Kajian Pengalaman Mahasiswa Terhadap Learning Management System (LMS) “ELING” Di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya

Kajian Pengalaman Mahasiswa Terhadap Learning Management System (LMS) “ELING” Di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya

Penulis

  • Ruth Aulia Herawati penulis
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra Penerjemah
  • Khalid Rahman Penerjemah

Kata Kunci:

ELING, Pembelajaran Online dan offline, analisis tematik, Focus Group Disscusion, motivasi

Abstrak

ELING, sebuah e-learning berbasis web, telah menjadi bagian dari sistem informasi akademik Fakultas Ilmu Komputer. Penelitian kualitatif deskriptif dilakukan untuk menggali dan mengeksplorasi pengalaman mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dalam menggunakan Learning Management System (LMS) Eling serta motivasi belajar mahasiswa. Serta memaparkan bagaimana perbedaan motivasi belajar mahasiswa saat pembelajaran online dan offline. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian dilaporkan dengan kalimat yang diperoleh dari pengumpulan data dan telah di olah serta dianalisis secara tematik. Pengambilan data dengan wawancara individu serta kelompok (Focus Group Disscusion) kemudian data diubah menjadi bentuk koding yang menghasilkan beberapa thema yang di temukan menunjukan pengalaman serta motivasi mahasiswa dalam belajar menggunakan Eling. Fitur website Eling membantu dalam memotivasi mahasiswa dalam belajar dan kendala yang muncul seperti server down serta hal yang tidak efektif pada system website yang mempengaruhi motivasi dalam belajar. Pembelajaran secara tatap muka lebih efektif dan efisien dalam menambah motivasi mahasiswa dalam belajar dengan adanya pihak eksternal seperti Dosen menambah minat dan mempermudah mahasiswa dalam belajar.

Referensi

Fadli, M. R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1).

https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Hasica, M. I., Isyanto, P., & Yani, D. (2023). PENGARUH MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA SEKERTARIAT DPRD KABUPATEN KARAWANG. JURNAL ECONOMINA, 2(7), 1535–1545. https://doi.org/10.55681/economina.v2i7.625

Heriyanto. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva. 2. 317. 10.14710/anuva.2.3.317-324.

Magdalena, I., Andriyanto, A., & Refaldi, R. R. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whatsapp sebagai Solusi di Tengah Penyebaran Covid-19 di SDN Gembong 1. AS-SABIQUN, 2(2), 1-16. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i2.998

Mahpur, M. (2017). Memantapkan Analisis Data Kualitatif Melalui Tahapan Koding . 170110 Psychological Methodology, Design and Analysis, 1-2.

Nurillahwaty, E. (2022). PERAN TEKNOLOGI DALAM DUNIA PENDIDIKAN . PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN , 81-82.

Salsabila, U., Ilmi, M., Aisyah, S., Nurfadila, N., & Saputra, R. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Disrupsi. Journal on Education, 3(01), 104-112. https://doi.org/10.31004/joe.v3i01.348

Website Eling,2020 Diambil dari : Portal Kampus Daring FILKOM (ub.ac.id)

Unduhan

Diterbitkan

26 Agu 2024

Cara Mengutip

Herawati, R. A., Az-Zahra, H. M. ., & Rahman, K. . (2024). Kajian Pengalaman Mahasiswa Terhadap Learning Management System (LMS) “ELING” Di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(9). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14154

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...