Analisis Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Penerimaan Teknologi pada Pengguna Aplikasi Notion Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) Termodifikasi
Kata Kunci:
TAM, Tingkat Penerimaan, Notion, PLS-SEMAbstrak
Aplikasi Notion adalah aplikasi produktivitas sekaligus ruang kerja lengkap yang dianggap dapat memudahkan mahasiswa dalam mengelola tugas perkuliahan. Namun, ditemukan sejumlah permasalahan terhadap kemudahan dan penggunaannya, di mana pengguna merasa kewalahan terhadap proses interaksi aplikasi yang dianggap cukup rumit. Selain itu, penerapan Notion dianggap masih baru dan belum familiar untuk diterima oleh sebagian pengguna. Teori Technology Acceptance Model (TAM) mampu menjadi model dalam melakukan analisis terhadap tingkat penerimaan teknologi pada penggunanya. Hasil penelitian mengungkap bahwa persepsi kegunaan dalam meningkatkan niat perilaku untuk menggunakan memiliki pengaruh paling besar dan tergolong moderat Hal tersebut menunjukkan bahwa manfaat aplikasi yang mempengaruhi niat penggunanya untuk tetap menggunakan aplikasi Notion di masa mendatang. Namun, konstruk persepsi kemudahan tidak memberi pengaruh signifikan kepada konstruk sikap terhadap penggunaan. Pengalaman menggunakan internet juga tidak memberi pengaruh signifikan terhadap persepsi kemudahan maupun persepsi kebermanfaatan. Kontribusi penelitian ini yaitu model penelitian yang hampir seluruh item indikatornya valid dan reliabel dalam melakukan pengukuran, serta memberi wawasan baru terkait tingkat penerimaan mahasiswa dan mahasiswi selaku pengguna terhadap teknologi berupa aplikasi Notion.
Referensi
Alharbi, S. & Drew, S. (2014). Using the Technology Acceptance Model in Understanding Academics’ Behavioural Intention to Use Learning Management Systems. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 5(1), 143-155. https://doi.org/10.14569/IJACSA.2014. 050120.
Amroso, D.L. & Gardner, C. (2004). Development of an Instrument to Measure the Acceptance of Internet Technology by Consumers. 37th Annual Hawaii International Conference on System Sciences, 8(8). https://doi.org/10.1109/HICSS.2004.12 65623.
Andian, I. (2021, July 24). Caraku Organisir Kegiatan Kuliah (Tugas, Jadwal, Catatan dll) dengan Notion. Medium. https://bit.ly/Medium_Iwan_Andian
Bhilawa, L. (2010). Analisis Penerimaan Mobile Banking Pengalaman Variabel Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM), 1-73.
Buntoro, Y., Nastiti, P., Primasari, C., Wibisono, Y., & Negara, J. G. (2023). Analisis Tingkat Penerimaan Penggunaan Notion Dalam Menerapkan Agile Scrum Pada Proyek Gamelan Metaverse. Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika (Simika), 6(1), 99-111. https://doi.org/10.47080/simika.v6i1.23 51.
Cahyani, A., Agustin, D., Muslimah, I., & Khulliyatunnisa, N. (2023). Peran Aplikasi Notion dalam Perkuliahan untuk Mewujudkan Produktivitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Teknologi, 2(2), 262–273. https://doi.org/10.47233/jpst.v2i2.754.
Christopher, A., Tirtana, A., & Aditya, A. (2022). Analisis Tingkat Penerimaan Aplikasi BCA Mobile di Kota Malang Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Teknoinfo, 16(2), 452-459. https://doi.org/10.33365/jti.v16i2.2045.
Davis, F. & Bagozzi, Richard & Warshaw, Paul. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 35, 982-1003. https://doi.org/10.1287/mnsc.35.8.982.
Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J. and Anderson, R.E. (2010). Multivariate Data Analysis. 7th Edition, Pearson, New York.
Hair Jr, J., Hair Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., Ray, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Model (PLS-SEM) Using R. Classroom Companion: Business.
Hamid, R.S. & Anwar D. S. M. (2019). Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis V arian: Konsep Dasar dan Aplikasi dengan Program SmartPLS 3.2.8 dalam Riset Bisnis. PT Inkubator Penulis Indonesia.
Jang, J., Ko, Y., Shin, W. S., & Han, I. (2021). Augmented Reality and Virtual Reality for Learning: An Examination Using an Extended Technology Acceptance Model. IEEE Access, 9, 6798–6809. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020. 3048708.
Kurniasih, A., Santoso, A. K., Riana, D., Kadafi, A. R., Dari, W., & Husin, A. I. (2020). TAM Method and Acceptance of COVID-19 Website Users in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1641(1), 1-7. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1641/1/012020.
Kusumadewi, A.N., Lubis, N.A., Prastiyo, R.A., & Tamara, D. (2021). Technology Acceptance Model (TAM) in the Use of Online Learning Applications During the Covid-19 Pandemic for Parents of Elementary School Students. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2 (1), 272- 292. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.120.
Malmqvist, J. Hellberg, K., Möllås, Gunvie, R., Richard & S., Michael. (2019). Conducting the Pilot Study: A Neglected Part of the Research Process? Methodological Findings Supporting the Importance of Piloting in Qualitative Research Studies. International Journal of Qualitative Methods. 18(1-11), 1-11. https://doi.org/10.1177/16094069198783 41.
Setiawan, A. & Sulistiowati, L.H. (2017). Penerapan Modifikasi Technology Acceptance Model (TAM) Dalam E- Business. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 10(2), 171-186. http://dx.doi.org/10.25105/jmpj.v10i1.2 277.
Sufa’atin, Lubis, R., Boy, F. (2017). Analisis Perilaku Pengguna Pada Website Sistem Informasi Akademik Universitas XYZ Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 5(1), 169-174.
Suharto, & Ligery, F. (2018). Analisis SEM: Teori dan Praktik.
Alharbi, S. & Drew, S. (2014). Using the Technology Acceptance Model in Understanding Academics’ Behavioural Intention to Use Learning Management Systems. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 5(1), 143-155. https://doi.org/10.14569/IJACSA.2014. 050120.
Amroso, D.L. & Gardner, C. (2004). Development of an Instrument to Measure the Acceptance of Internet Technology by Consumers. 37th Annual Hawaii International Conference on System Sciences, 8(8). https://doi.org/10.1109/HICSS.2004.12 65623.
Andian, I. (2021, July 24). Caraku Organisir Kegiatan Kuliah (Tugas, Jadwal, Catatan dll) dengan Notion. Medium. https://bit.ly/Medium_Iwan_Andian
Bhilawa, L. (2010). Analisis Penerimaan Mobile Banking Pengalaman Variabel Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM), 1-73.
Buntoro, Y., Nastiti, P., Primasari, C., Wibisono, Y., & Negara, J. G. (2023). Analisis Tingkat Penerimaan Penggunaan Notion Dalam Menerapkan Agile Scrum Pada Proyek Gamelan Metaverse. Jurnal Sistem Informasi Dan Informatika (Simika), 6(1), 99-111. https://doi.org/10.47080/simika.v6i1.23 51.
Cahyani, A., Agustin, D., Muslimah, I., & Khulliyatunnisa, N. (2023). Peran Aplikasi Notion dalam Perkuliahan untuk Mewujudkan Produktivitas Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, Sains, Dan Teknologi, 2(2), 262–273. https://doi.org/10.47233/jpst.v2i2.754.
Christopher, A., Tirtana, A., & Aditya, A. (2022). Analisis Tingkat Penerimaan Aplikasi BCA Mobile di Kota Malang Menggunakan Metode Technology Acceptance Model (TAM). Jurnal Teknoinfo, 16(2), 452-459. https://doi.org/10.33365/jti.v16i2.2045.
Davis, F. & Bagozzi, Richard & Warshaw, Paul. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science, 35, 982-1003. https://doi.org/10.1287/mnsc.35.8.982.
Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J. and Anderson, R.E. (2010). Multivariate Data Analysis. 7th Edition, Pearson, New York.
Hair Jr, J., Hair Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., Ray, S. (2021). Partial Least Squares Structural Equation Model (PLS-SEM) Using R. Classroom Companion: Business.
Hamid, R.S. & Anwar D. S. M. (2019). Structural Equation Modeling (SEM) Berbasis V arian: Konsep Dasar dan Aplikasi dengan Program SmartPLS 3.2.8 dalam Riset Bisnis. PT Inkubator Penulis Indonesia.
Jang, J., Ko, Y., Shin, W. S., & Han, I. (2021). Augmented Reality and Virtual Reality for Learning: An Examination Using an Extended Technology Acceptance Model. IEEE Access, 9, 6798–6809. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020. 3048708.
Kurniasih, A., Santoso, A. K., Riana, D., Kadafi, A. R., Dari, W., & Husin, A. I. (2020). TAM Method and Acceptance of COVID-19 Website Users in Indonesia. Journal of Physics: Conference Series, 1641(1), 1-7. https://doi.org/10.1088/1742- 6596/1641/1/012020.
Kusumadewi, A.N., Lubis, N.A., Prastiyo, R.A., & Tamara, D. (2021). Technology Acceptance Model (TAM) in the Use of Online Learning Applications During the Covid-19 Pandemic for Parents of Elementary School Students. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2 (1), 272- 292. https://doi.org/10.51276/edu.v2i1.120.
Malmqvist, J. Hellberg, K., Möllås, Gunvie, R., Richard & S., Michael. (2019). Conducting the Pilot Study: A Neglected Part of the Research Process? Methodological Findings Supporting the Importance of Piloting in Qualitative Research Studies. International Journal of Qualitative Methods. 18(1-11), 1-11. https://doi.org/10.1177/16094069198783 41.
Setiawan, A. & Sulistiowati, L.H. (2017). Penerapan Modifikasi Technology Acceptance Model (TAM) Dalam E- Business. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, 10(2), 171-186. http://dx.doi.org/10.25105/jmpj.v10i1.2 277.
Sufa’atin, Lubis, R., Boy, F. (2017). Analisis Perilaku Pengguna Pada Website Sistem Informasi Akademik Universitas XYZ Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, 5(1), 169-174.
Suharto, & Ligery, F. (2018). Analisis SEM: Teori dan Praktik.
File Tambahan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.