Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Self-Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Program Teknik Jaringan Komputer Dan Telekomunikasi SMK Negeri 5 Malang
Kata Kunci:
kesiapan kerja, lingkungan keluarga, self-efficacyAbstrak
Fenomena tingginya tingkat pengangguran terbuka pada tingkat pendidikan SMK masih belum selaras dari konsep dasar pendidikan kejuruan yang mempersiapkan lulusan untuk siap bekerja. Tujuan penelitian untuk memahami pengaruh lingkungan keluarga dan self-efficacy terhadap kesiapan kerja pada siswa kelas XI Jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi SMKN 5 Malang. Pada Jenis penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif, menggunakan semua siswa kelas XI Jurusan Teknik Jaringan Komputer dan Telekomunikasi SMKN 5 Malang sebagai populasi. Sampel ideal yang dapat digunakan berjumlah 84 sampel. Perolehan data untuk penelitian ini melalui distribusi kuesioner. Analisis regresi sederhana dan ganda digunakan untuk menganalisis data. Hasil penelitian membuktikan hal-hal berikut: (1) ada pengaruh antara lingkungan keluarga dengan kesiapan kerja, (2) ada pengaruh antara self-efficacy dengan kesiapan kerja, (3) ada pengaruh antara lingkungan keluarga dan self-efficacy denga kesiapan kerja. Adapun kesimpulan dalam penelitian ini yaitu (1) kekuatan pengaruh X1 dengan Y sebesar 55.1%, kekuatan X2 dengan Y sebesar 69.9%, serta X1 dan X2 dengan Y sebesar 73.2%, (2) Antara variabel X1 dengan Y dan variable X2 dengan Y terjadi pengaruh yang positif dan signifikan. (3) Antara variabel X1, X2 dengan variabel Y terjadi pengaruh positif dan signifikan secara bersamaan.
Referensi
Ahmad, R. & Rachmawati, R., 2023. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Di Industri Fashion Siswa Tata Busana SMK Negeri 6 Purworejo. Fashion and Fashion Education Journal, 12(1), pp.17–24. doi:https://doi.org/10.15294/ffej.v12i1.62697.
Badan Pusat Statistik, 2023. Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan - Tabel Statistik. [online] www.bps.go.id. Available at: <https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTE3OSMy/tingkat-pengangguran-terbuka-berdasarkan-tingkat-pendidikan.html.>
Bandura, A., 1997. Self-efficacy: The exercise of control. New York: W. H. Freeman and Company.
Creswell, J. W. and Creswell, J. D., 2018. Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. 5th ed. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Creswell, J. W., 2016. Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Datadiwa, D. and Widodo, J., 2015. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 1 Warureja Tahun 2014”, Economic Education Analysis Journal, 4(1). Available at: <https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4679>
Feist, J. and Feist, G.J., 2010. Teori Kepribadian (Terj. Smita Prathita Sjahputri). Jakarta: salemba humanika.
Fitriyanto, A., 2006. Ketidakpastian memasuki dunia kerja karena pendidikan. Jakarta: Dineka Cipta.
Fuadah, F. S., 2020. Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif, Praktik Kerja Industri, Dan Self-Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja (Survei Pada Peserta Didik Kelas XI Akuntansi Dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Kementerian Ketenagakerjaan, 2021. Review Rencana Tenaga Kerja Nasional 2020-2024. [online] Available at: <https://satudata.kemnaker.go.id/satudata-public/2022/04/files/publikasi/1649938621648_Buku%2520Review%2520RTKN_2020_2024.pdf>
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2021. Minat Masyarakat terhadap Pendidikan Vokasi Cukup Tinggi. [online] Available at: <https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/04/minat-masyarakat-terhadap-pendidikan-vokasi-cukup-tinggi>
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2021. Meningkatkan keterserapan lulusan SMK dalam dunia industri dan dunia kerja. Pusat Penelitian Kebijakan, Jakarta. [pdf] Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tersedia di: <https://repositori.kemdikbud.go.id/23377/1/Risalah%20Kebijakan_Puslitjak_No.%2014%2C%20Agustus%202021_Keterserapan%20Lulusan%20SMK%20di%20Dunia%20Industri%20dan%20Kerja.pdf>
Kuswana, W., Sunaryo., 2013. Dasar-dasar Pendidikan Vokasi dan Kejuruan. Bandung: CV. Alfabeta.
Manik, J. G., 2023. “Pengaruh Self-Efficacy, Status Sosial dan Kedisiplinan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI SMK Negeri 9 Medan”, Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(2), pp. 137-143. doi: 10.47709/geci.v1i2.3250.
Mardapi, D., 2008. Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.
Mastur, M. R. and Pramusinto, H., 2020.mas “Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin), Efikasi Diri, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa”, Economic Education Analysis Journal, 9(3), pp. 789-802. doi: 10.15294/eeaj.v9i3.42111.
Maulana, M., 2006. Cara Praktis Memasuki Dunia Kerja. Jogjakarta: Prismasophie.
Mukhlason, A., Winanti, T. & Yundra, E., 2020. Analisa Indikator SMK Penyumbang Pengangguran Di Provinsi Jawa Timur. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), [online] 2(2), pp.29–36. doi:https://doi.org/10.26740/jvte.v2n2.p29-36.
Pavlova, M., 2009. Technology and Vocational Education for Sustainable Development : Empowering Individuals for the Future (Vol. 10). Springer Science & Business Media.
Prisrilia, A. B., & Widawati, L., 2021. Pengaruh Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja Lulusan Baru di Kota Bandung pada Masa Pandemi Covid-19. Bandung Conference Series: Psychology Science, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.29313/bcsps.v1i1.81
Prosser, C. A., & Allen, C. R., 1925. Vocational education in a democracy. Century Company.
Riduwan, S., 2011. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Cetakan Ke-4 Bandung: Alfabeta.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Walpole, R. E., 1995. Pengantar Statistika edisi ke-3. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 56.
Wena, M., 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf, S., 2009. Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ahmad, R. & Rachmawati, R., 2023. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Di Industri Fashion Siswa Tata Busana SMK Negeri 6 Purworejo. Fashion and Fashion Education Journal, 12(1), pp.17–24. doi:https://doi.org/10.15294/ffej.v12i1.62697.
Badan Pusat Statistik, 2023. Tingkat Pengangguran Terbuka Berdasarkan Tingkat Pendidikan - Tabel Statistik. [online] www.bps.go.id. Available at: <https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTE3OSMy/tingkat-pengangguran-terbuka-berdasarkan-tingkat-pendidikan.html.>
Bandura, A., 1997. Self-efficacy: The exercise of control. New York: W. H. Freeman and Company.
Creswell, J. W. and Creswell, J. D., 2018. Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. 5th ed. Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Creswell, J. W., 2016. Research Design, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. 4th ed. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Datadiwa, D. and Widodo, J., 2015. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 1 Warureja Tahun 2014”, Economic Education Analysis Journal, 4(1). Available at: <https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/4679>
Feist, J. and Feist, G.J., 2010. Teori Kepribadian (Terj. Smita Prathita Sjahputri). Jakarta: salemba humanika.
Fitriyanto, A., 2006. Ketidakpastian memasuki dunia kerja karena pendidikan. Jakarta: Dineka Cipta.
Fuadah, F. S., 2020. Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif, Praktik Kerja Industri, Dan Self-Efficacy Terhadap Kesiapan Kerja (Survei Pada Peserta Didik Kelas XI Akuntansi Dan Keuangan Lembaga SMK Negeri 1 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2019/2020) (Doctoral dissertation, Universitas Siliwangi).
Kementerian Ketenagakerjaan, 2021. Review Rencana Tenaga Kerja Nasional 2020-2024. [online] Available at: <https://satudata.kemnaker.go.id/satudata-public/2022/04/files/publikasi/1649938621648_Buku%2520Review%2520RTKN_2020_2024.pdf>
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2021. Minat Masyarakat terhadap Pendidikan Vokasi Cukup Tinggi. [online] Available at: <https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2021/04/minat-masyarakat-terhadap-pendidikan-vokasi-cukup-tinggi>
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, 2021. Meningkatkan keterserapan lulusan SMK dalam dunia industri dan dunia kerja. Pusat Penelitian Kebijakan, Jakarta. [pdf] Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Tersedia di: <https://repositori.kemdikbud.go.id/23377/1/Risalah%20Kebijakan_Puslitjak_No.%2014%2C%20Agustus%202021_Keterserapan%20Lulusan%20SMK%20di%20Dunia%20Industri%20dan%20Kerja.pdf>
Kuswana, W., Sunaryo., 2013. Dasar-dasar Pendidikan Vokasi dan Kejuruan. Bandung: CV. Alfabeta.
Manik, J. G., 2023. “Pengaruh Self-Efficacy, Status Sosial dan Kedisiplinan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI SMK Negeri 9 Medan”, Jurnal Generasi Ceria Indonesia, 1(2), pp. 137-143. doi: 10.47709/geci.v1i2.3250.
Mardapi, D., 2008. Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendikia Press.
Mastur, M. R. and Pramusinto, H., 2020.mas “Pengaruh Praktik Kerja Industri (Prakerin), Efikasi Diri, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa”, Economic Education Analysis Journal, 9(3), pp. 789-802. doi: 10.15294/eeaj.v9i3.42111.
Maulana, M., 2006. Cara Praktis Memasuki Dunia Kerja. Jogjakarta: Prismasophie.
Mukhlason, A., Winanti, T. & Yundra, E., 2020. Analisa Indikator SMK Penyumbang Pengangguran Di Provinsi Jawa Timur. Journal of Vocational and Technical Education (JVTE), [online] 2(2), pp.29–36. doi:https://doi.org/10.26740/jvte.v2n2.p29-36.
Pavlova, M., 2009. Technology and Vocational Education for Sustainable Development : Empowering Individuals for the Future (Vol. 10). Springer Science & Business Media.
Prisrilia, A. B., & Widawati, L., 2021. Pengaruh Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja Lulusan Baru di Kota Bandung pada Masa Pandemi Covid-19. Bandung Conference Series: Psychology Science, 1(1), 12–18. https://doi.org/10.29313/bcsps.v1i1.81
Prosser, C. A., & Allen, C. R., 1925. Vocational education in a democracy. Century Company.
Riduwan, S., 2011. Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Cetakan Ke-4 Bandung: Alfabeta.
Slameto, 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta
Walpole, R. E., 1995. Pengantar Statistika edisi ke-3. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 56.
Wena, M., 2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf, S., 2009. Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.