Pengaruh Keterampilan Mengelola Kelas dan Kompetensi Pedagogik Mahasiswa PLP Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Brawijaya Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 4 Malang
Kata Kunci:
Generalized Linear Model, keterampilan mengelola kelas, kompetensi pedagogik, motivasi belajar, Pengenalan Lapangan PersekolahanAbstrak
Motivasi belajar merupakan elemen kunci dalam menentukan keberhasilan proses pembelajaran, khususnya dalam pendidikan vokasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keterampilan mengelola kelas dan kompetensi pedagogik mahasiswa Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi Universitas Brawijaya terhadap motivasi belajar siswa di SMK Negeri 4 Malang. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei, melibatkan 124 siswa sebagai responden. Analisis data dilakukan menggunakan Generalized Linear Model (GLM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan mengelola kelas mahasiswa PLP berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa (p < 0,001). Hal ini menekankan pentingnya pengelolaan kelas yang efektif dalam menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif. Selain itu, kompetensi pedagogik mahasiswa PLP juga memiliki pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa (p < 0,001), mengindikasikan bahwa pemahaman terhadap karakter siswa, potensi, dan kemampuan komunikasi instruksional turut mendukung peningkatan motivasi belajar. Penelitian ini menyarankan mahasiswa PLP untuk terus meningkatkan keterampilan mengelola kelas dan kompetensi pedagogik melalui pelatihan dan pengalaman praktik. Pihak sekolah diharapkan mendukung proses ini dengan memberikan supervisi dan bimbingan yang memadai. Penelitian ini juga merekomendasikan kajian lebih lanjut untuk mengeksplorasi faktor-faktor lain yang memengaruhi motivasi belajar siswa, seperti lingkungan keluarga dan gaya belajar, agar hasil penelitian menjadi lebih komprehensif.
Referensi
Andini, C., Achmadi, A. dan Okianna, O., 2021. Pengaruh Keterampilan Pengelolaan Kelas terhadap Motivasi Belajar di SMA Negeri 4 Sungai Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(4).
Fitriana, A.N., Aisah, M.N., Rianto, E.I. dan Widakdo, R., 2024. Optimalisasi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Madinasika, 5, pp.97–105. https://doi.org/10.31949.v5i2.8267.
Furi, A.S., Faslah, R. dan Yohana, C., 2023. Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 40 Jakarta. Berajah Journal, 3(1), pp.107–118. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.201.
Ghozali, I., 2013. Aplikasi dan Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Habbah, E., Nathalia Husna, E. dan Setiyadi, B., 2023. Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Yang Efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 7, pp.18–26.
Krisnawati, K., Yulaeha, S. dan Budiastra, K., 2022. Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), pp.1116–1124. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2181.
Rahman, S., 2021. Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Santika, D.A.P.C., Darmawiguna, I.G.M. dan Sanyadiputra, G.S., 2017. Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru PPL Jurusan Pendidikan Teknik Informatika terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Se-Kota Singaraja. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 6(3), p.271.
See, S. dan Novianti, C., 2020. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 4(4), pp.1212–1218. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.522.
Sukma Melati, C. dan Susanto, R., 2023. Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa di kelas rendah. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 8(1), pp.144–150. https://doi.org/10.29210/023224jpgi0005.
Sugiyono, P.D., 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan RD. CV Alfabeta.
Andini, C., Achmadi, A. dan Okianna, O., 2021. Pengaruh Keterampilan Pengelolaan Kelas terhadap Motivasi Belajar di SMA Negeri 4 Sungai Raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 10(4).
Fitriana, A.N., Aisah, M.N., Rianto, E.I. dan Widakdo, R., 2024. Optimalisasi Pengelolaan Kelas Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Kedisiplinan Siswa. Jurnal Madinasika, 5, pp.97–105. https://doi.org/10.31949.v5i2.8267.
Furi, A.S., Faslah, R. dan Yohana, C., 2023. Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 40 Jakarta. Berajah Journal, 3(1), pp.107–118. https://doi.org/10.47353/bj.v3i1.201.
Ghozali, I., 2013. Aplikasi dan Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Undip.
Habbah, E., Nathalia Husna, E. dan Setiyadi, B., 2023. Strategi Guru Dalam Pengelolaan Kelas Yang Efektif Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, 7, pp.18–26.
Krisnawati, K., Yulaeha, S. dan Budiastra, K., 2022. Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), pp.1116–1124. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2181.
Rahman, S., 2021. Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Santika, D.A.P.C., Darmawiguna, I.G.M. dan Sanyadiputra, G.S., 2017. Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru PPL Jurusan Pendidikan Teknik Informatika terhadap Motivasi Belajar Siswa SMK Se-Kota Singaraja. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 6(3), p.271.
See, S. dan Novianti, C., 2020. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 4(4), pp.1212–1218. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.522.
Sukma Melati, C. dan Susanto, R., 2023. Pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap motivasi belajar siswa di kelas rendah. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 8(1), pp.144–150. https://doi.org/10.29210/023224jpgi0005.
Sugiyono, P.D., 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi dan RD. CV Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.