Analisis Pengaruh Keterampilan Mengajar dan Kompetensi Mengajar Mahasiswa PLP Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Brawijaya Terhadap Persepsi Peserta Didik di SMK Negeri 2 Malang
Kata Kunci:
Keterampilan Mengajar, Kompetensi Mengajar, Persepsi Peserta DidikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh keterampilan dan kompetensi mengajar mahasiswa Praktik Lapangan Persekolahan (PLP) Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Brawijaya terhadap persepsi siswa di SMK Negeri 2 Malang. Observasi menunjukkan bahwa kemampuan mengajar mahasiswa PLP biasanya hanya dinilai oleh guru pamong dan dosen pembimbing, namun penilaian dari siswa juga penting karena mereka berinteraksi langsung dengan mahasiswa tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada siswa di SMK Negeri 2 Malang yang menerima pembelajaran dari mahasiswa PLP dengan jumlah sampel sebanyak 114 siswa. Analisis data dilakukan untuk mengukur dampak keterampilan dan kompetensi mengajar terhadap persepsi siswa. Aspek yang diteliti meliputi keterampilan dan kompetensi mengajar mahasiswa PLP. Penelitian ini menggunakan analisis data regresi linear berganda untuk melihat hasil. Hasilnya menunjukkan bahwa variabel keterampilan mengajar memiliki pengaruh positif signifikan sebesar 0.061 terhadap persepsi siswa, sementara variabel kompetensi mengajar tidak berpengaruh signifikan dengan nilai negatif 0.101 terhadap persepsi siswa. Akibatnya, penelitian ini merekomendasikan untuk mempertimbangkan penggunaan variabel tambahan yang belum dibahas dalam penelitian ini
Referensi
Ali, M., 2022. Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Mengajar. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Aliyyah, R.R., Widyasari, W., Mulyadi, D. and ..., 2019. Guru berprestasi sumber daya manusia pengembang mutu pendidikan indonesia.
Dania, I.A. and Novziransyah, N., 2021. SENSASI, PERSEPSI, KOGNITIF SENSATION, PERCEPTION AND COGNITION. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan,
Dicky Fauzi Firdaus, 2020. PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 KUNINGAN. 2, pp.1–6.
Hasanah, Uswatun.M.Pd. l., Dra. Fatonah, Isti.M.A., Dra. Chasanatin, Haiatin.M.A. and Deiniatur, Much.M.Pd.B.I., 2018. Psikologi Pendidikan.
Hutajulu, A.L., Marwan and Oknaryana, 2018. Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPLK dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 10 Padang.
Lubis, S., 2021. Belajar dan Mengajar Sebagai Suatu Proses Pendidikan yang Berkemajuan. JURNAL LITERASIOLOGI, 5, pp.1–11.
Nurhayati, Yusuf, M. and Syarief Iskandar, A., 2022. AKTUALISASI KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING.
Pramesti, M.N.I., Murwaningsih, T. and Rapih, S., 2024. Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa. JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 8(1), p.27.
Suwandi, M.F. and Permatasari, C.L., 2021. STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 18(1).
Yuyun, S.I., 2020. ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTUR NOVEL RANAH 3 WARNA KARYA AHMAD FUADI DAN PEMANFAAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA DI KELAS XI SMA. 155 Wistara,
Undang-Undang Pemerintah Republik Indonesia, 2005. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005
Ali, M., 2022. Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Mengajar. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam.
Aliyyah, R.R., Widyasari, W., Mulyadi, D. and ..., 2019. Guru berprestasi sumber daya manusia pengembang mutu pendidikan indonesia.
Dania, I.A. and Novziransyah, N., 2021. SENSASI, PERSEPSI, KOGNITIF SENSATION, PERCEPTION AND COGNITION. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan,
Dicky Fauzi Firdaus, 2020. PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMAN 1 KUNINGAN. 2, pp.1–6.
Hasanah, Uswatun.M.Pd. l., Dra. Fatonah, Isti.M.A., Dra. Chasanatin, Haiatin.M.A. and Deiniatur, Much.M.Pd.B.I., 2018. Psikologi Pendidikan.
Hutajulu, A.L., Marwan and Oknaryana, 2018. Pengaruh Persepsi Siswa Mengenai Kemampuan Mengajar Mahasiswa PPLK dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Negeri 10 Padang.
Lubis, S., 2021. Belajar dan Mengajar Sebagai Suatu Proses Pendidikan yang Berkemajuan. JURNAL LITERASIOLOGI, 5, pp.1–11.
Nurhayati, Yusuf, M. and Syarief Iskandar, A., 2022. AKTUALISASI KERJASAMA GURU DAN ORANG TUA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING.
Pramesti, M.N.I., Murwaningsih, T. and Rapih, S., 2024. Pengaruh persepsi siswa tentang keterampilan mengajar guru dan lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa. JIKAP (Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran), 8(1), p.27.
Suwandi, M.F. and Permatasari, C.L., 2021. STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 18(1).
Yuyun, S.I., 2020. ANALISIS WACANA KRITIS TERHADAP NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTUR NOVEL RANAH 3 WARNA KARYA AHMAD FUADI DAN PEMANFAAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR APRESIASI SASTRA DI KELAS XI SMA. 155 Wistara,
Undang-Undang Pemerintah Republik Indonesia, 2005. UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2005
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.