Pengaruh Media Pembelajaran Microlearning Berbantu Media Sosial TikTok Terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika di SMK Negeri 3 Malang.

Pengaruh Media Pembelajaran Microlearning Berbantu Media Sosial TikTok Terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika di SMK Negeri 3 Malang.

Penulis

  • Afi Faridatul Haq Faqih Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Prima Zulvarina
  • Admaja Dwi Herlambang

Kata Kunci:

keterampilan, media pembelajaran, microlearning, motivasi belajar, tiktok

Abstrak

Naskah ini akan diterbitkan di Konferensi Internasional SIET 2024

Referensi

Akbar, R., Weriana, Siroj, R.A. and Afgani, M.W., 2023. Experimental Reseacrch Dalam Metodologi Pendidikan. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), pp.465–474. https://doi.org/10.5281/zenodo.7579001.

Ali, M.K. and Hasanah, A., 2023. Penerapan Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Informatika Siswa Kelas X 1 SMA Negeri 1 Tambangan. IJESPG Journal, [online] 1(3). Available at: <http://ijespgjournal.org>.

Amalia, A.N., Suyono and Arthur, R., 2023. Penyusunan Instrumen Penelitian Konsep, Teknik, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Contoh Instrumen Penelitian. 1st ed. Pekalongan: Nasya Expanding Management.

Apriyanti, R. and Suswanto, B., 2023. Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Pola Pikir Kreatif Remaja (Studi Pada SMK Negeri 3 Kota Bekasi Jurusn Teknik Komputer Dan Jaringan). Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1).

Azis, R., Nurhakim, F., Kosim, Praptiwi, A. and Shalahuddin, I., 2022. Gambaran Motivasi Belajar pada Siswa Afirmasi di SMA Negeri 4 Garut. Malahayati Nursing Journal, 4(12), pp.3278–3292. https://doi.org/10.33024/mnj.v4i12.7480.

Delaila Siregar, H., Wassalwa, M., Janani, K. and Harahap, I.S., 2024. Analisis Uji Hipotesis Penelitian Perbandingan Menggunakan Statistik Parametrik. Jurnal Pendidikan, [online] 3(1). Available at: <https://jurnal.asrypersadaquality.com/index.php/alittihadu>.

Devi, A.A., 2022. Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Media Pembelajaran. Jurnal Epistema, [online] 3(1), pp.2723–8199. https://doi.org/10.21831/ep.v3i1.40990.

Dudung, A., 2018. Penilaian Psikomotorik. 1st ed. Depok: Karima.

Harahap, F.N., Anjani, D. and Sabrina, N., 2021. Analisis Artikel Metode Motivasi dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa. Indonesia Journal of Intellectual Publication, 1(3), pp.198–200.

Haryanti, S., Rahmi, E., Safitri, P.T., Hanafi, I. and Susanto, T.T.D., 2023. Microlearning dalam Pembelajaran Fisika: Literature Review. Journal of Physics Education, 5(1).

Helda, N.F. and Ismail, N.M., 2023. Pemanfaatan Aplikasi Tiktok untuk Memperkuat Keterampilan Retorika dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Serambi Mekkah, 4(1), pp.194–207.

Herdiati, D., Atmaji, D.D., Andriyanto, R.M.A. and Saputra, D.N., 2021. Pemanfaatan Aplikasi TikTok Sebagai Media Pembelajaran Musik di SMAN 1 Muara Enim, Sumatera Selatan. Jurnal Pengkajian dan Penciptaan Musik, 4(2).

Heristama, A.R. and Sholeh, M., 2022. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Tiktok @INFOBMKG dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Geografi Materi Mitigasi Bencana Alam di Kelas XI IPS SMAN 2 Bae Kudus. Edu Geography, [online] 10(2), pp.59–66. Available at: <http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo>.

Hikmah, M. and Haryadi, 2022. Aplikasi TikTok Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Keterampilan Berbicara Untuk Siswa SMA. Jurnal Literasi, 6(2), pp.369–377.

Jamaludin, J., 2023. Microlearning untuk Pembelajaran. 1st ed. Magelang: Tidar Media.

Khoiruddin, A. and Suwito, D., 2021. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Aksi dan Reaksi Gaya SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 11(1), pp.38–43.

Muhtar, N.A., Nugraha, A. and Giyartini, R., 2020. Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Information Communication and Technology (ICT). Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, [online] 7(4), pp.20–31. Available at: <http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index>.

Pratiwi, E., Anderson, I. and Simaremare, T.P., 2022. Media Sosial Tiktok dan Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Journal of Civic Education, 5(4), pp.548–556. https://doi.org/10.24036/jce.v5i4.831.

Rahman, S., 2021. Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Journal Pps UNG, pp.289–298.

Rasman, 2023. Penggunaan Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Pada Masa Pandemi Covid 19. Agustus, 1(2), pp.119–120.

Santoso, P.B., 2019. Efektivitas Penggunaan Media Penilaian Google From Terhadap Hasil Belajar Pelajaran TIK. Jurnal UST Jogja, 1, pp.287–288.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatiningsih, 2016. Perspektif Manajemen Pembelajaran Program Keterampilan. 1st ed. Yogyakarta : Budi Utama.

Syaifuddin and Sari, D.K., 2024. The Influence of The Intensity of Using Tiktok Social Media on Student Learning Motivation. International Journal of Innovative Research in Multidisciplinary Education, [online] 3(2), pp.179–183. https://doi.org/10.58806/ijirme.2024.v3i2n07.

Syaifudin, A. and Elmasari, Y., 2020. Pengaruh Penggnaan Media Sosial Terhadap Motivasi Dan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas VIII SMP Plus Al Falah Rejotangan. Jurnal of Education and Information Communication Technology, 04(02), pp.1–12.

Utomo, A.F. and Suhartono, 2023. Pengaruh Akun TikTok @novelpedia Sebagai Media Belajar Keterampilan Menulis Surat Pribadi Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Ngadiluwih. BAPALA, 10(4), pp.310–317.

Diterbitkan

06 Agu 2024

Cara Mengutip

Faqih, A. F. H. ., Zulvarina, P., & Dwi Herlambang, A. . (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Microlearning Berbantu Media Sosial TikTok Terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika di SMK Negeri 3 Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(13). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14073
Loading...