Perancangan Antarmuka Pengguna Situs Hyperival Store Surabaya Menggunakan Human-Centered Design (HCD)

Perancangan Antarmuka Pengguna Situs Hyperival Store Surabaya Menggunakan Human-Centered Design (HCD)

Penulis

  • Muhamad Farhan Ramahda Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

antarmuka pengguna, user interface, human centered design, system usability scale, prototype, website

Abstrak

Perkembangan teknologi yang pesat telah mempengaruhi berbagai bidang, termasuk ekonomi dan perdagangan, dimana teknologi informasi digunakan untuk meningkatkan kinerja dan daya saing perusahaan. Hyperival Store, sebuah toko sepatu di Surabaya, telah memanfaatkan media sosial untuk penjualan, namun kini ingin memperluas pasar melalui website. Penelitian ini bertujuan untuk
merancang prototipe website Hyperival Store menggunakan metode Human Centered Design (HCD) yang fokus pada kebutuhan pengguna untuk meningkatkan kemudahan interaksi dan antarmuka pengguna. Evaluasi desain solusi dilakukan melalui pengujian usability yang mencakup aspek efektivitas, efisiensi, dan kepuasan menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS). Partisipan
dalam penelitian ini terdiri dari sembilan orang yang merupakan mahasiswa dan pekerja swasta. Hasil evaluasi menunjukkan tingkat efektivitas rata-rata sebesar 95.55%, dengan aspek efisiensi menunjukkan nilai time-based efficiency sebesar 1232.92 goals/sec yang masuk dalam kategori sangat cepat. Skor rata-rata SUS sebesar 78.6 yang dikonversikan dalam adjective ratings menunjukkan kategori "Good" dengan grade scale C, yang berarti hasil desain dapat diterima dan dianggap memuaskan oleh pengguna. Dengan demikian, website ini diharapkan dapat memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi, meningkatkan kredibilitas dan profesionalisme Hyperival Store, serta memperluas jangkauan pemasaran dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Referensi

Aaker, D. A. (1992). The Value of Brand

Equity. Journal of Business Strategy,

(4), 27–32.

https://doi.org/10.1108/eb039503

Adi. (2006). E-Commerce: Memahami

Perdagangan Modern di Dunia Maya.

Informatika Bandung.

Azis, S. (2012). Sekali Baca Langsung

Inget Membuat Situs web Gratis

Dalam Sekejab Tanpa Guru: Mudah

Dipraktekan dan Langsung Bisa.

Lembar Langit Indonesia.

Bangor, A., Kortum, P., & Miller, J. (2009).

Determining What Individual SUS

Scores Mean: Adding an Adjective

Rating Scale. Jurnal of Usability

Studies.

Brooke, J. (1996). SUS: A “Quick and

Dirty” Usability Scale. Usability

Evaluation In Industry, January 1996,

–212.

https://doi.org/10.1201/978149871041

-35

Devinpws. (2020). UI/UX#11:User Journey

Map.

https://devinpws.medium.com/ui-ux

-user-journey-map-aaa4c6ea5bcf

Faller, P. (2019). Putting Personas to Work

in UX Design: What They Are and

Why They’re Important.

https://blog.adobe.com/en/publish/201

/09/29/putting-personas-to-work-in

ux-design-what-they-are-and-why

theyre-important

Gibbons, S. (2018). Empathy Mapping: The

First Step in Design Thinking. Nielsen

Norman Group.

https://www.nngroup.com/articles/emp

athy-mapping/

Gibbons, S. (2019). Journey Mapping 101.

Nielsen Norman Group.

https://www.nngroup.com/articles/jour

ney mapping-101/

Harley, A. (2015). Personas Make Users

Memorable for Product Team

Members. Nielsen Norman Group.

https://www.nngroup.com/articles/pers

ona/

Hutabarat, A. S., Suratno, T., & Mauladi,

D. (2018). Analysis and Design Of

Employee Work Achievement

Appraisal Information System At

Jambi University. JUSS) Jurnal Sains

Dan Sistem Informasi, 1(1).

Ishak, R., Widyastuti, H., & Setiaji, S. (2018).

Rancang Bangun Sistem

Informasi Penjualan Kue Dan Roti

Berbasis Web Pada Yuki Bakery

Jakarta. Swabumi (Suara Wawasan

Sukabumi):

Ilmu

Komputer,

Manajemen, Dan Sosial, 6(1), 27-34.,

(1),

–34.

https://doi.org/10.31294/swabumi.v6i1

.3313

Kristi, T. (2021). Perancangan Aplikasi E

Commerce Berbasis Web (Studi Kasus

Di Toko Sablon Surabaya). Proceeding

KONIK (Konferensi Nasional Ilmu

Komputer), 5, 288-293

Kusumaning Pratiwi, S., Putra Kharisma,

A.,

& Aknuranda, I. (2017).

Perancangan Situs Web Rumah Sakit

Islam

Masyithoh Bangil Dengan

Mengadaptasi

Human

Design.

Jurnal

Centered

Pengembangan

Teknologi

Informasi

Dan

Ilmu

Komputer, 2(8), 2421–2429. http://j

ptiik.ub.ac.id

Lauff, C. A., Kotys-Schwartz, D., &

Rentschler, M. E. (2018). What is a

prototype? what are the roles of

prototypes in companies? Journal of

Mechanical Design, 140(6), 1–51.

https://doi.org/10.1115/1.4039340

Mulyana, I., Prajuhana P, A., & Iqbal S, M.

(2019). Buku Ajar Desain Grafis dan

Multimedia Teori dan Implementasi

(1st ed.). Lembaga Penelitian dan

Pengabdian Masyarakat Universitas

Pakuan.

Nielsen,

J.

(2012).

Introduction

to

Usability

Usability.

https://www.nngroup.com/

:

Sauro, J. (2011). Measuring Usability With

The System Usability Scale (SUS),

Measuring

Usability.

http://www.measuringu.com/sus.php

Simarmata, J. (2010). Rekayasa Web. Andi

Offset.

Soegaard, M. (2018). The basics of

pengalaman pengguna (UX) design,

Interaction

Design

Foundation.

Interaction Design Foundation. The

Basics of User Experience Design, 21

interaction-design.org

Surachman, S. A. (2008). Dasar-dasar

Manajemen

Merek.

Publishing.

Banyumedia

Switzerland, I. O. for S. (ISO). (2009).

Ergonomics

of

human

system

interaction - Part 210: Human-centered

design

for

interactive

systems

(formerly known as 13407). SO FDIS

-210,

(1),

–1.

https://doi.org/10.5100/jje.30.1

Wahyudi, M. (2021). Fullstack Android

Developer Aplikasi Penjualan Tiket

Bioskop. Edited by R. Watrianthos and

J. Simarmata. Medan: Yayasan Kita

Menulis.

Walker, M., Takayama, L., & Landay, J. A.

(2002). High-Fidelity or Low-Fidelity,

Paper

or

Attributes

Computer? Choosing

when Testing Web

Prototypes. Proceedings of the Human

Factors and Ergonomics Society

Annual Meeting, 46(5), 661–665.

https://doi.org/10.1177/154193120204

Yuliani, O., & Prasojo, J. (2015). Berbasis

Web Menggunakan Metode User

Centered Design ( Ucd ). Jurnal

Angkasa, 7(2), 149–164.

Yuniastari, N. L. A. K. (2015). Pengukuran

Tingkat Efektivitas Dan Efisiensi

Sistem Eresearch STIKOM Bali.

Konferensi

Nasional

Informatika, 9, 563.

Unduhan

Diterbitkan

22 Agu 2024

Cara Mengutip

Farhan Ramahda, M. (2024). Perancangan Antarmuka Pengguna Situs Hyperival Store Surabaya Menggunakan Human-Centered Design (HCD). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14123

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...