Studi Empiris Penerapan Heuristic Principles of Design Pada Aplikasi Bimo Filkom Ub Dengan Metode Eksperimen

Studi Empiris Penerapan Heuristic Principles of Design Pada Aplikasi Bimo Filkom Ub Dengan Metode Eksperimen

Penulis

  • Muhammad Zaki Universitas Brawijaya - FILKOM
  • Agi Putra
  • Lutfi Fanani

Kata Kunci:

heuristic principle of design, BIMO FILKOM UB, UI/UX, evaluasi website, prototipe

Abstrak

Penelitian ini mengevaluasi platform website BIMO FILKOM UB dengan menerapkan prinsip-prinsip Heuristic Evaluation atau Heuristic Principles of Design untuk meningkatkan pengalaman pengguna (UX). Prinsip-prinsip ini, yang dikembangkan oleh Jakob Nielsen, mencakup sepuluh prinsip kegunaan yang bertujuan mengidentifikasi serta memperbaiki masalah dalam desain. Evaluasi mengungkapkan beberapa kelemahan pada desain BIMO, seperti kurangnya detail pada fitur rancangan mata kuliah, ketidakkonsistenan desain, dan kurangnya sistem pencegahan kesalahan. Untuk mengatasi masalah ini, peneliti mengembangkan prototipe desain baru berdasarkan analisis heuristic. Eksperimen terdiri dari beberapa tahap: analisis kekurangan desain, eksperimen desain, uji coba dengan mahasiswa FILKOM UB, analisis hasil uji coba, serta tahap perbaikan dan validasi desain. Hasil uji coba menunjukkan bahwa desain baru yang dikembangkan berdasarkan prinsip heuristic lebih ramah pengguna dan meningkatkan kepuasan pengguna. Evaluasi dengan metode heuristic principles of design menunjukkan bahwa tiga dari empat hipotesis terkait waktu penyelesaian tugas, jumlah kesalahan, dan kepuasan menunjukkan peningkatan signifikan pada desain baru dibandingkan desain asli, sementara hipotesis tingkat keberhasilan tidak menunjukkan perbedaan signifikan. Penerapan rekomendasi berbasis prinsip heuristic design diharapkan meningkatkan pengalaman pengguna BIMO FILKOM UB, mendukung proses bimbingan akademik yang lebih efektif dan efisien. Penelitian ini juga memberi kontribusi penting bagi pengembangan UX/UI aplikasi pendidikan di masa depan.

Referensi

Adusumilli, Bhavani, and Mohammad Amin Bahrami. “Usability Methods and Attributes Reported in Usability Studies of Mobile Apps for Health Care Education: Protocol for a Scoping Review.” NCBI, 4 August 2020, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7435642/. Accessed 31 July 2024.

Advernesia. “Pengertian Microsoft Excel dan Fungsinya.” Pengertian Microsoft Excel dan Fungsinya, advernesia, Maret 2018, https://www.advernesia.com/blog/microsoft-excel/microsoft-excel-adalah/#:~:text=Pengertian%20Microsoft%20Excel%20adalah%20sebuah%20program%20atau%20aplikasi,terdiri%20dari%

Aprilia, Putri. “Perbedaan UI dan UX Beserta Contohnya (Lengkap!).” Niagahoster, NIAGAHOSTER, 3 May 2020, https://www.niagahoster.co.id/blog/perbedaan-ui-dan-ux/. Accessed 31 July 2024.

Babich, Nick. “What You Should Know About User Experience Design.” what-is-ux-design, adobe, 24 Nov 2020, https://xd.adobe.com/ideas/career-tips/what-is-ux-design/. Accessed 22 March 2024.

Bobbitt, Zach. “When to Use a Chi-Square Test (With Examples).” Statology, 11 February 2021, https://www.statology.org/when-to-use-chi-square-test/. Accessed 17 July 2024.

Cho, Hwayoung. “Assessing the Usability of a Clinical Decision Support System: Heuristic Evaluation.” NCBI, 10 Mei 2022, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC9090311/. Accessed 31 July 2024.

DeRome, Jennifer. “What is User Experience?” 2022. UserTesting, https://www.usertesting.com/blog/what-is-user-experience. Accessed 7 March 2024.

Firdausi, Siti Khadijah Azzukhruf. “7 Prinsip Desain User Interface untuk UX Terbaik, Lengkap!” dibimbing, 21 October 2023, https://dibimbing.id/blog/detail/prinsip-desain-ui-untuk-ciptakan-pengalaman-maksimal. Accessed 31 July 2024.

Frost, Jim. “Paired T Test: Definition & When to Use It.” Statistics By Jim, 2021, https://statisticsbyjim.com/hypothesis-testing/paired-t-test/. Accessed 26 March 2024.

H., Rina. “Pengertian Statistika Inferensial, Macam Metode, dan Contohnya.” Penelitian Ilmiah, Penelitian Ilmiah, 14 October 2023, https://penelitianilmiah.com/statistika-inferensial/. Accessed 31 July 2024.

Heryana, Ade. “Etika Penelitian.” Etika Penelitian, 2020, https://www.researchgate.net/publication/342751890_Etika_Penelitian/citation/download. Accessed 17 Juli 2024.

Koyaz, Mine, and Aslı Ünlü. “human-centred performance criteria for adaptive façade design: Based on the results of a user experience survey.” Building and Environment, 2022, https://api.semanticscholar.org/CorpusID:250512483.

MacKenzie, I. Scott. Human-Computer Interaction: An Empirical Research Perspective. Elsevier Science, 2013. Accessed 31 July 2024.

Mifsud, Justin. “Usability Metrics – A Guide To Quantify The Usability Of Any System.” Usability Metrics – A Guide To Quantify The Usability Of Any System, Usability Geek, 24 Juli 2018, https://usabilitygeek.com/usability-metrics-a-guide-to-quantify-system-usability/. Accessed 17 Juli 2024.

Nielsen, Jakob. “10 Usability Heuristics for User Interface Design.” Nielsen Norman Group, 24 April 1994, https://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/. Accessed 20 May 2024.

Rachmanda, Ridho Weedy. “Mengenal Maze: Software UI UX Design Beserta Fitur Unggulan.” BuildWithAngga, 25 November 2023, https://buildwithangga.com/tips/apa-itu-maze-untuk-ui-ux-design#:~:text=Maze%20merupakan%20software%20User%20Research%20yang%20dapat%20membantu,Kualitatif%20pada%20Web%2C%20Mobile%20App%2C%20maupun%20Desktop%20App.

Ramadhan, Novian Ilham, et al. “Evaluasi dan Perbaikan Pengalaman Pengguna Aplikasi Temu.in menggunakan Metode User Experience Questionnaire dan Heuristic Evaluation.” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputere-ISSN: 2548-964XVol. 7, No. 5, Mei 2023, hlm. 2341-2349http://j-ptiik.ub.ac.idFakultas Ilmu KomputerUniversitas Brawijaya 2341Evaluasi dan Perbaikan Pengalaman Pengguna Aplikasi Temu.in menggunakan, vol. 7, no. 5, 2023, pp. 2341-2349, https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12718.

Riadi, Muchlisin. “Metode Eksperimen (Pengertian, Tujuan, Jenis, Prosedur dan Tahapan).” Metode Pembelajaran, kajianpustaka, 25 12 2022, https://www.kajianpustaka.com/2021/09/metode-eksperimen.html#:~:text=Metode%20eksperimen%20adalah%20suatu%20cara%20mengajar%20dimana%20siswa,percobaan%20tersebut%20disampaikan%20ke%20kelas%20untuk%20dievaluasi%20bersama. Accessed 22 10 2024.

Salvendy, Gavriel, and Waldemar Karwowski, editors. Handbook of Human Factors and Ergonomics. Wiley, 2021. Accessed 31 July 2024.

Sauro, Jeff. “Measuring Usability with the System Usability Scale (SUS) – MeasuringU.” MeasuringU, 3 February 2011, https://measuringu.com/sus/. Accessed 7 March 2024.

Schomakers, Eva, and Gilly Dosovitskiy. “System Usability Scale Benchmarking for Digital Health Apps: Meta-analysis.” NCBI, 18 Agustus 2022, https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC9437782/. Accessed 31 July 2024.

Siddiq, Nur Abdillah. “Standard Error dalam Statistika: Pengertian, Makna, Rumus, dan Contoh Soal [Lengkap].” Standard Error dalam Statistika: Pengertian, Makna, Rumus, dan Contoh Soal [Lengkap], Warung Sains Teknologi, 27 Februari 2024, https://warstek.com/standard-error/. Accessed 17 Juli 2024.

Simkus, Julia. “Convenience Sampling (Accidental Sampling): Definition, Method & Examples.” Simply Psychology, 31 July 2023, https://www.simplypsychology.org/convenience-sampling.html. Accessed 6 August 2024.

Serafinelli, Stefano, and Paulina Maślona. “Nielsen's 10 heuristic principles explained with examples.” TeaCup Lab, 18 Juli 2022, https://www.teacuplab.com/blog/nielsen-10-heuristics-explained-examples/. Accessed 6 August 2024.

Sudrajad, Kresna, et al. “Evaluasi dan Perbaikan User Experience dari Aplikasi Perangkat Bergerak Unggul Sports Center Malang menggunakan Metode Heuristic Evaluation.” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 7, no. 2, 2023, pp. 1022-1029. https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12366/5618.

Suparno, Paul. Stok Tidak Tersedia Atau Tambah ke Daftar Keinginan Email Anda Beritahukan jika produk ini tersedia kembali Beri Tahu Saya Metodologi Pembelajaran Fisika: Konstruktivistik & Menyenangkan. Universitas Sanata Dharma, 2013.

Tinar, Arnezha, et al. “Evaluasi Usability Tampilan Antarmuka Website Perpustakaan Politeknik Kesehatan Kemenkes Kota Malang menggunakan Metode Usability Testing dan Heuristic Evaluation.” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 11, 2019, pp. 10453-10461, https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6693/3235.

Titisari, Yunita, et al. “Evaluasi Desain Antarmuka Aplikasi Mobile SiGap menggunakan Metode Heuristic Evaluation(Studi Kasus pada BPBD Kabupaten Sidoarjo).” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 9, 2019, pp. 9156-9161, https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/6358/3063.

Wong, Euphemia. “Heuristic Evaluation: How to Conduct a Heuristic Evaluation | IxDF.” The Interaction Design Foundation, 8 July 2022, https://www.interaction-design.org/literature/article/heuristic-evaluation-how-to-conduct-a-heuristic-evaluation. Accessed 18 March 2024.

Diterbitkan

29 Nov 2024

Cara Mengutip

Zaki, M., Kharisma, A. P. ., & Fanani, L. (2024). Studi Empiris Penerapan Heuristic Principles of Design Pada Aplikasi Bimo Filkom Ub Dengan Metode Eksperimen. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(10). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14248

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...