Perspektif Siswa Smk Terhadap Tingkat Literasi Digital Dalam Mengelola dan Menganalisis Informasi Sumber Belajar Dalam Dunia Pendidikan

Perspektif Siswa Smk Terhadap Tingkat Literasi Digital Dalam Mengelola dan Menganalisis Informasi Sumber Belajar Dalam Dunia Pendidikan

Penulis

  • muhammad abdullah daffa hidayat Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Aspek, Digital, Evaluasi, Informasi, Literasi, Pencarian, Sumber, Siswa, SMK

Abstrak

Kemampuan literasi digital yang dimiliki masing-masing siswa menjadi sangat penting di tengah arus informasi yang semakin berkembang. Dengan literasi digital, seseorang dapat memahami tidak hanya substansi informasi yang ditemukan, tetapi juga mampu mengelola, mengevaluasi, dan menyampaikan informasi tersebut dengan bijak. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pendapat siswa tentang literasi digital dan penerapan di lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman siswa SMK Negeri 4 Malang tentang literasi digital, literasi digital dalam hal pencarian dan evaluasi sumber, dan literasi digital dalam hal penerapan literasi digital di lingkungan sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi. kepada 5 orang narasumber di SMK Negeri 4 Malang. Hasil penelitian ini menghasilkan temuan yang menampilkan tingkat literasi digital beberapa siswa dianggap sudah mencapai tingkat baik pada tingkat literasi digital dalam aspek pencarian informasi serta evaluasi sumber. Keseluruhan dari siswa mampu mendefinisikan kedua aspek, meskipun sebagian siswa dianggap belum mampu memaparkan dengan lengkap dari definisi tersebut layaknya beberapa siswa yang lainnya. Semua siswa sepakat terhadap pentingnya kemampuan literasi digital pada kegiatan pembelajaran di sekolah.

Referensi

Abdussamad, H. Z. & Sik, M. S., 2021.

Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Syakir Media Press.

Anggeraini, Y., 2019.

Literasi Digital: Dampak dan tantangan dalam pembelajaran bahasa. Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Anggito, A. & Setiawan, J., 2018. Metode Penelitian Kualitatif. s.l.:s.n.

Bangun , M., 2022. Literasi Digital Berbasis Pendidikan: Teori, Praktek dan Penerapannya.

Creswell, J. W., 2013. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. s.l.:Pustaka Pelajar.

Fadhallah, R. A., 2021. WAWANCARA. 4th ed. Jakarta: UNJ Press.

Fathoni, M. I. et al., 2023. Kemampuan Literasi Digital dan Self-Directed Learning dalam Perspektif Siswa SMK Negeri 7 Yogyakarta. Epistema.

Fitrah, M., 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. s.l.:Jejak Publisher.

Hargita, B. S., 2019. Instagram Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Blended Learning. Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia.

Harjono, H. S., 2019. Literasi Digital: Prospek dan Implikasinya dalam Pembelajaran Bahasa. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra.

Kusumastuti, F. et al., 2021. Etis Bermedia Digital. Kementrian Komunikasi dan Informatika.

Miles & Huberman, 1994. Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches.. s.l.:Sage Publications, Inc.

Miles, M. B. & Huberman, A. M., 1994. Qualitative data analysis: A sourcebook of methods, techniques, and practice.. s.l.:Sage Publications, Inc.

Nisa, U., Nisak , C. & Fatia, D., 2023. Literasi Digital Lansia Pada Aspek Digital Skill dan Digital Safety (Studi Pada Lansia di Kabupaten Aceh Besar).. Jurnal Komunikasi Global.

Nugroho, M. W., 2022. Perspektif Siswa Terhadap Literasi Digital di Aplikasi Instagram Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya.

Nurlailah, M., 2022. Analisis Literasi Digital dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Berbasis WEB. Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.

Stake, R. E., 2010. Qualitative research: Knowing and understanding. s.l.:Oxford University Press.

Sutopo, A. H., 2021. Penelitian Kualitatif dengan Nvivo. s.l.:Topazart.

Yin, R. K., 2016. Case study research: Design and methods.. s.l.:Sage Publications, Inc.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. 2022. Status Literasi Digital Di Indonesia 2022. [online]

Nugroho, C., & Nasionalita, K., 2020. Indeks Literasi Digital Remaja di Indonesia. JurnalPekommas, 5(2), 215-223.

Naufal, H. A., 2021. Literasi Digital. Jurnal Perspektif, 195-202.

Agustin, N. C., & Krismayani, I., 2019. KEMAMPUAN LITERASI DIGITAL MAHASISWA S-1 ANGKATAN 2018 FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS DIPONEGORO. Jurnal Ilmu Perpustakaan Vol.8 No.3 Agustus 2019

Riady, Y. (2021). Perilaku Pencarian Informasi dan Literasi Kesehatan Digital Mahasiswa Universitas Terbuka yang Terpapar Covid-19. IKOMIK: Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 1(2), 57–78. https://doi.org/10.33830/ikomik.v1i2.2046

Syah, R., Darmawan, D., & Purnawan, A. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Literasi Digital. Jurnal AKRAB, 10(2), 60–69.

Sari, A.P., & Utami, N., 2019. PENGARUH INTENSITAS PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 13 KERINCI. Jurnal Wahana Konseling (Vol. 2, No. 1, Maret 2019)

Daeng, I.T.M, Mewengkang, N.N & Kalesaran, E.R. 2017. Penggunaan Smartphone Dalam Menunjang Aktivitas Perkuliahan Oleh Mahasiswa Fispol Unsrat Manado. E-Journal “Acta Diurna” Volume VI. No. 1. Tahun 2017

Unthari, P.D., Balqis, R., Martin, W., Johan, T.M., 2022. Hubungan Antara Perilaku Penggunaan Laptop dengan Kesehatan pada Mahasiswa Kebidanan Universitas Sumatera Barat. Journal of Vocational Education and Information Technology. Vol.3 No. 2. 42.47. ISSN Media Elektronik: 2722-5305

Anderson, R.H.. 1987. 3HPLOLKDQ GDQ 3HQJHPEDQJDQ0HGLD XQWXN 3HPEHODMDUDQJakarta: Rajawali Pers.

Suwarto, Muzaki, A,Muhtarom. 2021. Pemanfaatan Media YouTube sebagai Media Pembelajaran pada Siswa Kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran. Vol 15, No 1, Juni 2021, pp. 26-30.

Ediansyah. 2019. ANALISIS KORELASI DARI PEMANFAATAN SEARCH ENGINE BAGI MAHASISWA SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM DI PULAU BINTAN. Diterbitkan oleh STAIN SULTAN ABDURRAHAMAN PRESS Jalan Lintas Barat Km.19 Ceruk Ijuk, Bintan, Kabupaten Bintan Cetakan Pertama, Desember 2019

Ramadhan, F.K, Faris, M.I, Wahyudi, I, Sulaeman, M.K. 2022. PEMANFAATAN CHATGPTDALAM DUNIA PENDIDIKAN Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. JURNAL ILMIAH FLASHVol. 9No. 1, Halaman: 25-30. Juni 2023

Setiyani, R. 2010. PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI DINAMIKA PENDIDIKAN Vol. V, No. 2, Desember 2010 Hal. 117 ± 133

Ilmi, A.R. 2013. PERILAKU PENCARIAN INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA INTERNET PADA REMAJA AWAL.

Wahidin, N. Supriyono, Widianto, E. 2022. Pemanfaatan Sumber Belajar Berbasis Digital pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Mentari Kabupaten Malang

Anisa, I.P. 2023. MEMBUKA POTENSI KETERAMPILAN VOKASIONAL: Bagaimana Preferensi Siswa SMK Terhadap Penggunaan Teknologi Digital Guru Memengaruhi Kemahiran Teknis Telekomunikasi. S1 thesis, Universitas Pendidikan Indonesia.

Unduhan

Diterbitkan

31 Jul 2024

Cara Mengutip

hidayat, muhammad abdullah daffa. (2024). Perspektif Siswa Smk Terhadap Tingkat Literasi Digital Dalam Mengelola dan Menganalisis Informasi Sumber Belajar Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(7). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13975

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...