Strategi Penggunaan Sosial Media Linkedin Sebagai Media Pengembangan Karir dan Media Pembelajaran Dalam Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Tingkat Akhir

Strategi Penggunaan Sosial Media Linkedin Sebagai Media Pengembangan Karir dan Media Pembelajaran Dalam Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Tingkat Akhir

Penulis

  • ARBALIYAH PUSPITA -
  • Satrio Hadi Wijoyo
  • Aswin Suharsono

Kata Kunci:

strategi, LinkedIn, Mahasiswa

Abstrak

Pesatnya laju kemajuan teknologi dalam dekade terakhir ini telah menciptakan dampak yang tak terbantahkan terhadap segala aspek kehidupan manusia. Dengan setiap inovasi baru yang terus muncul di berbagai sektor, terutama dalam sektor teknologi informasi hingga bioteknologi, hingga saat ini tidak ada ranah kehidupan yang dapat terhindar dari pengaruh teknologi. Kehadirannya dapat terlihat dengan jelas melalui penggunaan perangkat teknologi seperti smartphone, komputer serta penggunaan internet dalam kegiatan sehari-hari yang menciptakan perubahan mendalam melalui cara kita berkomunikasi dengan dunia sekitar. Perubahan cara komunikasi dari penggunaan internet adalah hadirnya sosial media yang merubah paradigma berkomunikasi di masyarakat saat ini Salah satu sosial media yang mengalami pertumbuhan pesat adalah LinkedIn. LinkedIn adalah jaringan profesional online terbesar di dunia, LinkedIn tidak hanya untuk berkomunikasi dan hiburan, namun juga dapat digunakan sebagai sarana pengembangan diri dan karir serta memberikan informasi dalam mencari lowongan pekerjaan. Kini proses mencari dan melamar pekerjaan dapat lebih mudah dilakukan dengan memanfaatkan saluran sosial media yang dikenal dengan LinkedIn. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui strategi mahasiswa dalam memaksimalkan penggunaan LinkedIn sebagai media pengembangan karir dan media pembelajaran dalam mengembangkan kompetensi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deksriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara serta dokukentasi kepada 10 orang mahasiswa di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Hasil penelitian ini mendapatkan hasil temuan berupa 3 tema dan 10 kategori yang menunjukkan bahwa mahasiswa menggunakan beragam strategi dalam penggunaan sosial media LinkedIn selain itu pemilihan strategi yang dilakukan mahasiswa juga berdasarkan atas beberapa faktor, dari hasil penggunaan strategi tersebut mahasiswa mendapatkan banyak manfaat.

 

Unduhan

Diterbitkan

31 Jul 2024

Cara Mengutip

PUSPITA, A., Wijoyo, S. H., & Suharsono, A. (2024). Strategi Penggunaan Sosial Media Linkedin Sebagai Media Pengembangan Karir dan Media Pembelajaran Dalam Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(7). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/13987

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...