Perancangan User Experience Penyewaan Studio Shooting Berbasis Website dengan Metode Design Thinking (Studi Kasus: PT Produksi Film Negara)
Kata Kunci:
user experience, design thinking, penyewaan studio shooting, digitalisasi, industri perfilman, usability testingAbstrak
Dalam era digitalisasi yang semakin pesat, pemilihan lokasi shooting untuk produksi film menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku industri perfilman. Penelitian ini bertujuan untuk merancang antarmuka penyewaan lokasi shooting berbasis website dengan metode design thinking. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memecahkan masalah yang dihadapi oleh pelaku industri perfilman dalam menyewa studio shooting yang masih dilakukan secara konvensional dan memakan waktu. Metodologi penelitian menggunakan lima tahapan design thinking, yaitu: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Tahap pertama adalah empathize, yang melibatkan wawancara dengan pengguna, mitra kerja, dan pihak PT Produksi Film Negara untuk menggali kendala yang dialami. Pada tahap define, dilakukan analisis kebutuhan berdasarkan wawancara. Tahap ideate menghasilkan berbagai ide solusi, yang kemudian diimplementasikan dalam bentuk prototype dan diuji pada tahap test. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa digitalisasi proses penyewaan dapat mempermudah pelaku industri dalam menemukan dan memesan studio secara efisien. Website yang dirancang juga memiliki fitur transparansi pembayaran dan manajemen pemesanan yang dapat meningkatkan koordinasi antara penyewa dan pemilik lokasi. Evaluasi terhadap prototype menunjukkan peningkatan kepuasan pengguna dan efisiensi dalam proses penyewaan. Hasil pengujian pengguna memperoleh tingkat efektif sebesar 92,94%, tingkat efisien sebesar 0,279 goals/sec, dan tingkat kepuasaan sebesar 93,676 yang menunjukkan hasil yang sangat baik dengan rasa kepuasan yang tinggi dari hasil desain solusi yang dirancang.
Referensi
Aldhian, N.A. and Tolle, H., 2023. Perancangan User Experience Aplikasi Creative Service Marketplace berbasis Mobile dengan Metode Design Thinking. [online] Available at: <http://j-ptiik.ub.ac.id>.
Goyal, R., Majji, M. and Skelton, R.E., 2021. Integrating structure, information architecture and control design: Application to tensegrity systems. Mechanical Systems and Signal Processing, 161. https://doi.org/10.1016/j.ymssp.2021.107913.
Ilham, H., Wijayanto, B. and Rahayu, S.P., 2021. ANALYSIS AND DESIGN OF USER INTERFACE/USER EXPERIENCE WITH THE DESIGN THINKING METHOD IN THE ACADEMIC INFORMATION SYSTEM OF JENDERAL SOEDIRMAN UNIVERSITY. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 2(1), pp.17–26. https://doi.org/10.20884/1.jutif.2021.2.1.30.
Isro’ Mukti, Y., 2018. RANCANG BANGUN WEBSITE SEKOLAH DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD). Jurnal Ilmiah Betrik, 09(02), pp.84–95.
Kesuma Bhakti, F., Ahmad, I. and Adrian, Q.J., 2022. PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI PESAN ANTAR DALAM KOTA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KOTA BANDAR LAMPUNG). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), [online] 3(2), pp.45–54. Available at: <http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI>.
Kusniawan, A. and Sardiarinto, 2016. Perancangan Website Jasa Desain Interior Sebagai Media Pemasaran Studi Kasus: CV. Focalpoint Interior. Jurnal Evolusi, 4.
Nielsen, J. (2000), Designing Web Usability, New Riders, Indianapolis, IN.
Norman, K.L. and Kirakowski, J., 2018. The Wiley Handbook of Human Computer Interaction.
Putri, I.P., Nuraeni, R., Christin, M. and Sugandi, M.S., 2017. INDUSTRI FILM INDONESIA SEBAGAI BAGIAN DARI INDUSTRI KREATIF INDONESIA.
Schmidt, M. & Gartner, G., 2011. The 1st European State of the Map Conference. Vienna, s.n.
Sitorus, J.R., Soedewi, S. and Kadarisman, A., 2021. PERANCANGAN PROTOTYPE APLIKASI PENYEWAAN PERLENGKAPAN FOTOGRAFI DI PEKANBARU. e-Proceeding of Art & Design, 8, pp.1196–1212.
Sutanto, R.P., 2022. Analisis User Flow pada Website Pendidikan: Studi Kasus Website DKV UK Petra. Nirmana, 22(1), pp.41–51. https://doi.org/10.9744/nirmana.22.1.41-51.
Telaumbanua, M. (2019) '5 Tahap Design Thinking Menurut Stanford d.school', Medium, 24 February. Available at: https://medium.com/@murnitelaumbanua98/5-tahap-design-thinking-menurut-stanford-d-school-e06f871c45c9
Aldhian, N.A. and Tolle, H., 2023. Perancangan User Experience Aplikasi Creative Service Marketplace berbasis Mobile dengan Metode Design Thinking. [online] Available at: <http://j-ptiik.ub.ac.id>.
Goyal, R., Majji, M. and Skelton, R.E., 2021. Integrating structure, information architecture and control design: Application to tensegrity systems. Mechanical Systems and Signal Processing, 161. https://doi.org/10.1016/j.ymssp.2021.107913.
Ilham, H., Wijayanto, B. and Rahayu, S.P., 2021. ANALYSIS AND DESIGN OF USER INTERFACE/USER EXPERIENCE WITH THE DESIGN THINKING METHOD IN THE ACADEMIC INFORMATION SYSTEM OF JENDERAL SOEDIRMAN UNIVERSITY. Jurnal Teknik Informatika (Jutif), 2(1), pp.17–26. https://doi.org/10.20884/1.jutif.2021.2.1.30.
Isro’ Mukti, Y., 2018. RANCANG BANGUN WEBSITE SEKOLAH DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN (UCD). Jurnal Ilmiah Betrik, 09(02), pp.84–95.
Kesuma Bhakti, F., Ahmad, I. and Adrian, Q.J., 2022. PERANCANGAN USER EXPERIENCE APLIKASI PESAN ANTAR DALAM KOTA MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING (STUDI KASUS: KOTA BANDAR LAMPUNG). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), [online] 3(2), pp.45–54. Available at: <http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSI>.
Kusniawan, A. and Sardiarinto, 2016. Perancangan Website Jasa Desain Interior Sebagai Media Pemasaran Studi Kasus: CV. Focalpoint Interior. Jurnal Evolusi, 4.
Nielsen, J. (2000), Designing Web Usability, New Riders, Indianapolis, IN.
Norman, K.L. and Kirakowski, J., 2018. The Wiley Handbook of Human Computer Interaction.
Putri, I.P., Nuraeni, R., Christin, M. and Sugandi, M.S., 2017. INDUSTRI FILM INDONESIA SEBAGAI BAGIAN DARI INDUSTRI KREATIF INDONESIA.
Schmidt, M. & Gartner, G., 2011. The 1st European State of the Map Conference. Vienna, s.n.
Sitorus, J.R., Soedewi, S. and Kadarisman, A., 2021. PERANCANGAN PROTOTYPE APLIKASI PENYEWAAN PERLENGKAPAN FOTOGRAFI DI PEKANBARU. e-Proceeding of Art & Design, 8, pp.1196–1212.
Sutanto, R.P., 2022. Analisis User Flow pada Website Pendidikan: Studi Kasus Website DKV UK Petra. Nirmana, 22(1), pp.41–51. https://doi.org/10.9744/nirmana.22.1.41-51.
Telaumbanua, M. (2019) '5 Tahap Design Thinking Menurut Stanford d.school', Medium, 24 February. Available at: https://medium.com/@murnitelaumbanua98/5-tahap-design-thinking-menurut-stanford-d-school-e06f871c45c9
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.