Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Pemesanan Makanan Tradisional Padang Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: UMKM Sindifood Jakarta)

Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Pemesanan Makanan Tradisional Padang Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: UMKM Sindifood Jakarta)

Penulis

  • Poppy Marcelia Aziza Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Agi Putra Kharisma Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya
  • Mahardeka Tri Ananta Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

pengalaman pengguna, design thinking, usability testing, makanan tradisional, UMKM Sindifood

Abstrak

Makanan tradisional sebagai identitas budaya dan aset ekonomi, memiliki peran penting dalam mendukung perekonomian Indonesia, di mana UMKM menjadi penggerak utama. Namun, banyak UMKM, termasuk UMKM Sindifood, masih mengandalkan metode manual dalam pengelolaan usaha, yang sering kali memakan waktu, menyebabkan miskomunikasi, dan kebingungan. Pemilik menghadapi tantangan dalam menyusun daftar menu secara manual, sementara pelanggan kesulitan memahami komposisi dan cita rasa menu karena kurangnya informasi yang jelas. Untuk mengatasi masalah ini, dikembangkan solusi UX berupa aplikasi pemesanan makanan tradisional menggunakan metode design thinking, yang mencakup tahapan pengumpulan data, analisis, pengembangan ide, perancangan, dan pengujian prototipe. Evaluasi desain dilakukan melalui pengujian usability dengan mengukur efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Hasil pengujian yang melibatkan 12 pelanggan dan pemilik UMKM menunjukkan bahwa tingkat aspek efektivitas untuk pemilik mencapai 100% baik pada penggunaan prototipe maupun manual, efisiensi sebesar 0,010 goals/detik untuk prototipe dan 0,007 goals/detik untuk manual, serta kepuasan pengguna sebesar 6,33. Sementara itu, untuk pelanggan, aspek efektivitas sebesar 81% dengan rentang ±19%, efisiensi 21,08 detik dengan rentang ±10,64 detik, dan kepuasan pengguna sebesar 6,08 dengan rentang 0,29.

Referensi

Albert, W. (Bill), & Tullis, T. S. (Tom). (2023). Measuring the User Experience: Collecting, Analyzing, and Presenting UX Metrics (Third Edition). Morgan Kaufmann.

Dam, R. F., & Siang, T. Y. (2024). Empathy Map – Why and How to Use It. [online] Interaction Design Foundation. Tersedia di: https://www.interaction-design.org/literature/article/empathy-map-why-and-how-to-use-it [Diakses pada 29 Februari 2024]

Fikriadi, R. S., Zufria, I., & Nasution, A. B. (2022). PENERAPAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN SENI WAYANG DAN TARIAN JAWA. Rabit : Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Univrab, 7(1), 71–76. https://doi.org/10.36341/rabit.v7i1.2189

Himawan, H., & Yanu, M. (2020). Interface User Experience (Cetakan Pertama). Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat .

ISO 9241-11. (2018). Ergonomics of human-system interaction — Part 11: Usability: Definitions and concepts.

ISO 9241-210. (2019). Ergonomics of human-system interaction - Part 210: Human centered design for interactive systems.

Lahiri, A., Cormican, K., & Sampaio, S. (2021). Design thinking: From products to projects. Procedia Computer Science, 181, 141–148. https://doi.org/10.1016/J.PROCS.2021.01.114

Lewis, J. R. (1995). IBM Computer Usability Satisfaction Questionnaires: Psychometric Evaluation and Instructions for Use. International Journal of Human-Computer Interaction, 57–78. https://doi.org/10.1080/10447319509526110

MacKenzie, I. S. (2013). Human-Computer Interaction: An Empirical Research Perspective. Morgan Kaufmann.

Saputra, A. (2019). Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale (SUS) (Usability Implementation in PENTAS Application Using the System Usability Scale (SUS) Method). JTIM : Jurnal Teknologi Informasi Dan Multimedia, 1(3), 206–212.

Setyawijaya, H., Handoko, & Rumaksari, A. N. (2022). Rancang Bangun Sistem Pengelolaan Dan Pemesanan Pada Restoran UMKM Berbasis Cloud Computing. 2–13.

Taryana, A., Istiarizqi, D. H., Ikhsan, F. A. A., Widodo, F. S., Fernando, M. T., & Mirza, S. L. (2022). Is Your Firm Ready for Design Thinking? Journal of Technopreneurship on Economics and Business Review, 4(1), 18–29.

Unduhan

Diterbitkan

05 Dec 2024

Cara Mengutip

Aziza, P. M., Kharisma, A. P. ., & Ananta, M. T. (2024). Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Pemesanan Makanan Tradisional Padang Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus: UMKM Sindifood Jakarta). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(10). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14259

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...