Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Mobile Banking Menggunakan Metode UX Curve (Studi Kasus: JConnect Mobile)
Kata Kunci:
mobile banking, UX Curve, pengalaman pengguna jangka panjang, arah kurva, alasan perubahan, user satisfaction and recommendationAbstrak
Bank Jawa Timur adalah bank daerah di Indonesia yang dikelola oleh pemerintah provinsi Jawa Timur. Salah satu bentuk inovasi dari Bank Jatim adalah diluncurkannya aplikasi JConnect Mobile. Pembaruan aplikasi atau update setelah adanya branding digital di ulang tahun Bank Jatim yang ke 62 pada tahun 2021 memengaruhi pengalaman pengguna selama menggunakan aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan menganalisis pengalaman pengguna jangka panjang menggunakan metode UX Curve. Pengumpulan data dari 14 responden didapatkan sejumlah 70 kurva dengan 14 kurva pada masing-masing sudut pandang. Dari total 70 kurva keseluruhan, 32 kurva mengalami improving, 16 kurva mengalami stable dan 22 kurva mengalami deteriorating. Untuk alasan yang diberikan responden pada saat menggambar kurva, sudut pandang General UX mengahasilkan rata-rata 7,6, Attractiveness menghasilkan rata-rata 7,3, Ease of Use menghasilkan rata-rata 6,1, Utility menghasilkan rata-rata 5,7, Degree of Usage menghasilkan rata-rata 4,8. Keterkaitannya dengan user satisfaction and recommendation adalah JConnect Mobile sudah dapat dikatakan baik bagi penggunanya namun pertanyaan tentang rekomendasi menghasilkan skor 3,5 dari 7 yang artinya responden merasa ragu-ragu apabila harus merekomendasikan aplikasi JConnect Mobile ini kepada kerabat mereka.
Referensi
Daiva. 2023. Mobile Banking Adalah : Pengertian, Fitur, dan Contohnya. [Online] Tersedia di : <https://universalbpr.co.id/blog/mobile-banking-adalah/> [Diakses 21 Agustus 2023]
Feng, L., & Wei, W. (2019). An empirical study on user experience evaluation and identification of critical UX issues. Sustainability, 11(8), 2432.
Hassenzahl, M. (2001). The Effect of Perceived Hedonic Quality on Product Appealingness.
Hassenzahl, M. (2003). The Thing and I: Understanding The Relationship between User and Product.
ISO FDIS 9241-210:2010. Ergonomics of human system interaction – Part 210: Human-centered design for interactive systems (formerly known as 13407). [Online] Tersedia di : <https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:9241:-210:ed-1:v1:en/> [Diakses 20 Agustus 2023]
Karapanos, E., Zimmerman, J., Forlizzi, J., & Martens, J. B. (2009, April). User experience over time: an initial framework. In Proceedings of the SIGCHI conference on human factors in computing systems (pp. 729-738).
Karapanos, E., Zimmerman, J., Forlizzi, J., & Martens, J. B. (2010). Measuring the dynamics of remembered experience over time. Interacting with Computers, 22(5), 328-335.
Kujala, Sari, Virpi Roto, Kaisa Väänänen-Vainio-Mattila, Evangelos Karapanos, et al. (2011). “UX Curve: A method for evaluating long-term user experience.” Interacting with Computers, vol. 23, no. 5, Elsevier B.V., , hal. 473–83.
Kujala, S., Roto, V., Väänänen, K., & Sinnelä, A., (2011). Identifying hedonic factors in long-term user experience. DPPI.
Norman, D., & Nielsen, J. (2016). The definition of user experience (UX). Nielsen Norman Group Publication, 1, 2-1. [online] Tersedia di: <https://www.nngroup.com/articles/definition-user-experience/> [Diakses 18 Agustus 2023]
Putri, A. R., & Susanto, R. (n.d.). Penerapan M-Banking Dalam Meningkatkan Jasa Dan Layanan Perbankan Di PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat Cabang Siteba.
Singh Rajul. (2011). UX Curve: A Method for Evaluating Long-Term User Experience. [Online] Tersedia di <https://medium.com/@rajulsingh/ux-curve-a-method-for-evaluating-long-term-user-experience-cc5e0e146c6d> diakses pada [20 Agustus 2023]
Hassenzahl, M., & Tractinsky, N. (2011). User experience-a research agenda User experience–a research agenda.
Turner, D. P. (2020). Sampling Methods in Research Design. Headache, 60, 8-12.
Daiva. 2023. Mobile Banking Adalah : Pengertian, Fitur, dan Contohnya. [Online] Tersedia di : <https://universalbpr.co.id/blog/mobile-banking-adalah/> [Diakses 21 Agustus 2023]
Feng, L., & Wei, W. (2019). An empirical study on user experience evaluation and identification of critical UX issues. Sustainability, 11(8), 2432.
Hassenzahl, M. (2001). The Effect of Perceived Hedonic Quality on Product Appealingness.
Hassenzahl, M. (2003). The Thing and I: Understanding The Relationship between User and Product.
ISO FDIS 9241-210:2010. Ergonomics of human system interaction – Part 210: Human-centered design for interactive systems (formerly known as 13407). [Online] Tersedia di : <https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:9241:-210:ed-1:v1:en/> [Diakses 20 Agustus 2023]
Karapanos, E., Zimmerman, J., Forlizzi, J., & Martens, J. B. (2009, April). User experience over time: an initial framework. In Proceedings of the SIGCHI conference on human factors in computing systems (pp. 729-738).
Karapanos, E., Zimmerman, J., Forlizzi, J., & Martens, J. B. (2010). Measuring the dynamics of remembered experience over time. Interacting with Computers, 22(5), 328-335.
Kujala, Sari, Virpi Roto, Kaisa Väänänen-Vainio-Mattila, Evangelos Karapanos, et al. (2011). “UX Curve: A method for evaluating long-term user experience.” Interacting with Computers, vol. 23, no. 5, Elsevier B.V., , hal. 473–83.
Kujala, S., Roto, V., Väänänen, K., & Sinnelä, A., (2011). Identifying hedonic factors in long-term user experience. DPPI.
Norman, D., & Nielsen, J. (2016). The definition of user experience (UX). Nielsen Norman Group Publication, 1, 2-1. [online] Tersedia di: <https://www.nngroup.com/articles/definition-user-experience/> [Diakses 18 Agustus 2023]
Putri, A. R., & Susanto, R. (n.d.). Penerapan M-Banking Dalam Meningkatkan Jasa Dan Layanan Perbankan Di PT. Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat Cabang Siteba.
Singh Rajul. (2011). UX Curve: A Method for Evaluating Long-Term User Experience. [Online] Tersedia di <https://medium.com/@rajulsingh/ux-curve-a-method-for-evaluating-long-term-user-experience-cc5e0e146c6d> diakses pada [20 Agustus 2023]
Hassenzahl, M., & Tractinsky, N. (2011). User experience-a research agenda User experience–a research agenda.
Turner, D. P. (2020). Sampling Methods in Research Design. Headache, 60, 8-12.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.