Analisis Proses Bisnis Penjaminan Mutu Akademik Pada Universitas ABC Menggunakan Metode Quality Evaluation Framework (QEF)
Kata Kunci:
Penjaminan Mutu Akademik, Business Process Model and Notation (BPMN), Quality Evaluation Framework (QEF), Five WhysAbstrak
Mutu akademik ialah suatu pencapaian terkait tujuan pendidikan yang telah ditetapkan, kompetensi lulusan mahasiswa, hasil dari penelitian, dan layanan untuk masyarakat yang sudah ditetapkan dengan mengacu pada rencana strategis dan sesuai standar akademik. Pada Universitas ABC, proses bisnis penjaminan mutu akademik dijalankan oleh Direktorat Perencanaan, Pengembangan, dan Penjaminan Mutu (DP3M). Terdapat tiga proses bisnis pada penjaminan mutu akademik, yaitu audit mutu internal, survei kepuasan, dan survei evaluasi dosen. Saat ini, ketiga proses tersebut dirasa masih kurang efisien karena terdapat beberapa proses di dalamnya yang masih memakan waktu lebih banyak dari yang seharusnya. Untuk menggambarkan alur proses ini, dilakukan analisis dan pemodelan proses bisnis menggunakan Business Process Model and Notation (BPMN). Dari model BPMN, dilanjutkan evaluasi proses bisnis dengan menggunakan metode Quality Evaluation Framework (QEF). Didapatkan hasil 17 quality factor yang diantaranya terdapat lima quality factor yang tidak memenuhi target, yaitu Q2, Q3, Q8, Q10, dan Q16. Pada kelima quality factor tersebut, dilakukan analisis akar permasalahan menggunakan metode Five Whys.
Referensi
Badan Pusat Statistik. (20 Februari, 2023a). Jumlah Perguruan Tinggi1, Dosen, dan Mahasiswa2 (Negeri dan Swasta) di Bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Menurut Provinsi, 2022. Diakses pada 14 Januari 2024, dari https://www.bps.go.id/id/statistics-table/3/Y21kVGRHNXZVMEl3S3pCRlIyMHJRbnB1WkVZemR6MDkjMw==/jumlah-perguruan-tinggi--tenaga-pendidik-dan-mahasiswa-negeri-dan-swasta--di-bawah-kementerian-riset--teknologi-dan-pendidikan-tinggi-kementerian-pendidikan-dan-kebudayaan-menurut-provinsi--2022.html?year=2022
Badan Pusat Statistik. (20 Juli, 2023b). Jumlah Perguruan Tinggi (Negeri dan Swasta) di Bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Menurut Kabupaten/Kota, 2021 dan 2022. Diakses pada 14 Januari 2024, dari https://jatim.bps.go.id/statictable/2023/07/20/2935/jumlah-perguruan-tinggi-negeri-dan-swasta-di-bawah-kementerian-pendidikan-dan-kebudayaan-menurut-kabupaten-kota-2021-dan-2022.html
Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J., & Reijers, H. A. (2018). Fundamentals of Business Process Management. In Fundamentals of Business Process Management. Springer Berlin Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-642-33143-5
Heidari, F., & Loucopoulos, P. (2014). Quality evaluation framework (QEF): Modeling and evaluating quality of business processes. International Journal of Accounting Information Systems, 15(3), 193–223. https://doi.org/10.1016/j.accinf.2013.09.002
Rosemann, M. , & vom B. J. (2015). Handbook on Business Process Management 1. Springer.
Serrat, O. (2017). The Five Whys Technique. In Knowledge Solutions (pp. 307–310). Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-10-0983-9_32
Smit, B., & Onwuegbuzie, A. J. (2018). Observations in Qualitative Inquiry: When What You See Is Not What You See. In International Journal of Qualitative Methods (Vol. 17, Issue 1). SAGE Publications Inc. https://doi.org/10.1177/1609406918816766
Stecker, M. S. (2007). Root Cause Analysis. In Journal of Vascular and Interventional Radiology (Vol. 18, Issue 1, pp. 5–8). https://doi.org/10.1016/j.jvir.2006.10.004
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif.
Weske, M. (2007). Business Process Management.
Wibowo, E. (2011). KEBIJAKAN MUTU AKADEMIK PENDIDIKAN TINGGI. Dinamika Sains.
Yudhanto, Y. (2018). Pengantar BPMN Business Process Modeling Notation. http://rumahstudio.com.
Badan Pusat Statistik. (20 Februari, 2023a). Jumlah Perguruan Tinggi1, Dosen, dan Mahasiswa2 (Negeri dan Swasta) di Bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Menurut Provinsi, 2022. Diakses pada 14 Januari 2024, dari https://www.bps.go.id/id/statistics-table/3/Y21kVGRHNXZVMEl3S3pCRlIyMHJRbnB1WkVZemR6MDkjMw==/jumlah-perguruan-tinggi--tenaga-pendidik-dan-mahasiswa-negeri-dan-swasta--di-bawah-kementerian-riset--teknologi-dan-pendidikan-tinggi-kementerian-pendidikan-dan-kebudayaan-menurut-provinsi--2022.html?year=2022
Badan Pusat Statistik. (20 Juli, 2023b). Jumlah Perguruan Tinggi (Negeri dan Swasta) di Bawah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Menurut Kabupaten/Kota, 2021 dan 2022. Diakses pada 14 Januari 2024, dari https://jatim.bps.go.id/statictable/2023/07/20/2935/jumlah-perguruan-tinggi-negeri-dan-swasta-di-bawah-kementerian-pendidikan-dan-kebudayaan-menurut-kabupaten-kota-2021-dan-2022.html
Dumas, M., La Rosa, M., Mendling, J., & Reijers, H. A. (2018). Fundamentals of Business Process Management. In Fundamentals of Business Process Management. Springer Berlin Heidelberg. https://doi.org/10.1007/978-3-642-33143-5
Heidari, F., & Loucopoulos, P. (2014). Quality evaluation framework (QEF): Modeling and evaluating quality of business processes. International Journal of Accounting Information Systems, 15(3), 193–223. https://doi.org/10.1016/j.accinf.2013.09.002
Rosemann, M. , & vom B. J. (2015). Handbook on Business Process Management 1. Springer.
Serrat, O. (2017). The Five Whys Technique. In Knowledge Solutions (pp. 307–310). Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-10-0983-9_32
Smit, B., & Onwuegbuzie, A. J. (2018). Observations in Qualitative Inquiry: When What You See Is Not What You See. In International Journal of Qualitative Methods (Vol. 17, Issue 1). SAGE Publications Inc. https://doi.org/10.1177/1609406918816766
Stecker, M. S. (2007). Root Cause Analysis. In Journal of Vascular and Interventional Radiology (Vol. 18, Issue 1, pp. 5–8). https://doi.org/10.1016/j.jvir.2006.10.004
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif.
Weske, M. (2007). Business Process Management.
Wibowo, E. (2011). KEBIJAKAN MUTU AKADEMIK PENDIDIKAN TINGGI. Dinamika Sains.
Yudhanto, Y. (2018). Pengantar BPMN Business Process Modeling Notation. http://rumahstudio.com.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.