Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Fitur Mobile Order Pada Aplikasi Starbucks Indonesia Berdasarkan Perspektif Pengguna Menggunakan Model Kesuksesan Delone dan McLean
Kata Kunci:
Fitur mobile order starbucks indonesia, , kesuksesan sistem informasi Delone dan McLean, generalized linear modelAbstrak
Naskah ini akan diterbitkan di SENTRIN 2024
Referensi
Akdon, & Riduwan. (2013). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: CV Alfabeta.
Alpian, A., & Nurlinda, R. A. (2023). The Influence of System Quality, Information Quality, and Service Quality on User Satisfaction Through Use in The Blibli Marketplace. Asian Journal of Engineering, Social and Health, 2(3), 188-204.
Andriyanto, D., Said, F., Titiani, F., & Erni, E. (2021). Analisis Kesuksesan Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) Menggunakan Model Delone and McLean. Paradigma, 23(1).
Ansori, A. (2016). Digitalisasi ekonomi syariah. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1).
Arta, P. M. C., Bagus, D. A. A. N., Dodik, A., & Bambang, S. H. (2021). ‘Factor analysis of the net benefits of accounting information systems with system use and user satisfaction as mediating variables. Eurasia: Economics&Business, 1(43), 34-48.
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (1992). Information systems success: The quest for the dependent variable. Information systems research, 3(1), 60-95.
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: a ten-year update. Journal of management information systems, 19(4), 9-30.
Erwin & Wijaya, A. (2019). Penggunaan Model DeLone Dan McLean Dalam Mengukur Kesuksesan Aplikasi Go-Jek Di Palembang. JuSiTik: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Komunikasi, 3(1), 9-17.
Fahry, M., Gregorius, D., Borroek, M. R., & Feranika, A. (2023). Analisis Kesuksesan Aplikasi Maxim di Kota Jambi Menggunakan Delone and McLean. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(2), 538-547.
Hajjar, S. T. (2018). Statistical analysis: Internal-consistency reliability and construct validity. International Journal of Quantitative and Qualitative Research Methods, 6(1), 27-38.
Hidayati, N., & Ramdhani, Y. (2020). Analisis Penerimaan dan Penggunaan Aplikasi Gojek Menggunakan Model UTAUT. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 1(1), 85-95
Iskandar, A., & Amriani, T. N. (2021). Determinant analysis of the net benefits of the use of sakti: User satisfaction mediation. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(2).
Jiwa Group, 2022. Jiwa Group Raih Penghargaan Merek Bergengsi Dunia. [online] Tersedia di: https://jiwagroup.com/id/whaton/detail/63/JiwaGroupRaih PenghargaanMerekBergengsiDunia [Diakses 11 Juli 2024]
Kadang, B. A., & Santoso, A. J. (2023). Analisis Faktor Kesuksesan Fitur Tiktok Shop Pada Aplikasi Tiktok Menggunakan Model Delone dan McLean. Jurnal Informatika Atma Jogja, 4(2), 139-146.
Kim, Y. J., Garrity, E. J., & Sanders, G. L. (2002). Success Measures of Information Systems. Encyclopedia of Information Systems, Volume Four
Kopi Kenangan, 2022. Pencapaian kenangan brands Tahun 2021, Menjadi Perusahaan new retail F&B unicorn pertama di asia tenggara, Kopi Kenangan. [online] tersedia di: https://kopikenangan.com/news/pencapaian-kenangan-brands-tahun-2021-menjadi-perusahaan-new-retail-fampb- unicorn-pertama-di-asia-tenggara [Diakses 11 Juli 2024]
MacCarthy, B.L., Zhang, L. and Muyldermans, L. (2019). Best performance frontiers for buy-online-pickup-in-store order fulfilment. International Journal of Production Economics, 211, pp.251-264.
Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya uji asumsi klasik pada analisis regresi linier berganda (studi kasus penyusunan persamaan allometrik kenari muda [canarium indicum l.]). BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333-342.
Maulidi, R. (2016). Analisis Kesukssan Penerapan Sistem Informasi Pada Sistem Informasi Terpadu Tamziz (ICS 1RO1) Real Time Online. Universitas Islam Indonesia.
Nusandari, K. D., Widayanti, R., Achmad, Y. F., Azizah, A. H., & Santoso, N. A. (2022). Analisis Kesuksesan Pengguna Tangerang Live menggunakan Information System Success Model (ISSM). Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 1(1), 77-88
Pitafi, A. H., & Ali, A. (2023). An empirical investigation on actual usage of educational app: Based on quality dimensions and mobile self-efficacy. Heliyon, 9(9).
Petter, S., DeLone, W., & McLean, E. (2008). Measuring information systems success: models, dimensions, measures, and interrelationships. European journal of information systems, 17, 236-263.
Rahayu, F. S., Apriliyanto, R., & Putro, Y. S. P. W. (2018). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Kemahasiswaan (SIKMA) dengan Pendekatan Model DeLone dan McLean. Indonesian Journal of Information Systems, 1(1), 34-46.
Rahmawati, C. K., & Fianto, B. A. (2020). Analisis Deskriptif Pada Dimensi Kualitas Layanan Mobile Banking (M-Banking) Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(6), 1118-1127.
Satriyono, G., Rukmini, M., SR, E. P., & Kristina, N. D. (2022). Analisa Kepuasan Pengguna Shopeepaylater Menggunakan Model Delone & McLean. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(5), 2849-2854.
Santi, V. M., & Wiyono, A. (2021). Pemodelan Jumlah Kasus Malaria di Indonesia Menggunakan Generalized Linear Model. Jurnal Statistika dan Aplikasinya, 5(1), 112-120.
Shen, X.L., Li, Y.J., Sun, Y. and Wang, N. (2018). Channel integration quality, perceived fluency and omnichannel service usage: The moderating roles of internal and external usage experience. Decision Support Systems, 109, pp.61-73.
Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). Perkembangan teknologi informasi terhadap peningkatan bisnis online. HIRARKI: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 71-75.
Solehah, A. A., & Kuswanto, A. (2023). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Yang Dimediasi Oleh E-Trust Pada Aplikasi Starbucks ID di Indonesia. Cakrawala Repositori IMWI, 6(1), 232-245.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta
Valeriani, D., Wibawa, D. P., Safitri, R., & Apriyadi, R. (2022). Wellness Tourism Model in Recovery Sector Tourism in Belitung during the New Normal Period. TRJ Tourism Research Journal, 6(2), 171-186.
Wara, L. S., Kalangi, L., & Gamaliel, H. (2021). Pengujian Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan McLean pada Sistem Aplikasi Pemeriksaan (SIAP) di Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara. JURNAL RISET AKUNTANSI DAN AUDITING" GOODWILL", 12(1), 1-15.
Wijaya, N., & Rahmayanti, P. (2023). The role of innovation capability in mediation of COVID-19 risk perception and entrepreneurship orientation to business performance. Uncertain Supply Chain Management, 11(1), 227-236.
Akdon, & Riduwan. (2013). Rumus dan Data Dalam Analisis Statistika. Bandung: CV Alfabeta.
Alpian, A., & Nurlinda, R. A. (2023). The Influence of System Quality, Information Quality, and Service Quality on User Satisfaction Through Use in The Blibli Marketplace. Asian Journal of Engineering, Social and Health, 2(3), 188-204.
Andriyanto, D., Said, F., Titiani, F., & Erni, E. (2021). Analisis Kesuksesan Aplikasi Jakarta Kini (JAKI) Menggunakan Model Delone and McLean. Paradigma, 23(1).
Ansori, A. (2016). Digitalisasi ekonomi syariah. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 7(1).
Arta, P. M. C., Bagus, D. A. A. N., Dodik, A., & Bambang, S. H. (2021). ‘Factor analysis of the net benefits of accounting information systems with system use and user satisfaction as mediating variables. Eurasia: Economics&Business, 1(43), 34-48.
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (1992). Information systems success: The quest for the dependent variable. Information systems research, 3(1), 60-95.
DeLone, W. H., & McLean, E. R. (2003). The DeLone and McLean model of information systems success: a ten-year update. Journal of management information systems, 19(4), 9-30.
Erwin & Wijaya, A. (2019). Penggunaan Model DeLone Dan McLean Dalam Mengukur Kesuksesan Aplikasi Go-Jek Di Palembang. JuSiTik: Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi Komunikasi, 3(1), 9-17.
Fahry, M., Gregorius, D., Borroek, M. R., & Feranika, A. (2023). Analisis Kesuksesan Aplikasi Maxim di Kota Jambi Menggunakan Delone and McLean. Journal of Trends Economics and Accounting Research, 4(2), 538-547.
Hajjar, S. T. (2018). Statistical analysis: Internal-consistency reliability and construct validity. International Journal of Quantitative and Qualitative Research Methods, 6(1), 27-38.
Hidayati, N., & Ramdhani, Y. (2020). Analisis Penerimaan dan Penggunaan Aplikasi Gojek Menggunakan Model UTAUT. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 1(1), 85-95
Iskandar, A., & Amriani, T. N. (2021). Determinant analysis of the net benefits of the use of sakti: User satisfaction mediation. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 5(2).
Jiwa Group, 2022. Jiwa Group Raih Penghargaan Merek Bergengsi Dunia. [online] Tersedia di: https://jiwagroup.com/id/whaton/detail/63/JiwaGroupRaih PenghargaanMerekBergengsiDunia [Diakses 11 Juli 2024]
Kadang, B. A., & Santoso, A. J. (2023). Analisis Faktor Kesuksesan Fitur Tiktok Shop Pada Aplikasi Tiktok Menggunakan Model Delone dan McLean. Jurnal Informatika Atma Jogja, 4(2), 139-146.
Kim, Y. J., Garrity, E. J., & Sanders, G. L. (2002). Success Measures of Information Systems. Encyclopedia of Information Systems, Volume Four
Kopi Kenangan, 2022. Pencapaian kenangan brands Tahun 2021, Menjadi Perusahaan new retail F&B unicorn pertama di asia tenggara, Kopi Kenangan. [online] tersedia di: https://kopikenangan.com/news/pencapaian-kenangan-brands-tahun-2021-menjadi-perusahaan-new-retail-fampb- unicorn-pertama-di-asia-tenggara [Diakses 11 Juli 2024]
MacCarthy, B.L., Zhang, L. and Muyldermans, L. (2019). Best performance frontiers for buy-online-pickup-in-store order fulfilment. International Journal of Production Economics, 211, pp.251-264.
Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya uji asumsi klasik pada analisis regresi linier berganda (studi kasus penyusunan persamaan allometrik kenari muda [canarium indicum l.]). BAREKENG: Jurnal Ilmu Matematika Dan Terapan, 14(3), 333-342.
Maulidi, R. (2016). Analisis Kesukssan Penerapan Sistem Informasi Pada Sistem Informasi Terpadu Tamziz (ICS 1RO1) Real Time Online. Universitas Islam Indonesia.
Nusandari, K. D., Widayanti, R., Achmad, Y. F., Azizah, A. H., & Santoso, N. A. (2022). Analisis Kesuksesan Pengguna Tangerang Live menggunakan Information System Success Model (ISSM). Jurnal MENTARI: Manajemen, Pendidikan dan Teknologi Informasi, 1(1), 77-88
Pitafi, A. H., & Ali, A. (2023). An empirical investigation on actual usage of educational app: Based on quality dimensions and mobile self-efficacy. Heliyon, 9(9).
Petter, S., DeLone, W., & McLean, E. (2008). Measuring information systems success: models, dimensions, measures, and interrelationships. European journal of information systems, 17, 236-263.
Rahayu, F. S., Apriliyanto, R., & Putro, Y. S. P. W. (2018). Analisis Kesuksesan Sistem Informasi Kemahasiswaan (SIKMA) dengan Pendekatan Model DeLone dan McLean. Indonesian Journal of Information Systems, 1(1), 34-46.
Rahmawati, C. K., & Fianto, B. A. (2020). Analisis Deskriptif Pada Dimensi Kualitas Layanan Mobile Banking (M-Banking) Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 7(6), 1118-1127.
Satriyono, G., Rukmini, M., SR, E. P., & Kristina, N. D. (2022). Analisa Kepuasan Pengguna Shopeepaylater Menggunakan Model Delone & McLean. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(5), 2849-2854.
Santi, V. M., & Wiyono, A. (2021). Pemodelan Jumlah Kasus Malaria di Indonesia Menggunakan Generalized Linear Model. Jurnal Statistika dan Aplikasinya, 5(1), 112-120.
Shen, X.L., Li, Y.J., Sun, Y. and Wang, N. (2018). Channel integration quality, perceived fluency and omnichannel service usage: The moderating roles of internal and external usage experience. Decision Support Systems, 109, pp.61-73.
Siregar, L. Y., & Nasution, M. I. P. (2020). Perkembangan teknologi informasi terhadap peningkatan bisnis online. HIRARKI: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 71-75.
Solehah, A. A., & Kuswanto, A. (2023). Pengaruh E-Service Quality Terhadap E-Satisfaction Yang Dimediasi Oleh E-Trust Pada Aplikasi Starbucks ID di Indonesia. Cakrawala Repositori IMWI, 6(1), 232-245.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta
Valeriani, D., Wibawa, D. P., Safitri, R., & Apriyadi, R. (2022). Wellness Tourism Model in Recovery Sector Tourism in Belitung during the New Normal Period. TRJ Tourism Research Journal, 6(2), 171-186.
Wara, L. S., Kalangi, L., & Gamaliel, H. (2021). Pengujian Model Kesuksesan Sistem Informasi Delone dan McLean pada Sistem Aplikasi Pemeriksaan (SIAP) di Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Utara. JURNAL RISET AKUNTANSI DAN AUDITING" GOODWILL", 12(1), 1-15.
Wijaya, N., & Rahmayanti, P. (2023). The role of innovation capability in mediation of COVID-19 risk perception and entrepreneurship orientation to business performance. Uncertain Supply Chain Management, 11(1), 227-236.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.