Perancangan Antarmuka Pengguna Situs Hyperival Store Surabaya Menggunakan Human-Centered Design (HCD)
Kata Kunci:
antarmuka pengguna, user interface, human centered design, system usability scale, prototype, websiteAbstrak
Perkembangan teknologi yang pesat telah mempengaruhi berbagai bidang, termasuk ekonomi dan perdagangan, dimana teknologi informasi digunakan untuk meningkatkan kinerja dan daya saing perusahaan. Hyperival Store, sebuah toko sepatu di Surabaya, telah memanfaatkan media sosial untuk penjualan, namun kini ingin memperluas pasar melalui website. Penelitian ini bertujuan untuk
merancang prototipe website Hyperival Store menggunakan metode Human Centered Design (HCD) yang fokus pada kebutuhan pengguna untuk meningkatkan kemudahan interaksi dan antarmuka pengguna. Evaluasi desain solusi dilakukan melalui pengujian usability yang mencakup aspek efektivitas, efisiensi, dan kepuasan menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS). Partisipan
dalam penelitian ini terdiri dari sembilan orang yang merupakan mahasiswa dan pekerja swasta. Hasil evaluasi menunjukkan tingkat efektivitas rata-rata sebesar 95.55%, dengan aspek efisiensi menunjukkan nilai time-based efficiency sebesar 1232.92 goals/sec yang masuk dalam kategori sangat cepat. Skor rata-rata SUS sebesar 78.6 yang dikonversikan dalam adjective ratings menunjukkan kategori "Good" dengan grade scale C, yang berarti hasil desain dapat diterima dan dianggap memuaskan oleh pengguna. Dengan demikian, website ini diharapkan dapat memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi, meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme Hyperival Store, serta memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan loyalitas pelanggan.
Referensi
Aaker, D. A. (1992). The Value of Brand
Equity. Journal of Business Strategy,
(4), 27–32.
https://doi.org/10.1108/eb039503
Adi. (2006). E-Commerce: Memahami
Perdagangan Modern di Dunia Maya.
Informatika Bandung.
Azis, S. (2012). Sekali Baca Langsung
Inget Membuat Situs web Gratis
Dalam Sekejab Tanpa Guru: Mudah
Dipraktekan dan Langsung Bisa.
Lembar Langit Indonesia.
Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. (2009).
Determining What Individual SUS
Scores Mean: Adding an Adjective
Rating Scale. Jurnal of Usability
Studies.
Brooke, J. (1996). SUS: A “Quick and
Dirty” Usability Scale. Usability
Evaluation In Industry, January 1996,
–212.
https://doi.org/10.1201/978149871041
-35
Devinpws. (2020). UI/UX#11:User Journey
Map.
https://devinpws.medium.com/ui-ux
-user-journey-map-aaa4c6ea5bcf
Faller, P. (2019). Putting Personas to Work
in UX Design: What They Are and
Why They’re Important.
https://blog.adobe.com/en/publish/201
/09/29/putting-personas-to-work-in
ux-design-what-they-are-and-why
theyre-important
Gibbons, S. (2018). Empathy Mapping: The
First Step in Design Thinking. Nielsen
Norman Group.
https://www.nngroup.com/articles/emp
athy-mapping/
Gibbons, S. (2019). Journey Mapping 101.
Nielsen Norman Group.
https://www.nngroup.com/articles/jour
ney mapping-101/
Harley, A. (2015). Personas Make Users
Memorable for Product Team
Members. Nielsen Norman Group.
https://www.nngroup.com/articles/pers
ona/
Hutabarat, A. S., Suratno, T., & Mauladi,
D. (2018). Analysis and Design Of
Employee Work Achievement
Appraisal Information System At
Jambi University. JUSS) Jurnal Sains
Dan Sistem Informasi, 1(1).
Ishak, R., Widyastuti, H., & Setiaji, S. (2018).
Rancang Bangun Sistem
Informasi Penjualan Kue Dan Roti
Berbasis Web Pada Yuki Bakery
Jakarta. Swabumi (Suara Wawasan
Sukabumi):
Ilmu
Komputer,
Manajemen, Dan Sosial, 6(1), 27-34.,
(1),
–34.
https://doi.org/10.31294/swabumi.v6i1
.3313
Kristi, T. (2021). Perancangan Aplikasi E
Commerce Berbasis Web (Studi Kasus
Di Toko Sablon Surabaya). Proceeding
KONIK (Konferensi Nasional Ilmu
Komputer), 5, 288-293
Kusumaning Pratiwi, S., Putra Kharisma,
A.,
& Aknuranda, I. (2017).
Perancangan Situs Web Rumah Sakit
Islam
Masyithoh Bangil Dengan
Mengadaptasi
Human
Design.
Jurnal
Centered
Pengembangan
Teknologi
Informasi
Dan
Ilmu
Komputer, 2(8), 2421–2429. http://j
ptiik.ub.ac.id
Lauff, C. A., Kotys-Schwartz, D., &
Rentschler, M. E. (2018). What is a
prototype? what are the roles of
prototypes in companies? Journal of
Mechanical Design, 140(6), 1–51.
https://doi.org/10.1115/1.4039340
Mulyana, I., Prajuhana P, A., & Iqbal S, M.
(2019). Buku Ajar Desain Grafis dan
Multimedia Teori dan Implementasi
(1st ed.). Lembaga Penelitian dan
Pengabdian Masyarakat Universitas
Pakuan.
Nielsen,
J.
(2012).
Introduction
to
Usability
Usability.
:
Sauro, J. (2011). Measuring Usability With
The System Usability Scale (SUS),
Measuring
Usability.
http://www.measuringu.com/sus.php
Simarmata, J. (2010). Rekayasa Web. Andi
Offset.
Soegaard, M. (2018). The basics of
pengalaman pengguna (UX) design,
Interaction
Design
Foundation.
Interaction Design Foundation. The
Basics of User Experience Design, 21
interaction-design.org
Surachman, S. A. (2008). Dasar-dasar
Manajemen
Merek.
Publishing.
Banyumedia
Switzerland, I. O. for S. (ISO). (2009).
Ergonomics
of
human
system
interaction - Part 210: Human-centered
design
for
interactive
systems
(formerly known as 13407). SO FDIS
-210,
(1),
–1.
https://doi.org/10.5100/jje.30.1
Wahyudi, M. (2021). Fullstack Android
Developer Aplikasi Penjualan Tiket
Bioskop. Edited by R. Watrianthos and
J. Simarmata. Medan: Yayasan Kita
Menulis.
Walker, M., Takayama, L., & Landay, J. A.
(2002). High-Fidelity or Low-Fidelity,
Paper
or
Attributes
Computer? Choosing
when Testing Web
Prototypes. Proceedings of the Human
Factors and Ergonomics Society
Annual Meeting, 46(5), 661–665.
https://doi.org/10.1177/154193120204
Yuliani, O., & Prasojo, J. (2015). Berbasis
Web Menggunakan Metode User
Centered Design ( Ucd ). Jurnal
Angkasa, 7(2), 149–164.
Yuniastari, N. L. A. K. (2015). Pengukuran
Tingkat Efektivitas Dan Efisiensi
Sistem Eresearch STIKOM Bali.
Konferensi
Nasional
Informatika, 9, 563.
Aaker, D. A. (1992). The Value of Brand
Equity. Journal of Business Strategy,
(4), 27–32.
https://doi.org/10.1108/eb039503
Adi. (2006). E-Commerce: Memahami
Perdagangan Modern di Dunia Maya.
Informatika Bandung.
Azis, S. (2012). Sekali Baca Langsung
Inget Membuat Situs web Gratis
Dalam Sekejab Tanpa Guru: Mudah
Dipraktekan dan Langsung Bisa.
Lembar Langit Indonesia.
Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. (2009).
Determining What Individual SUS
Scores Mean: Adding an Adjective
Rating Scale. Jurnal of Usability
Studies.
Brooke, J. (1996). SUS: A “Quick and
Dirty” Usability Scale. Usability
Evaluation In Industry, January 1996,
–212.
https://doi.org/10.1201/978149871041
-35
Devinpws. (2020). UI/UX#11:User Journey
Map.
https://devinpws.medium.com/ui-ux
-user-journey-map-aaa4c6ea5bcf
Faller, P. (2019). Putting Personas to Work
in UX Design: What They Are and
Why They’re Important.
https://blog.adobe.com/en/publish/201
/09/29/putting-personas-to-work-in
ux-design-what-they-are-and-why
theyre-important
Gibbons, S. (2018). Empathy Mapping: The
First Step in Design Thinking. Nielsen
Norman Group.
https://www.nngroup.com/articles/emp
athy-mapping/
Gibbons, S. (2019). Journey Mapping 101.
Nielsen Norman Group.
https://www.nngroup.com/articles/jour
ney mapping-101/
Harley, A. (2015). Personas Make Users
Memorable for Product Team
Members. Nielsen Norman Group.
https://www.nngroup.com/articles/pers
ona/
Hutabarat, A. S., Suratno, T., & Mauladi,
D. (2018). Analysis and Design Of
Employee Work Achievement
Appraisal Information System At
Jambi University. JUSS) Jurnal Sains
Dan Sistem Informasi, 1(1).
Ishak, R., Widyastuti, H., & Setiaji, S. (2018).
Rancang Bangun Sistem
Informasi Penjualan Kue Dan Roti
Berbasis Web Pada Yuki Bakery
Jakarta. Swabumi (Suara Wawasan
Sukabumi):
Ilmu
Komputer,
Manajemen, Dan Sosial, 6(1), 27-34.,
(1),
–34.
https://doi.org/10.31294/swabumi.v6i1
.3313
Kristi, T. (2021). Perancangan Aplikasi E
Commerce Berbasis Web (Studi Kasus
Di Toko Sablon Surabaya). Proceeding
KONIK (Konferensi Nasional Ilmu
Komputer), 5, 288-293
Kusumaning Pratiwi, S., Putra Kharisma,
A.,
& Aknuranda, I. (2017).
Perancangan Situs Web Rumah Sakit
Islam
Masyithoh Bangil Dengan
Mengadaptasi
Human
Design.
Jurnal
Centered
Pengembangan
Teknologi
Informasi
Dan
Ilmu
Komputer, 2(8), 2421–2429. http://j
ptiik.ub.ac.id
Lauff, C. A., Kotys-Schwartz, D., &
Rentschler, M. E. (2018). What is a
prototype? what are the roles of
prototypes in companies? Journal of
Mechanical Design, 140(6), 1–51.
https://doi.org/10.1115/1.4039340
Mulyana, I., Prajuhana P, A., & Iqbal S, M.
(2019). Buku Ajar Desain Grafis dan
Multimedia Teori dan Implementasi
(1st ed.). Lembaga Penelitian dan
Pengabdian Masyarakat Universitas
Pakuan.
Nielsen,
J.
(2012).
Introduction
to
Usability
Usability.
:
Sauro, J. (2011). Measuring Usability With
The System Usability Scale (SUS),
Measuring
Usability.
http://www.measuringu.com/sus.php
Simarmata, J. (2010). Rekayasa Web. Andi
Offset.
Soegaard, M. (2018). The basics of
pengalaman pengguna (UX) design,
Interaction
Design
Foundation.
Interaction Design Foundation. The
Basics of User Experience Design, 21
interaction-design.org
Surachman, S. A. (2008). Dasar-dasar
Manajemen
Merek.
Publishing.
Banyumedia
Switzerland, I. O. for S. (ISO). (2009).
Ergonomics
of
human
system
interaction - Part 210: Human-centered
design
for
interactive
systems
(formerly known as 13407). SO FDIS
-210,
(1),
–1.
https://doi.org/10.5100/jje.30.1
Wahyudi, M. (2021). Fullstack Android
Developer Aplikasi Penjualan Tiket
Bioskop. Edited by R. Watrianthos and
J. Simarmata. Medan: Yayasan Kita
Menulis.
Walker, M., Takayama, L., & Landay, J. A.
(2002). High-Fidelity or Low-Fidelity,
Paper
or
Attributes
Computer? Choosing
when Testing Web
Prototypes. Proceedings of the Human
Factors and Ergonomics Society
Annual Meeting, 46(5), 661–665.
https://doi.org/10.1177/154193120204
Yuliani, O., & Prasojo, J. (2015). Berbasis
Web Menggunakan Metode User
Centered Design ( Ucd ). Jurnal
Angkasa, 7(2), 149–164.
Yuniastari, N. L. A. K. (2015). Pengukuran
Tingkat Efektivitas Dan Efisiensi
Sistem Eresearch STIKOM Bali.
Konferensi
Nasional
Informatika, 9, 563.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.