Perancangan Antarmuka Pengguna Situs Cucci Malang Menggunakan Human-Centered Design (HCD)
Kata Kunci:
Antarmuka Pengguna, Human Centered Design, Usability Testing, Time-based Efficiency, Success Rate, System Usability ScaleAbstrak
Cucci malang adalah suatu usaha pencucian dan reparasi sepatu yang berdiri sejak 2020, yang bertempat di malang. Selama ini, bisnis dikelola secara daring (dalam jaringan) melalui platform Instagram dan WhatsApp, serta secara luring (luar jaringan) di Malang. Sejak adanya PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) usaha ini sangat terdampak. Terdapat permasalahan yang dihadapi yaitu kesalahan manusia akibat tidak dipisahnya pesan pribadi dan bisnis, waktu tunggu admin dalam merespon pesanan yang berkisar antara 30 menit hingga 1 jam pada saat sibuk, serta terbatasnya jumlah staf admin yang hanya terdiri dari satu orang. Berdasarkan masalah yand terjadi, selanjutnya dilakukan perancangan antarmuka pengguna situs Cucci Malang dengan menggunakan human centered design (HCD). Tahapan dalam human centered design (HCD) meliputi pemahaman dan penentuan konteks penggunaan, penentuan kebutuhan pengguna, pengembangan desain solusi, serta evaluasi desain solusi tersebut. Evaluasi dilakukan melalui pengujian usability terhadap 8 partisipan. Hasil pengujian menunjukkan bahwa aspek efektivitas mencapai nilai success rate sebesar 100%, aspek efisiensi diukur dengan time-based efficiency mencapai nilai 1185.6 sec/goals, dan aspek kepuasan yang diukur menggunakan system usability scale (SUS) mendapatkan nilai rata-rata 79.4. Nilai ini dikonversi ke dalam kategori system usability scale (SUS) dengan adjective ratings "good" dan grade scale C, yang menunjukkan bahwa desain solusi dapat diterima.
Referensi
Albi, A., & Sahata S, A. (2019). SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA LAUNDRY SEPATU PADA SHOES CLEANING MAJALENGKA. 1.
Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. (2009). Determining What Individual SUS Scores Mean: Adding an Adjective Rating Scale. Journal of usability studies, 4, 114-123.
Büttner, S., & Röcker, C. (2016). Applying Human-Centered Design Methods in Industry – a Field Report. Graz, Austria: nternational Conference on Knowledge Technologies and Data- Driven Business (i-KNOW).
Ependi, U., Kurniawan, T., & Panjaitan, F. (2019). System Usability Scale Vs Heuristic Evaluation: a Review. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 10(1), 65-74.
HACKTIV8. (2021, April 19). Mengenal UI UX Design Dalam Pengembangan Website dan Aplikasi. Retrieved from HACKTIV8 BLOG: https://blog.hacktiv8.com/mengenal-ui-ux-design-dalam- pengembangan-website-dan- aplikasi/
Id CloudHost. (2018, Oktober 14). Ini Dia Kelebihan Pembuatan Website Untuk Kemajuan Usaha Anda. Retrieved from Id CloudHost: https://idcloudhost.com/ini-dia- kelebihan-pembuatan-website- untuk-kemajuan-usaha-anda/
Padni, G. R., & Mulyana, M. (2012). Pengaruh Komunikasi Terhadap Minat Beli Konsumen. SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI KESATUAN BOGOR. Pamungkas, R. B. (2020, Oktober 16).
Media Sosial vs Website: Manakah yang Media Sosial vs Website: Manakah yang. Retrieved from niagahoster: https://www.niagahoster.co.id/blog/ media-sosial-vs- website/#Dan_Pemenangnya_adala h
Raksipratama, D., Zaenuddin, & Firdaus, M. (2010). SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA CUCI SEPATU DI SHINE SHOES BANJARMASIN DENGAN SMS GATEWAY.
SAITO, S., & OGAWA, K. (1994). Ergonomics of human-system interaction. The Japanese journal of ergonomics, 30(1), 1-1.
Sauro, J. (2011). Measuring Usability with the System Usability Scale (SUS). Retrieved Oktober 10, 2021, from https://measuringu.com/sus/
Waryanto. (2021, January 22). Pengertian Website Lengkap dengan Jenis dan Manfaatnya. Retrieved from Niagahoster: https://www.niagahoster.co.id/blog/ pengertian- website/#Apa_Itu_Website
Yuniastari S, N. A., & Wiyati, R. K. (2015). Pengukuran Tingkat Efektivitas Dan Efisiensi Sistem Eresearch STIKOM Bali. Konferensi Nasional Sistem & Informatika 2015.
Albi, A., & Sahata S, A. (2019). SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA LAUNDRY SEPATU PADA SHOES CLEANING MAJALENGKA. 1.
Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. (2009). Determining What Individual SUS Scores Mean: Adding an Adjective Rating Scale. Journal of usability studies, 4, 114-123.
Büttner, S., & Röcker, C. (2016). Applying Human-Centered Design Methods in Industry – a Field Report. Graz, Austria: nternational Conference on Knowledge Technologies and Data- Driven Business (i-KNOW).
Ependi, U., Kurniawan, T., & Panjaitan, F. (2019). System Usability Scale Vs Heuristic Evaluation: a Review. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, 10(1), 65-74.
HACKTIV8. (2021, April 19). Mengenal UI UX Design Dalam Pengembangan Website dan Aplikasi. Retrieved from HACKTIV8 BLOG: https://blog.hacktiv8.com/mengenal-ui-ux-design-dalam- pengembangan-website-dan- aplikasi/
Id CloudHost. (2018, Oktober 14). Ini Dia Kelebihan Pembuatan Website Untuk Kemajuan Usaha Anda. Retrieved from Id CloudHost: https://idcloudhost.com/ini-dia- kelebihan-pembuatan-website- untuk-kemajuan-usaha-anda/
Padni, G. R., & Mulyana, M. (2012). Pengaruh Komunikasi Terhadap Minat Beli Konsumen. SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI KESATUAN BOGOR. Pamungkas, R. B. (2020, Oktober 16).
Media Sosial vs Website: Manakah yang Media Sosial vs Website: Manakah yang. Retrieved from niagahoster: https://www.niagahoster.co.id/blog/ media-sosial-vs- website/#Dan_Pemenangnya_adala h
Raksipratama, D., Zaenuddin, & Firdaus, M. (2010). SISTEM INFORMASI PELAYANAN JASA CUCI SEPATU DI SHINE SHOES BANJARMASIN DENGAN SMS GATEWAY.
SAITO, S., & OGAWA, K. (1994). Ergonomics of human-system interaction. The Japanese journal of ergonomics, 30(1), 1-1.
Sauro, J. (2011). Measuring Usability with the System Usability Scale (SUS). Retrieved Oktober 10, 2021, from https://measuringu.com/sus/
Waryanto. (2021, January 22). Pengertian Website Lengkap dengan Jenis dan Manfaatnya. Retrieved from Niagahoster: https://www.niagahoster.co.id/blog/ pengertian- website/#Apa_Itu_Website
Yuniastari S, N. A., & Wiyati, R. K. (2015). Pengukuran Tingkat Efektivitas Dan Efisiensi Sistem Eresearch STIKOM Bali. Konferensi Nasional Sistem & Informatika 2015.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.