Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Fitur Mobile Order Pada Aplikasi Starbucks Indonesia Berdasarkan Perspektif Pengguna Menggunakan Model Kesuksesan Delone dan McLean

Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Fitur Mobile Order Pada Aplikasi Starbucks Indonesia Berdasarkan Perspektif Pengguna Menggunakan Model Kesuksesan Delone dan McLean

Penulis

  • Davala Safa Universitas Brawijaya
  • Intan Sartika Eris Maghfiroh Universitas Brawijaya
  • Himawat Aryadita Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Fitur mobile order starbucks indonesia, , kesuksesan sistem informasi Delone dan McLean, generalized linear model

Abstrak

Naskah ini akan diterbitkan di SENTRIN 2024

Referensi

Akdon, & Riduwan. (2013). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: CV Alfabeta.

Alpian, A., & Nurlinda, R. A. (2023). The Influence of System Quality, Information Quality, and Service Quality on User Satisfaction Through Use in The Blibli Marketplace. Asian Journal of Engineering, Social and Health, 2(3), 188-204.

Andriyanto, D., Said, F., Titiani, F., & Erni, E. (2021). Analisis Kesuksesan Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) Menggunakan Model Delone and McLean. Paradigma, 23(1).

Ansori, A. (2016). Digitalisasi ekonomi syariah. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1).

Arta, P. M. C., Bagus, D. A. A. N., Dodik, A., & Bambang, S. H. (2021). ‘Factor analysis of the net benefits of accounting information systems with system use and user satisfaction as mediating variables. Eurasia: Economics&Business, 1(43), 34-48.

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (1992). Information systems success: The quest for the dependent variable. Information systems research, 3(1), 60-95.

DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: a ten-year update. Journal of management information systems, 19(4), 9-30.

Erwin & Wijaya, A. (2019). Penggunaan Model DeLone Dan McLean Dalam Mengukur Kesuksesan Aplikasi Go-Jek Di Palembang. JuSiTik: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Komunikasi, 3(1), 9-17.

Fahry, M., Gregorius, D., Borroek, M. R., & Feranika, A. (2023). Analisis Kesuksesan Aplikasi Maxim di Kota Jambi Menggunakan Delone and McLean. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(2), 538-547.

Hajjar, S. T. (2018). Statistical analysis: Internal-consistency reliability and construct validity. International Journal of Quantitative and Qualitative Research Methods, 6(1), 27-38.

Hidayati, N., & Ramdhani, Y. (2020). Analisis Penerimaan dan Penggunaan Aplikasi Gojek Menggunakan Model UTAUT. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 1(1), 85-95

Iskandar, A., & Amriani, T. N. (2021). Determinant analysis of the net benefits of the use of sakti: User satisfaction mediation. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(2).

Jiwa Group, 2022. Jiwa Group Raih Penghargaan Merek Bergengsi Dunia. [online] Tersedia di: https://jiwagroup.com/id/whaton/detail/63/JiwaGroupRaih PenghargaanMerekBergengsiDunia [Diakses 11 Juli 2024]

Kadang, B. A., & Santoso, A. J. (2023). Analisis Faktor Kesuksesan Fitur Tiktok Shop Pada Aplikasi Tiktok Menggunakan Model Delone dan McLean. Jurnal Informatika Atma Jogja, 4(2), 139-146.

Kim, Y. J., Garrity, E. J., & Sanders, G. L. (2002). Success Measures of Information Systems. Encyclopedia of Information Systems, Volume Four

Kopi Kenangan, 2022. Pencapaian kenangan brands Tahun 2021, Menjadi Perusahaan new retail F&B unicorn pertama di asia tenggara, Kopi Kenangan. [online] tersedia di: https://kopikenangan.com/news/pencapaian-kenangan-brands-tahun-2021-menjadi-perusahaan-new-retail-fampb- unicorn-pertama-di-asia-tenggara [Diakses 11 Juli 2024]

MacCarthy, B.L., Zhang, L. and Muyldermans, L. (2019). Best performance frontiers for buy-online-pickup-in-store order fulfilment. International Journal of Production Economics, 211, pp.251-264.

Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya uji asumsi klasik pada analisis regresi linier berganda (studi kasus penyusunan persamaan allometrik kenari muda [canarium indicum l.]). BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333-342.

Maulidi, R. (2016). Analisis Kesukssan Penerapan Sistem Informasi Pada Sistem Informasi Terpadu Tamziz (ICS 1RO1) Real Time Online. Universitas Islam Indonesia.

Nusandari, K. D., Widayanti, R., Achmad, Y. F., Azizah, A. H., & Santoso, N. A. (2022). Analisis Kesuksesan Pengguna Tangerang Live menggunakan Information System Success Model (ISSM). Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 1(1), 77-88

Pitafi, A. H., & Ali, A. (2023). An empirical investigation on actual usage of educational app: Based on quality dimensions and mobile self-efficacy. Heliyon, 9(9).

Petter, S., DeLone, W., & McLean, E. (2008). Measuring information systems success: models, dimensions, measures, and interrelationships. European journal of information systems, 17, 236-263.

Rahayu, F. S., Apriliyanto, R., & Putro, Y. S. P. W. (2018). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Kemahasiswaan (SIKMA) dengan Pendekatan Model DeLone dan McLean. Indonesian Journal of Information Systems, 1(1), 34-46.

Rahmawati, C. K., & Fianto, B. A. (2020). Analisis Deskriptif Pada Dimensi Kualitas Layanan Mobile Banking (M-Banking) Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(6), 1118-1127.

Satriyono, G., Rukmini, M., SR, E. P., & Kristina, N. D. (2022). Analisa Kepuasan Pengguna Shopeepaylater Menggunakan Model Delone & McLean. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(5), 2849-2854.

Santi, V. M., & Wiyono, A. (2021). Pemodelan Jumlah Kasus Malaria di Indonesia Menggunakan Generalized Linear Model. Jurnal Statistika dan Aplikasinya, 5(1), 112-120.

Shen, X.L., Li, Y.J., Sun, Y. and Wang, N. (2018). Channel integration quality, perceived fluency and omnichannel service usage: The moderating roles of internal and external usage experience. Decision Support Systems, 109, pp.61-73.

Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). Perkembangan teknologi informasi terhadap peningkatan bisnis online. HIRARKI: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 71-75.

Solehah, A. A., & Kuswanto, A. (2023). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Yang Dimediasi Oleh E-Trust Pada Aplikasi Starbucks ID di Indonesia. Cakrawala Repositori IMWI, 6(1), 232-245.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta

Valeriani, D., Wibawa, D. P., Safitri, R., & Apriyadi, R. (2022). Wellness Tourism Model in Recovery Sector Tourism in Belitung during the New Normal Period. TRJ Tourism Research Journal, 6(2), 171-186.

Wara, L. S., Kalangi, L., & Gamaliel, H. (2021). Pengujian Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan McLean pada Sistem Aplikasi Pemeriksaan (SIAP) di Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara. JURNAL RISET AKUNTANSI DAN AUDITING" GOODWILL", 12(1), 1-15.

Wijaya, N., & Rahmayanti, P. (2023). The role of innovation capability in mediation of COVID-19 risk perception and entrepreneurship orientation to business performance. Uncertain Supply Chain Management, 11(1), 227-236.

Diterbitkan

18 Nov 2024

Cara Mengutip

Safa, D., Intan Sartika Eris Maghfiroh, & Himawat Aryadita. (2024). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Fitur Mobile Order Pada Aplikasi Starbucks Indonesia Berdasarkan Perspektif Pengguna Menggunakan Model Kesuksesan Delone dan McLean. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(13). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14231
Loading...