & Sylvia, C. (2019). Evaluasi Desain Antarmuka Portal Akademik Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 3(4), 391. https://doi.org/10.30865/mib.v3i4.1547
Pratama, H. Y., Hanggara, B. T., & Setiawan, N. Y. (n.d.). Evaluasi Usability dengan Menerapkan Metode Heuristic Evaluation pada Website Dinas Pendidikan Kota Batu.
Setiawan, A. R., Asfi, M., Sevtiana, A., Pranata, S., & Septian, W. E. (2023). Design System pada Perancangan Antarmuka Perangkat Lunak Sistem Akses Digital. Jurnal Teknologi Terpadu, 9(1), 56–64. https://doi.org/10.54914/jtt.v9i1.619
Tinur, P. S. (2021). PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 2021 M / 1442 H.
Zulkifli, N. I. (2016). Usability Testing Sistem Informasi Pendonor Darah (Studi Kasus di Unit Pelayanan Transfusi Darah RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta). Journal of Information Systems for Public Health, 1(1), 11. https://doi.org/10.22146/jisph.6698
Asmanputra, A. R. A., & Az-Zahra, H. M. (t.t.). Evaluasi Dan Rekomendasi Perbaikan Desain Antarmuka Pengguna Menggunakan Metode Think Aloud Dan Pendekatan Human Centered Design (HCD) (Studi Kasus: Aplikasi iPusnas).
Dao, S. D. & Marian, R. 2011. Optimisation of Albert, T., Nugroho, J. A., & Hapsari, R. W. (2021). Perancangan Ulang UI/ UX Website sebuah Perusahaan Farmasi. 4.
Hananto, B. A., Melini, E., Zulkarnain, A., & Kotandi, J. (2022). Uji Coba Metode A/B Testing dalam Proses Desain (Objek Eksperimen: Visual Tampilan Permainan Digital Acaraki). GESTALT, 4(1), 1–16. https://doi.org/10.33005/gestalt.v4i1.109
Juan, P., Kharisma, A. P., & Rahman, M. A. (n.d.). Eksperimen Penerapan Prinsip Consistency and Standards pada Aplikasi Alfagift dalam rangka Meningkatkan Usability.
Lestari, I. T., Dian Permata Sari, & Rian Andrian. (2022). REDESIGN USER INTERFACE APLIKASI IPUSNAS BERDASARKAN USER EXPERIENCE DENGAN METODE DESIGN THINKING. Jurnal Ilmiah Betrik, 13(2), 120–129. https://doi.org/10.36050/betrik.v13i2.485
Maulani, T. J. (t.t.). Evaluasi User Experience Menggunakan Metode Usability Testing dan User Experience Questionnaire (UEQ) (Studi Kasus: Website Superprof.co.id dan Zonaprivat.com).
Murdiaty, M., Angela, A., & Sylvia, C. (2019). Evaluasi Desain Antarmuka Portal Akademik Menggunakan Metode Heuristic Evaluation. JURNAL MEDIA INFORMATIKA BUDIDARMA, 3(4), 391. https://doi.org/10.30865/mib.v3i4.1547
Pratama, H. Y., Hanggara, B. T., & Setiawan, N. Y. (n.d.). Evaluasi Usability dengan Menerapkan Metode Heuristic Evaluation pada Website Dinas Pendidikan Kota Batu.
Setiawan, A. R., Asfi, M., Sevtiana, A., Pranata, S., & Septian, W. E. (2023). Design System pada Perancangan Antarmuka Perangkat Lunak Sistem Akses Digital. Jurnal Teknologi Terpadu, 9(1), 56–64. https://doi.org/10.54914/jtt.v9i1.619
Tinur, P. S. (2021). PROGRAM STUDI SISTEM INFORMASI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA 2021 M / 1442 H.
Zulkifli, N. I. (2016). Usability Testing Sistem Informasi Pendonor Darah (Studi Kasus di Unit Pelayanan Transfusi Darah RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta). Journal of Information Systems for Public Health, 1(1), 11. https://doi.org/10.22146/jisph.6698
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.