Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi 2 Dimensi untuk Mata Kuliah Evaluasi Pengalaman dan Antarmuka Pengguna Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya dengan Model Pengembangan ADDIE

Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi 2 Dimensi untuk Mata Kuliah Evaluasi Pengalaman dan Antarmuka Pengguna Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya dengan Model Pengembangan ADDIE

Penulis

  • Ilham Ramadhan Universitas Brawijaya
  • Retno Indah Rokhmawati
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra

Kata Kunci:

video pembelajaran, ADDIE, animasi 2 dimensi, media pembelajaran, motion graphic

Abstrak

Dalam hal menyajikan informasi kepada siswa, video pembelajaran adalah salah satu pilihan yang paling menarik dan efisien. Dalam penelitian ini, kami akan menggunakan paradigma pengembangan ADDIE untuk membuat materi pedagogi video animasi dua dimensi untuk kelas Evaluasi Pengalaman Pengguna dan Antarmuka di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Penelitian dan pengembangan (R&D) adalah pendekatan penelitian yang digunakan, yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari validasi ahli dan pengujian lapangan menunjukkan validitas dan kegunaan dari media pembelajaran yang dihasilkan. Pemahaman mahasiswa terhadap konten mata kuliah diantisipasi dapat ditingkatkan dengan penggunaan media pembelajaran ini. Dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank, kami menemukan bahwa ada perbedaan yang signifikan secara statistik (p = 0,0115) antara skor pre-test dan post-test, yang mengindikasikan bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi secara positif oleh penggabungan materi pembelajaran video motion graphic.

Unduhan

Diterbitkan

04 Nov 2024

Cara Mengutip

Ramadhan, I., Indah Rokhmawati, R., & Muslimah Az-Zahra, H. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi 2 Dimensi untuk Mata Kuliah Evaluasi Pengalaman dan Antarmuka Pengguna Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya dengan Model Pengembangan ADDIE. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(10). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14223

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...