Analisis Pengujian Usability untuk Membandingkan Kemudahan Transaksi pada BukaLapak dengan Lazada
Kata Kunci:
Usability, McCall, E-CommerceAbstrak
Lazada dan BukaLapak adalah e-commerce yang telah menerapkanya teknologi mobile. Lazada dan BukaLapak memiliki reting dan downloader terbanyak di bandingkan para pesaingnya. Tetapi di awal tahun 2017 Lazada sudah mendapat banyak keluhan yang mengacu pada permasalahan Usability. Pada penelitian ini menggunakan teori McCall dimana Usability mempunyai 3 matrik yaitu Operability, Communicativeness dan Training. Operability untuk melihat sejauh mana pengguna dapat mengoperasikan sebuah aplikasi, Communicativeness untuk melihat kesesuaian data input dengan data output dilihat dari sisi pengguna dan Training untuk melihat sejauh mana pengguna baru dapat mengoprasikan aplikasi. Penelitian dimulai dengan pembuatan instrumen, pengumpulan data, dan dilanjutkan dengan pengujian statistika. Pada pembuatan instrumen peneliti berpedoman dengan pertanyaan yang ada pada artikel milik McCall. Pengumpulan data kuesioner digunakan untuk mengkur Operability dan Communicativeness, sedangkan task digunakan untuk mengukur Training. Uji statistika menggunakan uji t independent untuk melihat perbandingan antara Lazada dan BukaLapak. Dari hasil perbandingan dari ketiga matrik tersebut disimpulkan bahwa untuk Operability, Communicativeness dan Training tidak terdapat perbedaan antara aplikasi Lazada dan aplikasi BukaLapak.