Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna Aplikasi Investasi Bibit Dan Ajaib Dengan Metode User Experience Questionnaire (UEQ)
Abstrak
Perkembangan teknologi telah mengubah pola investasi masyarakat Indonesia, dengan munculnya berbagai aplikasi investasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan membandingkan pengalaman pengguna pada dua aplikasi investasi digital populer, Bibit dan Ajaib, di Lowokwaru, Kota Malang. Metode User Experience Questionnaire (UEQ) digunakan untuk mengukur enam variabel pengalaman pengguna, yaitu attractiveness, perspicuity, efficiency, dependability, stimulation, dan novelty. Sampel penelitian terdiri dari 50 responden pengguna kedua aplikasi. Data dikumpulkan melalui kuesioner UEQ dan dianalisis menggunakan UEQ Data Analysis Tools. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bibit memperoleh evaluasi positif pada semua variabel, dengan dependability dan novelty berada dalam kategori sangat baik. Variabel perspicuity dan efficiency termasuk dalam kategori baik, sementara attractiveness dan stimulation berada di atas rata-rata. Ajaib mendapatkan evaluasi positif pada lima variabel, dengan attractiveness, perspicuity, dan efficiency dalam kategori baik. Variabel stimulation dan novelty berada di atas rata-rata, namun dependability masih di bawah rata-rata. Variabel novelty pada Ajaib memerlukan peningkatan karena masih mendapat hasil evaluasi netral. Perbandingan kedua aplikasi menunjukkan Bibit unggul dalam efficiency, dependability, dan novelty, sementara Ajaib unggul dalam attractiveness, perspicuity, dan stimulation. Perbedaan paling signifikan terlihat pada variabel novelty dan dependability. Penelitian ini memberikan wawasan berharga bagi pengembang aplikasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Bagi Bibit, fokus peningkatan dapat diarahkan pada aspek stimulation. Sementara itu, Ajaib perlu memprioritaskan peningkatan pada aspek dependability dan novelty. Bagi pengguna, hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan dalam memilih platform investasi digital yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Kata kunci: Pengalaman Pengguna, User Experience Questionnaire, Aplikasi Investasi Digital, Bibit, Ajaib
Referensi
Martin Schrepp, Andreas Hinderks, & Jörg Thomaschewski. (2017). Construction of a Benchmark for the User Experience Questionnaire (UEQ). International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, Vol.4(o.4), 40-44. http://www.ijimai.org/journal/sites/default/files/files/2016/12/ijimai20174_4_5_pdf_94297.pdf
Schrepp, M. (2021). User Experience Questionnaires: How to Use Questionnaires to Measure the User Experience of Your Products? Amazon Digital Services LLC - KDP Print US. https://www.ueq-online.org/Material/Handbook.pdf
Norman, D. dan Nielsen, J., 2012. The Definition of User Experience (UX). [online] Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/definition-userexperience/.
Tullis, T., Tullis, T., Albert, B., & Albert, W. (2013). Measuring the User Experience: Collecting, Analyzing, and Presenting Usability Metrics. Elsevier Science.
Adji, K. K., & Nuryana, I. K. D. (2023). Implementasi PIECES Framework Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Investasi Reksa Dana Bibit. (Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, Vol.04(No.01), 82-90. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/51273
Paramitha, I. I., Dantes, G. R., & Indrawan, G. (2017). The Evaluation of Web Based Academic Progress Information System Using Heuristic Evaluation and User Experience Questionnaire (UEQ). 2018 Third International Conference on Informatics and Computing (ICIC), -(1-6). https://www.researchgate.net/publication/334857825_The_Evaluation_of_Web_Based_Academic_Progress_Information_System_Using_Heuristic_Evaluation_and_User_Experience_Questionnaire_UEQ
Andrea, J. A., & Suroso, J. S. (2022). Analisis Faktor-Fator yang Mempengaruhi Penggunaan Aplikasi Investasi Reksadana Online pada Generasi Millenial dan Generasi Z. Information Technology Engineering Journals, Vol.7(No.1), 32-52. https://syekhnurjati.ac.id/journal/index.php/itej
Campos, P., Graham, N., Jorge, J., Nunes, N., Palanque, P., & Winckler, M. (Eds.). (2011). Human-Computer Interaction -- INTERACT 2011: 13th IFIP TC 13 International Conference, Lisbon, Portugal, September 5-9, 2011, Proceedings, Part IV. IFIP International Federation for Information Processing. https://doi.org/10.1007/978-3-642-23768-3_129
Griscipta Yosefanita, Hanggara, B. T., & Rokhmawati, R. I. (2022). ANALISIS PERBANDINGAN PENGALAMAN PENGGUNA PADA APLIKASI INVESTASI DENGAN MENGGUNAKAN UX CURVE (STUDI PADA BIBIT DAN AJAIB). Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), Vol.9(No.7), 1589-1596. https://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/6749/pdf
Lina Affifatusholihah, Putri, S. I., & Hanun, D. I. (2021). ANALISIS FAKTOR YANG MEMEPENGARUHI PENGGUNAAN APLIKASI INVESTASI DIGITAL. ISSN, 16(No.3), 6583-6592. https://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/1306/pdf
Investor Pasar Modal Didominasi Milenial. (2021, December 13). Databoks. Retrieved March 1, 2024, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/13/investor-pasar-modal-didominasi-milenial
Rauschenberger, M., Medien-Systempartner, M. S. P., Schrepp, M., Ag, S. A. P., Cota, M. P., & Olschner, S., 2013. Efficient Measurement of the User Experience of Interactive Products . How to use the User Experience Questionnaire ( UEQ ). https://doi.org/10.9781/ijimai.2013.215
Didominasi Milenial dan Gen Z, Jumlah Investor Saham Tembus 4 Juta. (2022, July 9). KSEI. https://www.ksei.co.id/files/uploads/press_releases/press_file/id-id/208_berita_pers_didominasi_milenial_dan_gen_z_jumlah_investor_saham_tembus_4_juta_20220725182203.pdf
Díaz-Oreiro, I., López, G., Quesada, L., & Guerrero, L. (2019a). Standardized Questionnaires for User Experience Evaluation: A Systematic Literature Review. Proceedings 2019, Vol. 31, Page 14, 31(1), 14. https://doi.org/10.3390/proceedings2019031014
Hinderks, A., Schrepp, M., Domínguez Mayo, F. J., Escalona, M. J., & Thomaschewski, J. (2019). Developing a UX KPI based on the user experience questionnaire. Computer Standards and Interfaces, 65, 38–44. https://doi.org/10.1016/j.csi.2019.01.007
Monk, A., Wright, P., Haber, J., Davenport, L., 1993, Improving Your Human-Computer Interface, Prentice-Hall, A Practical Technique (Bcs Practitioner).
Sewindu Putro, Kusrini, & Kurniawan, M. P. (2019). Penerapan Metode UEQ dan Cooperative Evaluation untuk Mengevaluasi User Experience Lapor Bantul. Citec Journal, 6(1), 27-37. https://citec.amikom.ac.id/main/index.php/citec/article/view/242
Martin Schrepp, Andreas Hinderks, & Jörg Thomaschewski. (2017). Construction of a Benchmark for the User Experience Questionnaire (UEQ). International Journal of Interactive Multimedia and Artificial Intelligence, Vol.4(o.4), 40-44. http://www.ijimai.org/journal/sites/default/files/files/2016/12/ijimai20174_4_5_pdf_94297.pdf
Schrepp, M. (2021). User Experience Questionnaires: How to Use Questionnaires to Measure the User Experience of Your Products? Amazon Digital Services LLC - KDP Print US. https://www.ueq-online.org/Material/Handbook.pdf
Norman, D. dan Nielsen, J., 2012. The Definition of User Experience (UX). [online] Nielsen Norman Group. https://www.nngroup.com/articles/definition-userexperience/.
Tullis, T., Tullis, T., Albert, B., & Albert, W. (2013). Measuring the User Experience: Collecting, Analyzing, and Presenting Usability Metrics. Elsevier Science.
Adji, K. K., & Nuryana, I. K. D. (2023). Implementasi PIECES Framework Terhadap Kepuasan Pengguna Aplikasi Investasi Reksa Dana Bibit. (Journal of Emerging Information Systems and Business Intelligence, Vol.04(No.01), 82-90. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/51273
Paramitha, I. I., Dantes, G. R., & Indrawan, G. (2017). The Evaluation of Web Based Academic Progress Information System Using Heuristic Evaluation and User Experience Questionnaire (UEQ). 2018 Third International Conference on Informatics and Computing (ICIC), -(1-6). https://www.researchgate.net/publication/334857825_The_Evaluation_of_Web_Based_Academic_Progress_Information_System_Using_Heuristic_Evaluation_and_User_Experience_Questionnaire_UEQ
Andrea, J. A., & Suroso, J. S. (2022). Analisis Faktor-Fator yang Mempengaruhi Penggunaan Aplikasi Investasi Reksadana Online pada Generasi Millenial dan Generasi Z. Information Technology Engineering Journals, Vol.7(No.1), 32-52. https://syekhnurjati.ac.id/journal/index.php/itej
Campos, P., Graham, N., Jorge, J., Nunes, N., Palanque, P., & Winckler, M. (Eds.). (2011). Human-Computer Interaction -- INTERACT 2011: 13th IFIP TC 13 International Conference, Lisbon, Portugal, September 5-9, 2011, Proceedings, Part IV. IFIP International Federation for Information Processing. https://doi.org/10.1007/978-3-642-23768-3_129
Griscipta Yosefanita, Hanggara, B. T., & Rokhmawati, R. I. (2022). ANALISIS PERBANDINGAN PENGALAMAN PENGGUNA PADA APLIKASI INVESTASI DENGAN MENGGUNAKAN UX CURVE (STUDI PADA BIBIT DAN AJAIB). Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK), Vol.9(No.7), 1589-1596. https://jtiik.ub.ac.id/index.php/jtiik/article/view/6749/pdf
Lina Affifatusholihah, Putri, S. I., & Hanun, D. I. (2021). ANALISIS FAKTOR YANG MEMEPENGARUHI PENGGUNAAN APLIKASI INVESTASI DIGITAL. ISSN, 16(No.3), 6583-6592. https://ejurnal.binawakya.or.id/index.php/MBI/article/view/1306/pdf
Investor Pasar Modal Didominasi Milenial. (2021, December 13). Databoks. Retrieved March 1, 2024, from https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/13/investor-pasar-modal-didominasi-milenial
Rauschenberger, M., Medien-Systempartner, M. S. P., Schrepp, M., Ag, S. A. P., Cota, M. P., & Olschner, S., 2013. Efficient Measurement of the User Experience of Interactive Products . How to use the User Experience Questionnaire ( UEQ ). https://doi.org/10.9781/ijimai.2013.215
Didominasi Milenial dan Gen Z, Jumlah Investor Saham Tembus 4 Juta. (2022, July 9). KSEI. https://www.ksei.co.id/files/uploads/press_releases/press_file/id-id/208_berita_pers_didominasi_milenial_dan_gen_z_jumlah_investor_saham_tembus_4_juta_20220725182203.pdf
Díaz-Oreiro, I., López, G., Quesada, L., & Guerrero, L. (2019a). Standardized Questionnaires for User Experience Evaluation: A Systematic Literature Review. Proceedings 2019, Vol. 31, Page 14, 31(1), 14. https://doi.org/10.3390/proceedings2019031014
Hinderks, A., Schrepp, M., Domínguez Mayo, F. J., Escalona, M. J., & Thomaschewski, J. (2019). Developing a UX KPI based on the user experience questionnaire. Computer Standards and Interfaces, 65, 38–44. https://doi.org/10.1016/j.csi.2019.01.007
Monk, A., Wright, P., Haber, J., Davenport, L., 1993, Improving Your Human-Computer Interface, Prentice-Hall, A Practical Technique (Bcs Practitioner).
Sewindu Putro, Kusrini, & Kurniawan, M. P. (2019). Penerapan Metode UEQ dan Cooperative Evaluation untuk Mengevaluasi User Experience Lapor Bantul. Citec Journal, 6(1), 27-37. https://citec.amikom.ac.id/main/index.php/citec/article/view/242
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.