Analisis Dan Evaluasi Proses Bisnis Menggunakan Lean Six Sigma Framework (Studi Kasus: Orino Pet Shop)

Analisis Dan Evaluasi Proses Bisnis Menggunakan Lean Six Sigma Framework (Studi Kasus: Orino Pet Shop)

Penulis

  • Dennis Hans Albertian Universitas Brawijaya
  • Andi Reza Perdanakusuma
  • Niken Hendrakusuma Wardani

Kata Kunci:

DMAIC, Lean Six Sigma, Proses Bisnis, Orino Pet Shop

Abstrak

Industri jasa dalam penyediaan layanan dan produk untuk hewan peliharaan di Indonesia saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang pesat seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesejahteraan hewan. Dalam persaingan bisnis yang kompetitif, pengelolaan organisasi dan operasional yang efektif menjadi kunci keberhasilan bagi perusahaan di sektor ini. Namun, untuk meraih kunci keberhasilan itu ada banyak tantangan. Hal ini yang menjadi fokus penelitian yang dilakukan di Orino Pet Shop. Orino Pet Shop merupakan sebuah toko hewan peliharaan yang menyediakan layanan kesehatan untuk kucing dan juga kebutuhan untuk hewan peliharaan lainnya yang berlokasi di Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi proses bisnis pada penjadwalan cat hotel dan grooming di Orino Pet Shop. Untuk melakukan perbaikan proses bisnisnya, dilakukan pemodelan untuk memahami alur proses penjadwalan dan mengetahui waktu terjadinya hambatan. Selanjutnya, untuk metode perbaikan proses bisnisnya, penelitian ini menggunakan metodologi Lean Six Sigma dan DMAIC sebagai penerapannya. Hasil penelitian ini berupa rancangan alur proses bisnis usulan yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang dialami oleh Orino Pet Shop. Berdasarkan analisis waktu dari Bizagi, proses bisnis usulan (To-Be) lebih efisien dengan persentase 79,7% atau lebih cepat 16 menit 5 detik dari proses bisnis (As-Is) untuk aktor penjaga tokonya.

Referensi

Albliwi, S. A., Antony, J., & Lim, S. A. H. (2021). A Systematic Review of Lean Six Sigma Implementation in the Healthcare Industry. Journal of Quality and Reliability Engineering, 2021, 1-25. https://doi.org/10.1155/2021/5562934

Antony, J., Somasundaram, R., Fergusson, C., & Aoki, K. (2019). Lean Six Sigma for Sustainable Manufacturing: A Case Study from the Indian Manufacturing Sector. International Journal of Lean Six Sigma, 10(1), 176-197.

Bhuiyan, N., & Baghel, A. (2022). Lean Six Sigma: The Pathway to Continuous Improvement and Sustained Operational Excellence. CRC Press.

Dinis-Carvalho, J., Fernandes, J. M., Coelho, R., & Gaspar, L. (2020). Value stream mapping as an essential tool for lean implementation in healthcare organizations. In Healthcare Administration: Concepts, Methodologies, Tools, and Applications (pp. 126-150). IGI Global. https://doi.org/10.4018/978-1-7998-0334-7.ch007

George, M. L., Rowlands, D., Price, M., & Maxey, J. (2005). The Lean Six Sigma Pocket Toolbook: A Quick Reference Guide to 100 Tools for Improving Quality and Speed. McGraw-Hill.

Pyzdek, T., & Keller, P. (2018). The Six Sigma Handbook: A Complete Guide for Green Belts, Black Belts, and Managers at All Levels. McGraw-Hill Education.

Weske, M. (2019). Business Process Management: Concepts, Languages, Architectures (3rd ed.). Springer-Verlag Berlin Heidelberg.

Unduhan

Diterbitkan

15 Agu 2024

Cara Mengutip

Albertian, D. H., Perdanakusuma, A. R., & Wardani, N. H. (2024). Analisis Dan Evaluasi Proses Bisnis Menggunakan Lean Six Sigma Framework (Studi Kasus: Orino Pet Shop). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14080

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...