Pengaruh Penggunaan Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 12 Malang Pada Mata Pelajaran Informatika

Pengaruh Penggunaan Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 12 Malang Pada Mata Pelajaran Informatika

Penulis

  • Eiko Farah Diva Julen Universitas Brawijaya
  • Satrio Hadi Wijoyo Universitas Brawijaya
  • Khalid Rahman Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Wordwall

Abstrak

Permasalahan di SMK Negeri 12 Malang disebabkan oleh penggunaan media Slide Presentasi yang monoton, sehingga siswa merasa bosan, kurang termotivasi, serta mengalami penurunan fokus selama pembelajaran. Hal ini berdampak pada hasil belajar siswa yang tidak meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Wordwall terhadap hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotorik. Penelitian ini melibatkan dua kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen, dengan metode penelitian kuantitatif eksperimen berjenis Quasi Experimental dengan Nonequivalent Control Group Design. Instrumen penelitian meliputi modul ajar, soal pretest dan posttest, LKPD dan lembar observasi keaktifan siswa. Analisis data juga dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, effect size, serta pengujian hipotesis menggunakan Mann-Whitney dan Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Wordwall memberikan perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar. Pada rata-rata posttest kognitif kelas eksperimen (90,21) lebih tinggi dari kelas kontrol (65,88) dengan signifikansi (0,000<0,05) serta efek pengaruh yang tinggi. Pada psikomotorik rata-rata kelas eksperimen (95,78) lebih tinggi dari kelas kontrol (87,45) dengan signifikansi (0,000<0,05) serta memiliki efek pengaruh yang tinggi. Sedangkan rata-rata nilai afektif kelas eskperimen (85,94) lebih tinggi dari kelas kontrol (80,31) dengan signifikansi (0,010<0,05) serta memiliki efek pengaruh yang sedang. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa Wordwall memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar.

Referensi

Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Masita, Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif (N. Saputra, Ed.). Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.

Bloom, B. S., Engelhart, M. D., Furst, E. J., Hill, W. H., & Krathwohl, D. R. (1956). Taxonomy Of Educational Objectives (B. S. Bloom, Ed.). David McKay Company.

Bunyamin. (2021). Belajar dan Pembelajaran (Lismawati, Hamka, & A. S. Wati, Eds.). UPT UHAMKA Press.

Julyanti, E., Rahma, I. F., Chandra, O. D., & Nisah, H. (2021). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pembelajaran Dan Matematika Sigma (JPMS), 7, 7–11.

Muhid, A. (2019). Analisis Statistik 5 Langkah Praktis Analisis Statistik dengan SPSS for Windows (D. N. Hidayat, Ed.; 2nd ed.). Zifatama.

Mujahidin, A. A., Salsabila, U. H., Hasanah, A. L., Andani, M., & Aprillia, W. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Daring (Quizizz, Sway, dan Wordwall) Kelas 5 di SD Muhammadiyah 2 Wonopeti . Innovative, 1.

Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar . JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7.

Permana, R. A., & Ikasari, D. (2023). Uji Normalitas Data Menggunakan Metode Empirical Distribution Function Dengan Memanfaatkan Matlab Dan Minitab 19. Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK).

Priscillia, Z. E., & Mufidah, E. (2023). Penerapan Kuis Online Wordwall Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Madrasah Ibtidaiyah. IBTIDA’: Media Komunikasi Hasil Penelitian Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 04, 61–69.

Santosa, T. I., & Sari, R. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Media Pembelajaran Online Menggunakan Metode TOPSIS. Remik: Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 5.

Siagan, G. I., & Tarigan, D. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Matematika Kelas IV SDN 173633 Porsea. Journal on Education, 6, 886–893.

Sintia, I., Pasarella, M. D., & Nohe, D. A. (2022). Perbandingan Tingkat Konsistensi Uji Distribusi Normalitas Pada Kasus Tingkat Pengangguran Di Jawa. Prosiding Seminar Nasional Matematika, Statistika, Dan Aplikasinya.

Thoha, M., & Priatna, S. (2022). Strategi Pembelajaran, Gaya Belajar dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (A. Adriadi, Ed.). Media Madani Publisher.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembalajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19.

Ziveria, M., & Purwandari, N. (2020). Pengembangan Presentasi Interaktif dan Menarik Menggunakan Microsoft Power Point 2007 Bagi Guru SDIT Al-Kautsar. ABDIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2).

Unduhan

Diterbitkan

09 Jan 2025

Cara Mengutip

Julen, E. F. D., Wijoyo, S. H., & Rahman, K. (2025). Pengaruh Penggunaan Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 12 Malang Pada Mata Pelajaran Informatika. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(2). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14457

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...