Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi 2 Dimensi untuk Mata Kuliah Evaluasi Pengalaman dan Antarmuka Pengguna Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya dengan Model Pengembangan ADDIE
Kata Kunci:
video pembelajaran, ADDIE, animasi 2 dimensi, media pembelajaran, motion graphicAbstrak
Dalam hal menyajikan informasi kepada siswa, video pembelajaran adalah salah satu pilihan yang paling menarik dan efisien. Dalam penelitian ini, kami akan menggunakan paradigma pengembangan ADDIE untuk membuat materi pedagogi video animasi dua dimensi untuk kelas Evaluasi Pengalaman Pengguna dan Antarmuka di Fakultas Ilmu Komputer Universitas Brawijaya. Penelitian dan pengembangan (R&D) adalah pendekatan penelitian yang digunakan, yang terdiri dari lima tahap: analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Hasil dari validasi ahli dan pengujian lapangan menunjukkan validitas dan kegunaan dari media pembelajaran yang dihasilkan. Pemahaman mahasiswa terhadap konten mata kuliah diantisipasi dapat ditingkatkan dengan penggunaan media pembelajaran ini. Dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank, kami menemukan bahwa ada perbedaan yang signifikan secara statistik (p = 0,0115) antara skor pre-test dan post-test, yang mengindikasikan bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi secara positif oleh penggabungan materi pembelajaran video motion graphic.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.