Analisis Sentimen Aplikasi Glints Berdasarkan Ulasan Google Play Store Menggunakan Metode Support Vector Machine

Analisis Sentimen Aplikasi Glints Berdasarkan Ulasan Google Play Store Menggunakan Metode Support Vector Machine

Penulis

  • A'inun Sukmawati Universitas Brawijaya
  • Dian Eka Ratnawati
  • Nanang Yudi Setiawan

Kata Kunci:

analisis sentimen, Glints, Support Vector Machine, klasifikasi, fishbone

Abstrak

Aplikasi Glints merupakan aplikasi yang bergerak di bidang jasa penyedia lowongan kerja dan pengembangan karir. Aplikasi Glints menyediakan informasi mengenai lowongan pekerjaan baik full-time, internship, dan freelance. Banyaknya platform lowongan kerja yang ada di Indonesia memberikan tantangan pada aplikasi Glints agar tidak kalah dengan pesaingnya. Meningkatkan layanan aplikasi dengan mengetahui persepsi pengguna aplikasi merupakan salah satu cara untuk mempertahankan popularitas aplikasi. Persepsi pengguna aplikasi dapat dianalisis menggunakan analisis sentimen kemudian dapat diketahui akar permasalahan dari sentimen pengguna. Penelitian ini menggunakan metode SVM atau Support Vector Machine untuk melakukan klasifikasi sentimen pada ulasan pengguna aplikasi di Google Play Store. Tahapan dalam proses analisis sentimen diantaranya seperti pengumpulan data dengan web scraping, pelabelan data, text preprocessing, pembobotan kata dengan TF-IDF (Term Frequency-Inverse Document Frequency), klasifikasi menggunakan Support Vector Machine, dan evaluasi kinerja model dengan Confusion Matrix. Analisis dilakukan pada data berjumlah 738 data ulasan aplikasi. Hasil pengujian dengan parameter nilai C = 1 menunjukkan nilai accuracy sebesar 87,12%, precision 87,49%, recall 87,13%, dan f1-score 87,08%. Hasil klasifikasi negatif kemudian dianalisis menggunakan diagram fishbone. Analisis diagram fishbone menunjukkan bahwa aplikasi Glints memerlukan perbaikan pada layanan pencarian lowongan kerja, update aplikasi, dan fungsionalitas aplikasi.

Referensi

Hasnain, M., Pasha, M. F., Ghani, I., Imran, M., Alzahrani, M. Y., & Budiarto, R. (2020). Evaluating Trust Prediction and Confusion Matrix Measures for Web Services Ranking. IEEE Access, 8, 90847–90861. https://doi.org/10.1109/ACCESS.2020.2994222

Holifahtus Sakdiyah, S., Eltivia, N., & Afandi, A. (2022). Root Cause Analysis Using Fishbone Diagram: Company Management Decision Making. Journal of Applied Business, Taxation and Economics Research, 1(6), 566–576. https://doi.org/10.54408/jabter.v1i6.103

Ilmawan, L. B., & Mude, M. A. (2020). Perbandingan Metode Klasifikasi Support Vector Machine dan Naïve Bayes untuk Analisis Sentimen pada Ulasan Tekstual di Google Play Store. ILKOM Jurnal Ilmiah, 12(2), 154–161. https://doi.org/10.33096/ilkom.v12i2.597.154-161

Jain, M., Narayan, S., Balaji, P., P, B. K., Bhowmick, A., R, K., & Muthu, R. K. (2020). Speech Emotion Recognition using Support Vector Machine.

Muttaqin, M. N., & Kharisudin, I. (2021). Analisis Sentimen Pada Ulasan Aplikasi Gojek Menggunakan Metode Support Vector Machine dan K Nearest Neighbor. UNNES Journal of Mathematics, 10(2), 22–27. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujm

Park, S.-M., & Kim, Y.-G. (2021). Root Cause Analysis Based on Relations Among Sentiment Words. Cognitive Computation, 13(4), 903–918. https://doi.org/10.1007/s12559-021-09872-3

Rokhman, K. A., Berlilana, B., & Arsi, P. (2021). Perbandingan Metode Support Vector Machine dan Decision Tree untuk Analisis Sentimen Review Komentar pada Aplikasi Transportasi Online. Journal of Information System Management (JOISM), 3(1), 1–7. https://doi.org/10.24076/JOISM.2021v3i1.341

Seerangan, N., & Shanmugam, V. (n.d.) (2021). Naveenkumar Seerangan and Vijayaragavan Shanmugam: Novel Multi-Level Aspect Based Sentiment Analysis for Improved Root-Cause Analysis Novel Multi-Level Aspect Based Sentiment Analysis for Improved Root-Cause Analysis. https://doi.org/10.21917/ijsc.2021.0340

Unduhan

Diterbitkan

15 Agu 2024

Cara Mengutip

Sukmawati, A., Eka Ratnawati, D. ., & Yudi Setiawan, N. . (2024). Analisis Sentimen Aplikasi Glints Berdasarkan Ulasan Google Play Store Menggunakan Metode Support Vector Machine. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14107

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...