Pembangunan System Informasi Akademik Sekolah Berbasis Website (Studi Kasus : Sekolah Tahfidz Ibnu Mas’ud)
Kata Kunci:
System Informasi Akademik, website, waterfall, pendekatan berorientasi objekAbstrak
Sekolah Tahfidz Ibnu Mas’ud merupakan salah satu sekolah pembinaan karakter yang menyelenggarakan pendidikan setingkat sekolah dasar. Berlokasi di Kelapa Dua Tangerang dan berdiri tahun 2018, sekolah ini dikelola oleh Yayasan Bina Sahabat Qur’ani yang bergerak di bidang sosial dan keagamaan. Kegiatan manajemen akademik sekolah tahfidz ibnu mas’ud masih dilkakukan secara manual. Seperti pengumpulan data diri yang masih menggunakan kertas dan harus diketik ulang, pembuatan laporan hasil belajar siswa yang dilakukan semuanya oleh pegawai administrasi, proses pembelajaran yang menggunakan buku penghubung yang berisiko hilang sebagai portoflio tahfidz dan pengumpulan portoflio mata pelajaran dan kegiatan lain yang akan memakan banyak tempat penyimpanan, dan proses rekapitulasi data presensi yang dilakukan sebulan sekali oleh pegawai adminitrasi memiliki resiko kehilangan data, sehingga bisa memengaruhi hasil pembelajaran siswa. System informasi akademik berbasi website merupakan solusi untuk mengatasi masalah pada manajemen akademik sekolah tahfidz ibnu mas’ud. Model pengembangan waterfall dan pendekatan berorientasi objek digunakan untuk mengembangkan system. Metode pengujian system termasuk pengujian unit, integrasi, dan validasi. Pengujian unit dan integrasi dilakukan menggunakan metode uji white-box dan dilakukan pada enam sampel operasi, masing-masing dengan hasil yang valid. Pengujian validasi dilakukan dengan metode uji black-box pada 38 kebutuhan fungsional dan menghasilkan hasil yang valid.
Kata kunci: System Informasi Akademik, Website, Waterfall, pendekatan berorientasi objek
Referensi
Bassil, Y., 2012. A Simulation Model for the Waterfall. International Journal of Engineering & Technology (iJET), pp. 742-749.
Cockburn, A., 2000. Writing Effective Use Cases. 1st penyunt. Boston(MA): s.n.
Fowler, M., 2003. UML Distilled Third Edition A Brief Guide to the Standart Object Modelling Language. 3rd penyunt. Boston: Addison Wesley.
Gamma, E., Helm, R., Johnson, R. & Vlissides, J., 1994. Design Patterns: Elements of Reusable Object-Oriented Software. s.l.:Addison-Wesley.
Kurniawan, T. A., 2018. PEMODELAN USE CASE (UML): EVALUASI TERHADAP BEBERAPA KESALAHAN DALAM PRAKTIK. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), Maret, V(1), pp. 77-86.
Kurniawan, T. A., Lê, L.-S. & Priyambadha, B., 2020. Challenges in Developing Sequence Diagrams (UML). Journal of Information Technology and Computer Science, Agustus, V(2), pp. 221-234.
Marlina Eliyanti, M., November 2016. PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, III(02), pp. 207-213.
Menteri Komunikasi dan Informatika, 2016. Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatik No 20 Tahun 2016 Tentang Perlindungan Data Pribadi Dalam System Elektronik, Jakarta: s.n.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2014 Tentang Kurikulm Tingkat Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah., Jakarta: s.n.
Murach, J., 2015. Murach's MySQL. New York: Mike Murach & Assosciates, Inc..
Orr, E. & Zadik, Y., 2013. Programming With Codeigniter MVC. Brimingham: PACKT Publishing Ltd.
Pressman, R. S., 2010. Software Engineering: A Practitioner's Approach. 7th penyunt. New York: McGraw-Hill.
Rahmawati, F., 2011. Pengaruh pembelajaran Geometri dengan Pendekatan Induktif. Edumatica, I(02), pp. 74-75.
Sibero, A. F. K., 2011. Kitab Suci Web Programing. Yogyakarta: Mediakom.
Solahudin, M., Febuari 2021. Rancang Bangun System Informasi Akademik (SIAS) Berbasis Website. Journal of Computer and Information Technology, IV(2), pp. 107-113.
Sommerville, I., 2010. Software engineering. 9th ed.. 9th penyunt. London: eddison-wesley.
Subandi, V. A. &., 2019. PERSEPSI GURU TERHADAP PENERAPAN SYSTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 3 PADANG. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan , Volume 8(I), pp. 1-8.
Susanti, M., 2016. Perancangan System Informasi Akademik Berbasis Web Pada SMK Pasar Minggu Jakarta. Jurnal Informatika, III(1), pp. 91-99.
Weisfeld, M., 2008. Object Oriented Analysis and. 3rd penyunt. New York: Addison-Wesley.
Yoki Firmansyah, U., 2018. Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan System Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habi Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika, Volume 4(1), pp. 184-191.
Bassil, Y., 2012. A Simulation Model for the Waterfall. International Journal of Engineering & Technology (iJET), pp. 742-749.
Cockburn, A., 2000. Writing Effective Use Cases. 1st penyunt. Boston(MA): s.n.
Fowler, M., 2003. UML Distilled Third Edition A Brief Guide to the Standart Object Modelling Language. 3rd penyunt. Boston: Addison Wesley.
Gamma, E., Helm, R., Johnson, R. & Vlissides, J., 1994. Design Patterns: Elements of Reusable Object-Oriented Software. s.l.:Addison-Wesley.
Kurniawan, T. A., 2018. PEMODELAN USE CASE (UML): EVALUASI TERHADAP BEBERAPA KESALAHAN DALAM PRAKTIK. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), Maret, V(1), pp. 77-86.
Kurniawan, T. A., Lê, L.-S. & Priyambadha, B., 2020. Challenges in Developing Sequence Diagrams (UML). Journal of Information Technology and Computer Science, Agustus, V(2), pp. 221-234.
Marlina Eliyanti, M., November 2016. PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, III(02), pp. 207-213.
Menteri Komunikasi dan Informatika, 2016. Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatik No 20 Tahun 2016 Tentang Perlindungan Data Pribadi Dalam System Elektronik, Jakarta: s.n.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2014 Tentang Kurikulm Tingkat Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah., Jakarta: s.n.
Murach, J., 2015. Murach's MySQL. New York: Mike Murach & Assosciates, Inc..
Orr, E. & Zadik, Y., 2013. Programming With Codeigniter MVC. Brimingham: PACKT Publishing Ltd.
Pressman, R. S., 2010. Software Engineering: A Practitioner's Approach. 7th penyunt. New York: McGraw-Hill.
Rahmawati, F., 2011. Pengaruh pembelajaran Geometri dengan Pendekatan Induktif. Edumatica, I(02), pp. 74-75.
Sibero, A. F. K., 2011. Kitab Suci Web Programing. Yogyakarta: Mediakom.
Solahudin, M., Febuari 2021. Rancang Bangun System Informasi Akademik (SIAS) Berbasis Website. Journal of Computer and Information Technology, IV(2), pp. 107-113.
Sommerville, I., 2010. Software engineering. 9th ed.. 9th penyunt. London: eddison-wesley.
Subandi, V. A. &., 2019. PERSEPSI GURU TERHADAP PENERAPAN SYSTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 3 PADANG. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan , Volume 8(I), pp. 1-8.
Susanti, M., 2016. Perancangan System Informasi Akademik Berbasis Web Pada SMK Pasar Minggu Jakarta. Jurnal Informatika, III(1), pp. 91-99.
Weisfeld, M., 2008. Object Oriented Analysis and. 3rd penyunt. New York: Addison-Wesley.
Yoki Firmansyah, U., 2018. Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan System Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habi Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika, Volume 4(1), pp. 184-191.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.