Perancangan User Experience Aplikasi Pengingat Untuk Kedaluwarsa Makanan Berbasis Android
Kata Kunci:
kedaluwarsa, aplikasi pengingat, design thinking, user experience, usability testingAbstrak
Masyarakat sering menyimpan makanan dan minuman dalam jumlah besar, namun sering lupa bahwa produk tersebut memiliki batas waktu konsumsi. Produk yang melewati tanggal kedaluwarsa harus dibuang karena tidak layak konsumsi, dan perilaku membuang makanan dan minuman yang tidak termakan karena terlanjur kedaluwarsa ini termasuk dalam isu food waste. Food waste berdampak buruk bagi lingkungan karena makanan yang membusuk menghasilkan karbon dioksida dalam jumlah besar. Penelitian ini bertujuan merancang aplikasi pengingat kedaluwarsa makanan berbasis android sebagai alternatif media pengingat masyarakat agar bisa mengonsumsi produknya sebelum kedaluwarsa. Metode design thinking digunakan untuk merancang solusi desain aplikasi yang sesuai dengan permasalahan pengguna. Pengujian desain dilakukan untuk mengetahui pengalaman pengguna dan mendapatkan umpan balik. Metode design thinking menghasilkan high-fidelity prototype yang diuji dengan Usability Testing. Aspek efektivitas mendapatkan nilai 91,25%, aspek efisiensi 0,034 goals/detik (setiap tugas selesai dalam 29,41 detik), dan aspek kepuasan (menggunakan SUS) mendapatkan nilai 83 dengan tingkat kepuasan B (Excellent). Pengujian menunjukkan bahwa desain aplikasi memberikan pengalaman pengguna yang memuaskan.
Referensi
apps.apple.com. (2021). https://apps.apple.com/us/app/fridgely/ii988016972
Auliasari, R. P., Tolle, H., & Priharsari, D. (2021). Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Peserta Event Berbasis Sistem Dengan Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : Dilo Malang). 5(5), 2548–2964. http://j-ptiik.ub.ac.id
Fariyanto, F., & Ulum, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 52–60. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSJ
Farr-Wharton, G., Choi, J. H.-J., & Foth, M. (2014). Food talks back. 352–361. https://doi.org/10.1145/2686612.2686626
Handayani, F. S., & Adelin, A. (2019). Interpretasi Pengujian Usabilitas Wibatara Menggunakan System Usability Scale. Techno.Com, 18(4), 340–347. https://doi.org/10.33633/tc.v18i4.2882
Hermanto, S. K. (2020). Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Makanan Tanpa Tanggal Kadaluarsa. Jurnal Surya Kencana Satu : Dinamika Masalah Hukum Dan Keadilan, 10(2), 165. https://doi.org/10.32493/jdmhkdmhk.v11i2.5465
Makalalag, A. H., Ekawardhani, Y. A., Valentina, T., & Gaol, L. (2021a). User Interface/User Experience Design for Mobile-Based Project Management Application Using Design Thinking Approach. International Journal of Education, Information Technology and Others (IJEIT), 4(2), 269–274. https://doi.org/10.5281/zenodo.5055185
play.google.com. (2021). https://play.google.com/store/apps/detaide?id=com.peytu.bestbefore&hl=ee&gl=US
Qonita, M. (2020). Perbedaan Food Loss dan Food Waste dan Cara Kita Menghindarinya Related Post. https://waste4change.com/blog/food-loss-waste/ [Diakses Mei 2024].
Ramadhan, A., & Fardaniah, R. (2021). Penelitian ungkap penyebab “Food waste” di Indonesia tinggi. https://www.antaranews.com/berita/2453397/penelitian-ungkap-penyebab-food-waste-di-indonesia-tinggi [Diakses Mei 2024].
Seaman, M., 2015. The Right Number of User Interviews. [Online] Available at: https://medium.com/@mitchelseaman/the-right-number-of-user-interviews-de11c7815d9 [Diakses Juni 2024].
Supriyatna, A. (2019). PENERAPAN USABILITY TESTING UNTUK PENGUKURAN TINGKAT KEBERGUNAAN WEB MEDIA OF KNOWLEDGE. Teknois : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Sains, 8(1). https://doi.org/10.36350/jbs.v8i1.17
Utami, S. F. (2019). Apa Perbedaan Food Loss dan Food Waste? Zero Waste Indonesia. https://zerowaste.id/zero-waste-lifestyle/perbedaan-food-loss-dan-food-waste/ [Diakses Mei 2024].
Wardani, S., Darmawiguna, I. G. M., & Sugihartini, N. (2019). Usability Testing Sesuai Dengan ISO 9241-11 Pada Sistem Informasi Program Pengalaman Lapangan Universitas Pendidikan Ganesha Ditinjau Dari Pengguna Mahasiswa. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 8(2). https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18400
apps.apple.com. (2021). https://apps.apple.com/us/app/fridgely/ii988016972
Auliasari, R. P., Tolle, H., & Priharsari, D. (2021). Perancangan User Experience Aplikasi Mobile Peserta Event Berbasis Sistem Dengan Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : Dilo Malang). 5(5), 2548–2964. http://j-ptiik.ub.ac.id
Fariyanto, F., & Ulum, F. (2021). Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi (JTSI), 2(2), 52–60. http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/JTSJ
Farr-Wharton, G., Choi, J. H.-J., & Foth, M. (2014). Food talks back. 352–361. https://doi.org/10.1145/2686612.2686626
Handayani, F. S., & Adelin, A. (2019). Interpretasi Pengujian Usabilitas Wibatara Menggunakan System Usability Scale. Techno.Com, 18(4), 340–347. https://doi.org/10.33633/tc.v18i4.2882
Hermanto, S. K. (2020). Tanggung Jawab Pelaku Usaha Terhadap Makanan Tanpa Tanggal Kadaluarsa. Jurnal Surya Kencana Satu : Dinamika Masalah Hukum Dan Keadilan, 10(2), 165. https://doi.org/10.32493/jdmhkdmhk.v11i2.5465
Makalalag, A. H., Ekawardhani, Y. A., Valentina, T., & Gaol, L. (2021a). User Interface/User Experience Design for Mobile-Based Project Management Application Using Design Thinking Approach. International Journal of Education, Information Technology and Others (IJEIT), 4(2), 269–274. https://doi.org/10.5281/zenodo.5055185
play.google.com. (2021). https://play.google.com/store/apps/detaide?id=com.peytu.bestbefore&hl=ee&gl=US
Qonita, M. (2020). Perbedaan Food Loss dan Food Waste dan Cara Kita Menghindarinya Related Post. https://waste4change.com/blog/food-loss-waste/ [Diakses Mei 2024].
Ramadhan, A., & Fardaniah, R. (2021). Penelitian ungkap penyebab “Food waste” di Indonesia tinggi. https://www.antaranews.com/berita/2453397/penelitian-ungkap-penyebab-food-waste-di-indonesia-tinggi [Diakses Mei 2024].
Seaman, M., 2015. The Right Number of User Interviews. [Online] Available at: https://medium.com/@mitchelseaman/the-right-number-of-user-interviews-de11c7815d9 [Diakses Juni 2024].
Supriyatna, A. (2019). PENERAPAN USABILITY TESTING UNTUK PENGUKURAN TINGKAT KEBERGUNAAN WEB MEDIA OF KNOWLEDGE. Teknois : Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Sains, 8(1). https://doi.org/10.36350/jbs.v8i1.17
Utami, S. F. (2019). Apa Perbedaan Food Loss dan Food Waste? Zero Waste Indonesia. https://zerowaste.id/zero-waste-lifestyle/perbedaan-food-loss-dan-food-waste/ [Diakses Mei 2024].
Wardani, S., Darmawiguna, I. G. M., & Sugihartini, N. (2019). Usability Testing Sesuai Dengan ISO 9241-11 Pada Sistem Informasi Program Pengalaman Lapangan Universitas Pendidikan Ganesha Ditinjau Dari Pengguna Mahasiswa. Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 8(2). https://doi.org/10.23887/karmapati.v8i2.18400
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.