Pembangunan System Informasi Akademik Sekolah Berbasis Website (Studi Kasus : Sekolah Tahfidz Ibnu Mas’ud)

Pembangunan System Informasi Akademik Sekolah Berbasis Website (Studi Kasus : Sekolah Tahfidz Ibnu Mas’ud)

Penulis

  • Syabila Nurfitriana Rahmawaty Mengupload jurnal skripsi
  • Pak tri Dosen pembimbing skripsi

Kata Kunci:

System Informasi Akademik, website, waterfall, pendekatan berorientasi objek

Abstrak

Sekolah Tahfidz Ibnu Mas’ud merupakan salah satu sekolah pembinaan karakter yang menyelenggarakan pendidikan setingkat sekolah dasar. Berlokasi di Kelapa Dua Tangerang dan berdiri tahun 2018, sekolah ini dikelola oleh Yayasan Bina Sahabat Qur’ani yang bergerak di bidang sosial dan keagamaan. Kegiatan manajemen akademik sekolah tahfidz ibnu mas’ud masih dilkakukan secara manual. Seperti pengumpulan data diri yang masih menggunakan kertas dan harus diketik ulang, pembuatan laporan hasil belajar siswa yang dilakukan semuanya oleh pegawai administrasi, proses pembelajaran yang menggunakan buku penghubung yang berisiko hilang sebagai portoflio tahfidz dan pengumpulan portoflio mata pelajaran dan kegiatan lain yang akan memakan banyak tempat penyimpanan, dan proses rekapitulasi data presensi yang dilakukan sebulan sekali oleh pegawai adminitrasi memiliki resiko kehilangan data, sehingga bisa memengaruhi hasil pembelajaran siswa. System informasi akademik berbasi website merupakan solusi untuk mengatasi masalah pada manajemen akademik sekolah tahfidz ibnu mas’ud. Model pengembangan waterfall dan pendekatan berorientasi objek digunakan untuk mengembangkan system. Metode pengujian system termasuk pengujian unit, integrasi, dan validasi. Pengujian unit dan integrasi dilakukan menggunakan metode uji white-box dan dilakukan pada enam sampel operasi, masing-masing dengan hasil yang valid. Pengujian validasi dilakukan dengan metode uji black-box pada 38 kebutuhan fungsional dan menghasilkan hasil yang valid.

Kata kunci: System Informasi Akademik, Website, Waterfall, pendekatan berorientasi objek

Biografi Penulis

Pak tri, Dosen pembimbing skripsi

Tri Astoto Kurniawan lahir di Blitar, Jawa Timur. Pendidikan menengahnya diselesaikan di SMPN 5 dan SMAN 3, keduanya di Malang. Pendidikan sarjana (S1) bidang Sistem Tenaga Listrik diselesaikan di Jurusan Teknik Elektro, Universitas Brawijaya pada tahun 1995. Selanjutnya, pendidikan magister (S2) bidang Real Time Software Engineering diselesaikan di Jurusan Teknik Informatika, Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 2000, melalui beasiswa dari PT. Industri Pesawat Terbang Nusantara (IPTN) Bandung. Sedangkan pendidikan doktor (S3) bidang Software Engineering diselesaikan di School of Computer Science and Software Engineering, University of Wollongong, Australia pada tahun 2014, melalui beasiswa dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional RI. Selanjutnya, pendidikan profesi insinyur (Ir) bidang Teknik Elektro dan Informatika diselesaikan di Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada (UGM) pada tahun 2022. Sebelum bergabung dengan Universitas Brawijaya sebagai dosen, karir sebagai praktisi pernah dijalaninya selama beberapa tahun di PT. Dirgantara Indonesia (PT. DI, dahulu bernama PT. IPTN) Bandung. Aircraft Lightning Test Engineer adalah karir awal yang dijalaninya pada tahun 1996 – 1997. Selanjutnya, pada 1997 beliau dipromosikan sebagai Software Engineer (Analyst), bersamaan dengan rencana pengembangan pesawat jet N2130 di PT. IPTN pada saat itu. Pada akhirnya, mulai akhir tahun 2003, beliau bergabung sebagai dosen di Universitas Brawijaya Malang hingga saat ini.

Referensi

Bassil, Y., 2012. A Simulation Model for the Waterfall. International Journal of Engineering & Technology (iJET), pp. 742-749.

Cockburn, A., 2000. Writing Effective Use Cases. 1st penyunt. Boston(MA): s.n.

Fowler, M., 2003. UML Distilled Third Edition A Brief Guide to the Standart Object Modelling Language. 3rd penyunt. Boston: Addison Wesley.

Gamma, E., Helm, R., Johnson, R. & Vlissides, J., 1994. Design Patterns: Elements of Reusable Object-Oriented Software. s.l.:Addison-Wesley.

Kurniawan, T. A., 2018. PEMODELAN USE CASE (UML): EVALUASI TERHADAP BEBERAPA KESALAHAN DALAM PRAKTIK. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), Maret, V(1), pp. 77-86.

Kurniawan, T. A., Lê, L.-S. & Priyambadha, B., 2020. Challenges in Developing Sequence Diagrams (UML). Journal of Information Technology and Computer Science, Agustus, V(2), pp. 221-234.

Marlina Eliyanti, M., November 2016. PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DAN PENGEMBANGAN BAHAN AJAR. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, III(02), pp. 207-213.

Menteri Komunikasi dan Informatika, 2016. Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatik No 20 Tahun 2016 Tentang Perlindungan Data Pribadi Dalam System Elektronik, Jakarta: s.n.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2014 Tentang Kurikulm Tingkat Satuan Pendidikan Pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah., Jakarta: s.n.

Murach, J., 2015. Murach's MySQL. New York: Mike Murach & Assosciates, Inc..

Orr, E. & Zadik, Y., 2013. Programming With Codeigniter MVC. Brimingham: PACKT Publishing Ltd.

Pressman, R. S., 2010. Software Engineering: A Practitioner's Approach. 7th penyunt. New York: McGraw-Hill.

Rahmawati, F., 2011. Pengaruh pembelajaran Geometri dengan Pendekatan Induktif. Edumatica, I(02), pp. 74-75.

Sibero, A. F. K., 2011. Kitab Suci Web Programing. Yogyakarta: Mediakom.

Solahudin, M., Febuari 2021. Rancang Bangun System Informasi Akademik (SIAS) Berbasis Website. Journal of Computer and Information Technology, IV(2), pp. 107-113.

Sommerville, I., 2010. Software engineering. 9th ed.. 9th penyunt. London: eddison-wesley.

Subandi, V. A. &., 2019. PERSEPSI GURU TERHADAP PENERAPAN SYSTEM INFORMASI MANAJEMEN AKADEMIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) NEGERI 3 PADANG. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan , Volume 8(I), pp. 1-8.

Susanti, M., 2016. Perancangan System Informasi Akademik Berbasis Web Pada SMK Pasar Minggu Jakarta. Jurnal Informatika, III(1), pp. 91-99.

Weisfeld, M., 2008. Object Oriented Analysis and. 3rd penyunt. New York: Addison-Wesley.

Yoki Firmansyah, U., 2018. Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan System Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habi Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Jurnal Teknologi & Manajemen Informatika, Volume 4(1), pp. 184-191.

Unduhan

Diterbitkan

22 Agu 2024

Cara Mengutip

Nurfitriana Rahmawaty, S., & Astoto Kurniawan, T. (2024). Pembangunan System Informasi Akademik Sekolah Berbasis Website (Studi Kasus : Sekolah Tahfidz Ibnu Mas’ud). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14152

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...