Analisis Kualitas Layanan Website Brawijaya Online Learning (BRONE) Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Importance-Performance Analysis
Kata Kunci:
WEBQUAL, Importance-Performance Analysis, BRONEAbstrak
Website Brawijaya Online Learning (BRONE), merupakan Learning Management System (LMS) terbaru yang diperkenalkan oleh Universitas Brawijaya sejak semester ganjil tahun ajaran 2023/2024 untuk meningkatkan proses pembelajaran. Tujuannya adalah untuk meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan kualitas pendidikan secara keseluruhan. BRONE belum pernah dinilai kualitasnya. Oleh karena itu, untuk mendukung tujuannya yaitu meningkatkan kualitas pembelajaran, dilakukan analisis kualitas layanan BRONE menggunakan metode Webqual 4.0. Metode ini mengevaluasi tiga variabel utama: kegunaan (usability), kualitas informasi (information quality), dan kualitas interaksi layanan (service interaction quality), melalui kuesioner dengan 22 indikator yang disebar kepada 100 mahasiswa Universitas Brawijaya yang pernah menggunakan BRONE. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan Analisis Importance-Performance (IPA), yang mencakup analisis kesesuaian, kesenjangan, dan analisis kuadran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun kualitas layanan BRONE sudah cukup baik, namun masih belum mencapai harapan pengguna. Atribut-atribut situs web dikelompokkan dalam kuadran yang menjadi prioritas perlu diperbaiki, area yang berkinerja baik dan perlu dipertahankan, yang memerlukan perbaikan namun tidak mendesak, serta atribut yang berlebihan. Peneliti merekomendasikan peningkatan di masa depan bagi pengembang BRONE berdasarkan kendala yang teridentifikasi dan masukan dari pengguna. Rekomendasi tersebut mencakup optimalisasi kapasitas server, penyelidikan bug pada website yang dapat mengakibatkan masalah pengumpulan tugas.
Referensi
Al-Ajlan, A. and Zedan, H., 2008, October. Why moodle. In 2008 12th IEEE International Workshop on Future Trends of Distributed Computing Systems (pp. 58-64). IEEE.
Anniss, M., 2014. What Is a Website and How Do I Use It?. Britannica Educational Publishing.
Apriliani, D., Fikry, M. and Hutajulu, M.J., 2020. Analisa Metode Webqual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA) Pada Kualitas Situs Detik. com. J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), 8(1), pp.34-45.
Arey, D.S. and Sanjaya, R., 2021. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi MyARS Menggunakan Metode Webqual 4.0. J-ICON: Jurnal Komputer dan Informatika, 9(2), pp.214-222.
Arief, M. H., Aryadita, H. dan Az-Zahra, H. M. (2018) “Pengukuran Kualitas Website Filkom Apps Mahasiswa Universitas Brawijaya Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance and Performance Analysis (IPA)”, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(1), hlm. 685–694. Tersedia pada: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4195 (Diakses: 28 Maret 2024).
Aziz, N.S., Sulaiman, N.S., Hassan, W.N.I.T.M., Zakaria, N.L. and Yaacob, A., 2021, May. A review of website measurement for website usability evaluation. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1874, No. 1, p. 012045). IOP Publishing.
Barnes, S.J. and Vidgen, R.T., 2001, January. Assessing the quality of auction web sites. In Proceedings of the 34th annual Hawaii international conference on system sciences (pp. 10-pp). IEEE.
Brandl, K., 2005. Review of are you ready to" Moodle"?.
Dewi, K.K., Githa, D.P. dan Mandenni, N.M.I.M., 2023. Pengukuran Kualitas E-Learning LMS Moodle dengan Metode PIECES Framework dan Equivalence Partitioning. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 3(6), pp.1234-1243.
Farrell, M. J., Az-Zahra, H. M. dan Rokhmawati, R. I. (2021) “Analisis Kualitas Website Portal Berita Dan Opini Mojok.Co Menggunakan Webqual 4.0 Dan Importance-Performance Analysis”, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(7), hlm. 3036–3045. Tersedia pada: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9469 (Diakses: 20 Maret 2024).
Jundillah, M.L., Suseno, J.E. and Surarso, B., 2019. Evaluation of e-learning websites using the Webqual method and importance performance analysis. In E3S Web of Conferences (Vol. 125, p. 24001). EDP Sciences.
Kasim, N.N.M. and Khalid, F., 2016. Choosing the right learning management system (LMS) for the higher education institution context: A systematic review. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 11(6).
Laverda, E.R., 2024. Analisis Kualitas Situs dribble.com menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). S1. Universitas Brawijaya.
Loiacono, E.T., Watson, R.T. and Goodhue, D.L., 2002. WebQual: A measure of website quality. Marketing theory and applications, 13(3), pp.432-438.
Martilla, J.A. and James, J.C., 1977. Importance-performance analysis. Journal of marketing, 41(1), pp.77-79.
Napitupulu, D.B., 2016. Evaluasi kualitas website universitas XYZ dengan pendekatan webqual [Evaluation of XYZ university website quality based on Webqual approach]. Buletin Pos dan Telekomunikasi, 14(1), pp.51-64
Oh, H., 2001. Revisiting importance–performance analysis. Tourism management, 22(6), pp.617-627.
Putranti, A.D.A.D., Herlambang, A.D. dan Saputra, M.C., 2019. Kualitas dan Kesuksesan Implementasi Layanan E-Learning Berbasis Moodle dengan Menggunakan Expectation-Confirmation Model dan Delone and Mclean's Model. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(1), pp.90-99.
Salamah, I., Lindawati, L., Fadhli, M. and Kusumanto, R.D., 2020. Evaluasi Pengukuran Website Learning Management System Polsri Dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Digit: Digital of Information Technology, 10(1), pp.1-10.
Soetikno, Y.J.W., Layuk, N.S., Patasik, M., Wahyuni, S. and Mambu, J.Y., 2021, October. E-Learning Vs Google Classroom using WebQual 4.0 Modification: Quality of Learning Services During COVID-19 Pandemic. In 2021 3rd International Conference on Cybernetics and Intelligent System (ICORIS) (pp. 1-7). IEEE.
Yusup, F., 2018. Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).
Al-Ajlan, A. and Zedan, H., 2008, October. Why moodle. In 2008 12th IEEE International Workshop on Future Trends of Distributed Computing Systems (pp. 58-64). IEEE.
Anniss, M., 2014. What Is a Website and How Do I Use It?. Britannica Educational Publishing.
Apriliani, D., Fikry, M. and Hutajulu, M.J., 2020. Analisa Metode Webqual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA) Pada Kualitas Situs Detik. com. J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), 8(1), pp.34-45.
Arey, D.S. and Sanjaya, R., 2021. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi MyARS Menggunakan Metode Webqual 4.0. J-ICON: Jurnal Komputer dan Informatika, 9(2), pp.214-222.
Arief, M. H., Aryadita, H. dan Az-Zahra, H. M. (2018) “Pengukuran Kualitas Website Filkom Apps Mahasiswa Universitas Brawijaya Dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance and Performance Analysis (IPA)”, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(1), hlm. 685–694. Tersedia pada: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/4195 (Diakses: 28 Maret 2024).
Aziz, N.S., Sulaiman, N.S., Hassan, W.N.I.T.M., Zakaria, N.L. and Yaacob, A., 2021, May. A review of website measurement for website usability evaluation. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1874, No. 1, p. 012045). IOP Publishing.
Barnes, S.J. and Vidgen, R.T., 2001, January. Assessing the quality of auction web sites. In Proceedings of the 34th annual Hawaii international conference on system sciences (pp. 10-pp). IEEE.
Brandl, K., 2005. Review of are you ready to" Moodle"?.
Dewi, K.K., Githa, D.P. dan Mandenni, N.M.I.M., 2023. Pengukuran Kualitas E-Learning LMS Moodle dengan Metode PIECES Framework dan Equivalence Partitioning. KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, 3(6), pp.1234-1243.
Farrell, M. J., Az-Zahra, H. M. dan Rokhmawati, R. I. (2021) “Analisis Kualitas Website Portal Berita Dan Opini Mojok.Co Menggunakan Webqual 4.0 Dan Importance-Performance Analysis”, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 5(7), hlm. 3036–3045. Tersedia pada: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/9469 (Diakses: 20 Maret 2024).
Jundillah, M.L., Suseno, J.E. and Surarso, B., 2019. Evaluation of e-learning websites using the Webqual method and importance performance analysis. In E3S Web of Conferences (Vol. 125, p. 24001). EDP Sciences.
Kasim, N.N.M. and Khalid, F., 2016. Choosing the right learning management system (LMS) for the higher education institution context: A systematic review. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 11(6).
Laverda, E.R., 2024. Analisis Kualitas Situs dribble.com menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). S1. Universitas Brawijaya.
Loiacono, E.T., Watson, R.T. and Goodhue, D.L., 2002. WebQual: A measure of website quality. Marketing theory and applications, 13(3), pp.432-438.
Martilla, J.A. and James, J.C., 1977. Importance-performance analysis. Journal of marketing, 41(1), pp.77-79.
Napitupulu, D.B., 2016. Evaluasi kualitas website universitas XYZ dengan pendekatan webqual [Evaluation of XYZ university website quality based on Webqual approach]. Buletin Pos dan Telekomunikasi, 14(1), pp.51-64
Oh, H., 2001. Revisiting importance–performance analysis. Tourism management, 22(6), pp.617-627.
Putranti, A.D.A.D., Herlambang, A.D. dan Saputra, M.C., 2019. Kualitas dan Kesuksesan Implementasi Layanan E-Learning Berbasis Moodle dengan Menggunakan Expectation-Confirmation Model dan Delone and Mclean's Model. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 3(1), pp.90-99.
Salamah, I., Lindawati, L., Fadhli, M. and Kusumanto, R.D., 2020. Evaluasi Pengukuran Website Learning Management System Polsri Dengan Metode Webqual 4.0. Jurnal Digit: Digital of Information Technology, 10(1), pp.1-10.
Soetikno, Y.J.W., Layuk, N.S., Patasik, M., Wahyuni, S. and Mambu, J.Y., 2021, October. E-Learning Vs Google Classroom using WebQual 4.0 Modification: Quality of Learning Services During COVID-19 Pandemic. In 2021 3rd International Conference on Cybernetics and Intelligent System (ICORIS) (pp. 1-7). IEEE.
Yusup, F., 2018. Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.