Pengembangan Aplikasi Penyedia Lowongan Magang Remote Berbasis Android untuk Mahasiswa Universitas Brawijaya
Kata Kunci:
Android, Magang Remote, KNN, Prototyping, SUSAbstrak
Magang merupakan aktivitas pembelajaran yang dilakukan diluar lingkup universitas atau kampus supaya mendapatkan pengalaman dan meningkatkan keterampilan kerja agar bisa siap terjun ke dunia kerja. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan kerja di kantor ataupun kerja dari rumah atau work from home. Magang menjadi salah satu mata kuliah wajib yang ditempuh mahasiswa di Universitas, termasuk di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya, sebagaimana yang diungkapkan melalui wawancara dengan mahasiswa Teknik Informatika di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Penelitian ini mengidentifikasi permasalahan utama yang meliputi ketersediaan lowongan magang yang minim di internet serta informasi mengenai magang yang tidak sesuai minat yang mengakibatkan mahasiswa kesulitan mencari lowongan magang remote. Walaupun di media sosial maupun di platform pencari kerja sudah ada, akan tetapi jumlahnya kurang. Pada penelitian ini, peneliti mengembangkan aplikasi penyedia lowongan magang remote berbasis Android dengan menerapkan metode prototyping dan KNN. Persona, skenario dan user story digunakan dalam mendefinisikan kebutuhan aplikasi. Kemudian, penelitian menghasilkan satu buah prototipe dengan satu kali iterasi dan satu aplikasi yang berbasis Android. Hasil pengujian usabilitas menggunakan metode SUS menunjukkan bahwa aplikasi masuk dalam kategori excellent dengan menghasilkan nilai kepuasan pengguna mencapai 84.64285.
Referensi
Ananda, I., 2020. Adopsi Metode Persona untuk Perancangan Aplikasi Travel Agent Berbasis Android. Computer Based Information System Journal, 8(2), pp. 15-21. doi: 10.33884/cbis.v8i2.2420.
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya, 2020, Pedoman Pendidikan Fakultas Ilmu Komputer 2020-2024. Available at : <https://filkom.ub.ac.id/wp-content/uploads/2021/09/Buku-Pedoman-Akademik-FILKOM-2020.pdf > [Diakses 24 April 2024]
Firebase, (2023). Get Started With Cloud Storage on Android. [online] Firebase. Available at : <https://firebase.google.com/docs/auth/android/start?hl=id> [Accessed 25 February 2024]
Hastie, T., Tibshirani, R., Friedman, J. (2009). Linear Methods for Classification. In: The Elements of Statistical Learning. Springer Series in Statistics. Springer, New York, NY. https://doi.org/10.1007/978-0-387-84858-7_4
Harwati, & Widodo, I. D., 2017. Usability Testing For Android Based Application “Jogja Smart Tourism” [Paper presentation]. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, Volume 215, 5th International Conference on Manufacturing, Optimization, Industrial and Material Engineering, Bali, Indonesia. doi: 10.1088/1757-899X/215/1/012031.
Interaction Design Foundation - IxDF. 2016. What is Usability Testing?. Availble at: <https://www.interaction-design.org/literature/topics/usability-testing> [Diakses pada 8 Maret 2024]
Ramadhanti, G. A., Jannatania, J., Adiyanto, D. I., & Vashty, S. Q. (2022). Pengalaman Komunikasi Pekerja Start Up Pada Praktik Hustle Culture. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2).
Romdoni, M., Sawiji, H., & Subarno, A. (2021). Pelaksanaan Program Magang Dunia Usaha dan Industri Ditinjau Dari Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS Tahun 2019. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 5(1). Available at : <http://jurnal.uns.ac.id/JIKAP > [Diakses pada 24 April 2024]
Sommerville, I., 2020. Engineering Software Products: An Introduction to Modern Software Engineering, EBook, Global Edition. Pearson Education.
Suharyanti, Chandra, Wiedy Murtini, Tutik Susilowati. 2013. Pengaruh Proses Pembelajaran dan Program Kerja Praktek Terhadap Pengembangan Soft Skills Mahasiswa. Diambil dari download.portalgaruda.org/article=1 72534&val=4074 pada tanggal 17 Maret 2015.
Sumardiono. (2014). Apa Itu Homeschooling. Jakarta: PT. Gramedia.
Ananda, I., 2020. Adopsi Metode Persona untuk Perancangan Aplikasi Travel Agent Berbasis Android. Computer Based Information System Journal, 8(2), pp. 15-21. doi: 10.33884/cbis.v8i2.2420.
Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya, 2020, Pedoman Pendidikan Fakultas Ilmu Komputer 2020-2024. Available at : <https://filkom.ub.ac.id/wp-content/uploads/2021/09/Buku-Pedoman-Akademik-FILKOM-2020.pdf > [Diakses 24 April 2024]
Firebase, (2023). Get Started With Cloud Storage on Android. [online] Firebase. Available at : <https://firebase.google.com/docs/auth/android/start?hl=id> [Accessed 25 February 2024]
Hastie, T., Tibshirani, R., Friedman, J. (2009). Linear Methods for Classification. In: The Elements of Statistical Learning. Springer Series in Statistics. Springer, New York, NY. https://doi.org/10.1007/978-0-387-84858-7_4
Harwati, & Widodo, I. D., 2017. Usability Testing For Android Based Application “Jogja Smart Tourism” [Paper presentation]. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, Volume 215, 5th International Conference on Manufacturing, Optimization, Industrial and Material Engineering, Bali, Indonesia. doi: 10.1088/1757-899X/215/1/012031.
Interaction Design Foundation - IxDF. 2016. What is Usability Testing?. Availble at: <https://www.interaction-design.org/literature/topics/usability-testing> [Diakses pada 8 Maret 2024]
Ramadhanti, G. A., Jannatania, J., Adiyanto, D. I., & Vashty, S. Q. (2022). Pengalaman Komunikasi Pekerja Start Up Pada Praktik Hustle Culture. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2).
Romdoni, M., Sawiji, H., & Subarno, A. (2021). Pelaksanaan Program Magang Dunia Usaha dan Industri Ditinjau Dari Persepsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS Tahun 2019. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 5(1). Available at : <http://jurnal.uns.ac.id/JIKAP > [Diakses pada 24 April 2024]
Sommerville, I., 2020. Engineering Software Products: An Introduction to Modern Software Engineering, EBook, Global Edition. Pearson Education.
Suharyanti, Chandra, Wiedy Murtini, Tutik Susilowati. 2013. Pengaruh Proses Pembelajaran dan Program Kerja Praktek Terhadap Pengembangan Soft Skills Mahasiswa. Diambil dari download.portalgaruda.org/article=1 72534&val=4074 pada tanggal 17 Maret 2015.
Sumardiono. (2014). Apa Itu Homeschooling. Jakarta: PT. Gramedia.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.