Perancangan User Experience Aplikasi Learning Management System dengan Metode Human-Centered Design (Studi Kasus: IPB Consulting)

Perancangan User Experience Aplikasi Learning Management System dengan Metode Human-Centered Design (Studi Kasus: IPB Consulting)

Penulis

  • Rafid Ardito Fakuktas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Lutfi Fanani
  • Fais Al Huda

Kata Kunci:

pengalaman pengguna, learning management system, human-centered design, usability testing, system usability scale, user experience questionnaire

Abstrak

Penggunaan learning management system (LMS) telah menjadi semakin penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan. LMS adalah sistem yang dapat digunakan untuk memantau, menganalisis, dan meningkatkan kegiatan belajar. Di Indonesia, munculnya bisnis baru dan tantangan yang dihadapi perusahaan menyebabkan kebutuhan untuk pelatihan dan pengetahuan karyawan yang lebih baik. Aplikasi mobile yang didasarkan pada LMS harus memberikan pengalaman pengguna yang efektif, efisien, dan menyenangkan. Human-centered design (HCD) adalah metode yang memprioritaskan kebutuhan dan kehidupan manusia untuk menciptakan produk, layanan, dan pengalaman. IPB Consulting adalah perusahaan konsultan yang berfokus pada pelatihan dan benchmarking, konsultasi, kontrak manajemen, monitoring, evaluasi, dan pendampingan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang pengalaman pengguna aplikasi LMS menggunakan human-centered design, yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan kepuasan. Penelitian ini juga bertujuan untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan kepuasan dalam kegiatan belajar, berdasarkan usability testing dan user experience questionnaire (UEQ).

Referensi

Afandi, F., Y. (2021). Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran Rumus Fisika “Momen Gaya” menggunakan Pendekatan Human Centered Design (HCD).

Bank Indonesia. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Badan Pusat Statistik. (2020). Profil Industri Mikro dan Kecil.

Carisfian, K. R. (2019). Perancangan User Experience Aplikasi Informasi Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Menggunakan Metode Human-Centered Design.

Dam, R. F. and Teo, Y. S. (2024, February 8). Personas – A Simple Introduction. Interaction Design Foundation - IxDF.

persoDina Wahyuningtyas, S. (2021). Perancangan User Experience Aplikasi Pemantau Kesehatan Pada Lansia Menggunakan Human-Centered Design.

Diphiperidine, C. V. (2021). Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Rekomendasi Produk Skincare Berbasis Mobile Menggunakan Metode Human-Centered Design.

Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Learning Management System (LMS) sebagai Media Pembelajaran Online selama Pandemi Covid-19.

Foreman, S. D. (2017). The LMS guidebook: Learning Management Systems Demystified. Association for Talent Development.

Garrett, J. J. (2011) The Elements of User Experience : User-Centered Design for the Web and Beyond. Second Edition.

Gibbons, S. (2018) Empathy Mapping: The First Step in Design Thinking, Nielsen Norman Group.

Google (2024) Guidelines – Material Design. Tersedia pada: https://m2.material.io/design/guidelines-overview

Hernawati, E & Aji, P. (2016). Perancangan dan Penerapan Konten e-Learning melalui Learning Management System dalam Meningkatkan Motivasi Belajar.

IDEO. (2015). The Field Guide to Human-Centered Design.

ISO. (2019). ISO 9241‐210: 2019 Ergonomics Of Human‐System Interaction—Part 210: Human‐Centered Design For Interactive Systems.

Lestari, D, T. (2022). The Implementation Of Learning Management Systems For Online Learning In English As Foreign Language (Efl) At Sman 1 Jatilawang.

Lewis J.R., & Sauro, J. (2018) Item Benchmarks for the System Usability Scale. Tersedia pada: https://uxpajournal.org/item-benchmarks-system-usability-scale-sus/

Mahnegar, F. (2012). Learning Management System. International Journal of Business and Social Science.

Moran, K. (2019). Usability Testing 101.

Nielsen, J. (2013). How many Test Users in a Usability Testing?. Nielsen Norman Group.

Nielsen, J. (2000). Why You Only Need to Test with 5 Users. Nielsen Norman Group.

Norman, D. (2013). The design of everyday things: Revised and expanded edition. Basic books.

Nurhadryani, Y., Sianturi, S. K., Hermadi, I., & Khotimah, H. (2013). Pengujian Usability Untuk Meningkatkan Antarmuka Aplikasi Mobile. Jurnal Ilmu Komputer dan Agri-Informatika, 2(2), 83-93.

Raharja dkk. (2011). Model Pembelajaran Berbasis Learning Management System dengan Pengembangan Software Moodle di Sekolah Menengah Atas.

Sauro, J. (2018) 5 Ways To Interpret a SUS Score, MeasuringU. Tersedia pada: https://measuringu.com/interpret-sus-score/.

Schrepp, M. (2015). User Experience Questionnaire Handbook. All You Need To Know To Apply The UEQ Successfully In Your Project, 50-52.

Sharfina, Z. and Santoso, H.B., 2016. An Indonesian Adaptation Of The System Usability Scale (SUS). In 2016 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS) (pp. 145-148). IEEE.

Usability.gov (2013). System Usability Scale (SUS) _ Usability. Tersedia pada: https://www.usability.gov/how-to-and-tools/methods/system-usability-scale.html

Zuber, C. D. dan Moody, L. (2018) “Creativity and Innovation in Health Care: Tapping into Organizational Enablers Through Human-Centered Design,” Nursing Administration Quarterly, 42(1).

Unduhan

Diterbitkan

15 Agu 2024

Cara Mengutip

Ardito, R., Fanani, L., & Al Huda, F. . (2024). Perancangan User Experience Aplikasi Learning Management System dengan Metode Human-Centered Design (Studi Kasus: IPB Consulting). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14098

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...