Perancangan Ulang Antarmuka Pengguna Aplikasi Helpdesk Halo Filkom Menggunakan Metode Human Centered Design

Perancangan Ulang Antarmuka Pengguna Aplikasi Helpdesk Halo Filkom Menggunakan Metode Human Centered Design

Penulis

  • Dwi Vebriansyah Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya
  • Muslimah
  • Prima Zulvarina

Kata Kunci:

Aplikasi Helpdesk Halo Fikom, Human Centered Design, System Usability Scale, Perancangan Ulang

Abstrak

Peneliti melakukan observasi terhadap pengguna Aplikasi Helpdesk yaitu Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya terdapat 6 permasalahan utama diidentifikasi dan sering menghambat pengguna sehingga pengalaman pengguna Aplikasi Helpdesk Halo Fikom menjadi kurang baik. Berdasarkan alasan tersebut peneliti memutuskan untuk merancang ulang antarmuka pengguna aplikasi Helpdesk Halo Fikom yang bertujuan untuk meningkatkan usability dan pengalaman pengguna. Metode Human Centered Design digunakan dalam penelitian ini, melibatkan tahap pemahaman konteks pengguna, identifikasi kebutuhan pengguna, pembuatan desain solusi, dan evaluasi desain. Target utama dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer yang menggunakan Aplikasi Helpdesk untuk berbagai pertanyaan mengenai permasalahan perkuliahan. Peneliti menggunakan teknik wawancara semi-terstruktur, peneliti mengidentifikasi kebutuhan pengguna yang kemudian ditampilkan dalam tabel yang berisi permasalahan dan solusi yang ditawarkan. Desain solusi dibuat melalui langkah-langkah wireframe, mockup, dan prototipe menggunakan alat bantu Figma. Pengujian dilakukan dengan narasumber terlebih dahulu diikuti oleh pengujian dengan responden lebih besar, apabila dari pengujian dengan narasumber dapat menyelesaikan permasalahan yang disampaikan pada tahap wawancara. Hasil pengujian menunjukkan peningkatan signifikan, dengan nilai efektivitas mencapai 94%, efisiensi sebesar 0,122 goal/sec, dan skor kepuasan pengguna sebesar 80,80 yang dihitung menggunakan System Usability Scale. Hasil tersebut mengalami peningkatan kepuasan pengguna dari sebelumnya pada pengujian awal memiliki skor sebesar 60,72

Referensi

Bhagaskara, R. E., Tolle, H. & Huda, F. A., 2023. Perancangan Chatbot Layanan Akademik Website FILKOM UB menggunakan Metode Human Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, VII(2), pp. 582-591.

Brooke, J, 2013. SUS: a retrospective. Journal of usability studies, VIII(2), pp. 29-40.

Ependi, U, Kurniawan, T. & Panjaitan,, F., 2019. System Usability Scale Vs Heuristic Evaluation: a Review. Simetris: Jurnal Teknik Mesin, Elektro dan Ilmu Komputer, X(1), pp. 65-74.

Eugenia, M. P., Abdurrofi, M., Almahenzar, B. & Khoirunnisa, A., 2022. Pendekatan Metode User-Centered Design dan System Usability Scale dalam Redesain dan Evaluasi Antarmuka Website Studi Kasus Website Diseminasi Sensus Pertanian. Seminar Nasional Official Statistics 2022, II(1), pp. 573-584.

Hakim, N. F., Muriyatmoko, D. & Dzulkarnain, A., 2022. Analisis Dan Perancangan UI/UX Website Roya La-Tansa Mart Menggunakan Metode User Centered Design (UCD). Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Masyarakat Bidang Ilmu Komputer, II(2), pp. 67-77.

ISO, 2018. ISO 9241-11. s.l.:s.n.

ISO, 2018. ISO 9241-210. s.l.:s.n.

Komputer, F. I., 2021. HaloFilkom. [Online]

Available at: https://filkom.ub.ac.id/2021/07/26/luncurkan-halo-filkom-fakultas-memberikan-tanggapan-dan-solusi-secara-cepat-terhadap-keluhan-masyarakat/

[Accessed 31 Juli 2023].

M.D, R. B., Priyadi, Y. & Adrian, M., 2022. Perancangan Antar Muka Aplikasi Perancangan Antar Muka Aplikasi User Centered Design (Studi Kasus: Restoran Di Kota(Studi Kasus: Restoran Di Kota Padangsidimpuan). e-Proceeding of Engineering, IX(2), pp. 780-791.

Mashuri, C., Putra, R. A. Y. & Putri, U. S., 2022. APLIKASI PEMBELAJARAN DARING DENGAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM (STUDI KASUS: EVALUASI USABILITY TESTING DAN WEBQUAL 4.0). 1st ed. Bandung: PT. Indonesia Emas Group.

Mubiarto, D. S., Isnanto, R. R. & Windasari , I. P., 2023. Perancangan User Interface dan User Experience (UI/UX) pada Aplikasi “BCA Mobile” Menggunakan Metode User Centered Design (UCD). Jurnal Teknik Komputer, I(4), pp. 209-216.

Sanggalangi, C., Huda, F. A. & Brata, K. C., 2022. Perancangan User Experience pada Aplikasi Pencarian Orang Hilang menggunakan Metode Human Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, VII(2), pp. 525-532.

Sauro, J. & Lewis, J., 2022. Sample Sizes for a SUS Score. [Online]

Available at: https://measuringu.com/sample-sizes-for-sus-ci/#:~:text=For%20example%2C%20if%20you%20need,(a%20very%20precise%20estimate).

[Accessed 10 September 2023].

Solichuddin, R. B., 2021. PERANCANGAN USER INTERFACE DAN USER EXPERIENCE DENGAN METODE USER CENTERED DESIGN PADA SITUS WEB "KALOGRAFI". Universitas Islam Indonesia, VI(1), pp. 1-20.

Supriyatna, A., 2018. Penerapan Usability Testing untuk Pengukuran Tingkat Kebergunaan Web Media of Knowledge. Jurnal Imliah Teknologi, VIII(1), pp. 1-16.

Syafrizal, F. A. et al., 2022. Using ISO 9241-11 To Identify How E-Commerce Companies Applied UX Guidelines. Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, VII(1), pp. 9-15.

Tuloli, M. S., Patalangi, R. & Takdir, R., 2022. Pengukuran Tingkat Usability Sistem Aplikasi e-Rapor Menggunakan Metode Usability Testing dan SUS. JAMBURA JOURNAL OF INFORMATICS, IV(1), pp. 13-25.

Wibisono, I. H., Wijoyo, S. H. & Rachmadi, A., 2022. Analisis dan Perbaikan Usability Situs Halo FILKOM menggunakan Metode Design Thinking dan System Usability Scale. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, VI(11), pp. 5154-5162.

Unduhan

Diterbitkan

19 Agu 2024

Cara Mengutip

Vebriansyah, D., Az-Zahra , H., & Zulvarina , P. . (2024). Perancangan Ulang Antarmuka Pengguna Aplikasi Helpdesk Halo Filkom Menggunakan Metode Human Centered Design. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14127

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...