Evaluasi Penerimaan Layanan Aplikasi LolosASN Berdasarkan Teori Technology Acceptance Model
Kata Kunci:
technology acceptance model, criteria-based evaluation, it-system in use, perceived ease of use, attitude toward using, perceived usefulnessAbstrak
LolosASN merupakan aplikasi yang menyediakan tryout CPNS untuk membantu CPNS berlatih mengerjakan banyak soal dalam waktu singkat. LolosASN mendapat tantangan dari pengguna mengenai pemahaman terkait penggunaan aplikasi. Pemahaman ini berpotensi memengaruhi tingkat penerimaan dari aplikasi LolosASN. Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui penerimaan platform LolosASN dengan Technology Acceptance Model (TAM) melalui pendekatan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan 248 responden yang merupakan pengguna aplikasi LolosASN melalui penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat penerimaan aplikasi LolosASN berada dalam kategori sangat tinggi dengan rata-rata persentase total sebesar 89,89%. Analisis terhadap lima variabel utama dalam TAM, yaitu perceived usefulness (persepsi kegunaan) sebesar 90,71%, perceived ease of use (persepsi kemudahan penggunaan) sebesar 91,26%, attitude toward using (sikap terhadap penggunaan) sebesar 90,72%, behavioral intention to use (niat menggunakan) sebesar 89,87%, dan actual system use (penggunaan sebenarnya) sebesar 86,89%, juga menunjukkan hasil yang sangat tinggi. Ditemukan bahwa 11 dari 19 indikator yang diukur memerlukan perbaikan. Indikator tersebut meliputi: bekerja lebih cepat, efektivitas, meningkatkan produktivitas, mempermudah pekerjaan, mudah dikendalikan, jelas dan mudah dimengerti, fleksibel, mudah menjadi terampil, komponen kognitif, rencana penggunaan di masa depan, dan durasi penggunaan. Rekomendasi yang diberikan berdasarkan hasil temuan ini diharapkan menjadi acuan yang kuat untuk perbaikan dan optimalisasi penerimaan aplikasi LolosASN.
Referensi
Azwar, Saifuddin. 2012. “Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cronholm, Stefan, dan Göran Goldkuhl. 2003. “Six Generic Types of Information Systems Evaluation.” 10th European Conference on Information Technology Evaluation, no. September, 25–26.
Davis, Fred D. 1989. “Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology.” MIS Quarterly: Management Information Systems 13 (3): 319–39. https://doi.org/10.2307/249008.
Downey, L, dan Sharon Laskowski. 1997. “Symposium Transcription - Usability Engineering: Industry-Government Collaboration for System Effectiveness and Efficiency.” Special Publication (NIST SP), National Institute of Standards and Technology, Gaithersburg, MD.
Fahrezi, Hilman, Andysah Putera, dan Utama Siahaan. 2024. “Rancang Bangun Aplikasi Try Out Cpns Online Berbasis Android Android-Based Online Cpns Try Out Application Design.” Jurnal Widya 5 (1): 145–58. https://jurnal.amikwidyaloka.ac.id/index.php/awl.
Gould, John D, Stephen J Boies, dan Clayton Lewis. 1991. “Making usable, useful, productivity-enhancing computer applications.” Commun. ACM 34 (1): 74–85. https://doi.org/10.1145/99977.99993.
Himawan, Hidayatulah, dan Yanu F Mangaras. 2020. Interface User Experience. Sustainability (Switzerland). Vol. 11. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta.
Kissi, Jonathan, Baozhen Dai, Courage S.K. Dogbe, Jonathan Banahene, dan Oyeh Ernest. 2020. “Predictive factors of physicians’ satisfaction with telemedicine services acceptance.” Health Informatics Journal 26 (3): 1866–80. https://doi.org/10.1177/1460458219892162.
Listiyono, Hersatoto, Sunardi Sunardi, Agus Utomo, dan Novita Mariana. 2022. “Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Kemanfaatan Learning Management System (LMS) Terhadap Niat Penggunaan E-Learning.” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) 11:208–13. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i2.1419.
Mayer, Richard E. 2002. “Cognitive Theory and the Design of Multimedia Instruction: An Example of the Two-Way Street Between Cognition and Instruction.” New Directions for Teaching and Learning 2002 (89): 55–71. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/tl.47.
Norman, D. 2013. The Design of Everyday Things: Revised and Expanded Edition. Basic Books. https://books.google.co.id/books?id=I1o4DgAAQBAJ.
Pilli, Olga, Yasemin Fanaeian, dan Mohammad Musa Al-Momani. 2014. “Investigating the Students ’ Attitude Toward the use of E-Learning in Girne American University.” International Journal of Business and Social Science 5 (5): 169–75. http://ijbssnet.com/journals/Vol_5_No_5_April_2014/19.pdf.
Putri, Putu Indah Adnyani, Putu Novia Hapsari Ardianti, dan I Ketut Sunarwijaya. 2022. “Pengaruh Pengalaman Kerja, Tingkat Pendidikan, Pelatihan, Dan Kompleksitas Tugas Terhadap Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi.” Jurnal Kharisma 4 (2): 45–55.
Rosiana, Puput Silva, Ananda Rizky Nurhidayat, Alpin Apriliansyah Mohsa, dan Azhari Ali Ridha. 2023. “Komputer Menggunakan Evaluasi Heuristic.” Analisis Aplikasi Tiktok Berdasarkan Prinsip Dan Paradigma Interaksi Manusia Dan Komputer Menggunakan Evaluasi Heuristic 11 (3).
Ryan. 2014. “Digital marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan.” Jurnal Cakrawala 10 (2): 107–12. http://www.cakrawalajournal.org/index.php/cakrawala/article/view/36.
Sugiyono. 2019. “Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif.” Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Sweller, John. 1988. “Cognitive Load During Problem Solving: Effects on Learning.” Cognitive Science 12 (2): 257–85. https://doi.org/https://doi.org/10.1207/s15516709cog1202_4.
Wicaksono, S Rizky. 2022. Teori Dasar Technology Acceptance Model. Malang: CV. Seribu Bintang. https://doi.org/10.5281/zenodo.7754254.
———. 2023. Usability Testing. Malang: CV. Seribu Bintang. https://doi.org/10.1201/9781032702049-8.
Azwar, Saifuddin. 2012. “Penyusunan Skala Psikologi, Edisi 2.” Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cronholm, Stefan, dan Göran Goldkuhl. 2003. “Six Generic Types of Information Systems Evaluation.” 10th European Conference on Information Technology Evaluation, no. September, 25–26.
Davis, Fred D. 1989. “Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology.” MIS Quarterly: Management Information Systems 13 (3): 319–39. https://doi.org/10.2307/249008.
Downey, L, dan Sharon Laskowski. 1997. “Symposium Transcription - Usability Engineering: Industry-Government Collaboration for System Effectiveness and Efficiency.” Special Publication (NIST SP), National Institute of Standards and Technology, Gaithersburg, MD.
Fahrezi, Hilman, Andysah Putera, dan Utama Siahaan. 2024. “Rancang Bangun Aplikasi Try Out Cpns Online Berbasis Android Android-Based Online Cpns Try Out Application Design.” Jurnal Widya 5 (1): 145–58. https://jurnal.amikwidyaloka.ac.id/index.php/awl.
Gould, John D, Stephen J Boies, dan Clayton Lewis. 1991. “Making usable, useful, productivity-enhancing computer applications.” Commun. ACM 34 (1): 74–85. https://doi.org/10.1145/99977.99993.
Himawan, Hidayatulah, dan Yanu F Mangaras. 2020. Interface User Experience. Sustainability (Switzerland). Vol. 11. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UPN Veteran Yogyakarta.
Kissi, Jonathan, Baozhen Dai, Courage S.K. Dogbe, Jonathan Banahene, dan Oyeh Ernest. 2020. “Predictive factors of physicians’ satisfaction with telemedicine services acceptance.” Health Informatics Journal 26 (3): 1866–80. https://doi.org/10.1177/1460458219892162.
Listiyono, Hersatoto, Sunardi Sunardi, Agus Utomo, dan Novita Mariana. 2022. “Pengaruh Kemudahan Penggunaan dan Kemanfaatan Learning Management System (LMS) Terhadap Niat Penggunaan E-Learning.” Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) 11:208–13. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i2.1419.
Mayer, Richard E. 2002. “Cognitive Theory and the Design of Multimedia Instruction: An Example of the Two-Way Street Between Cognition and Instruction.” New Directions for Teaching and Learning 2002 (89): 55–71. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/tl.47.
Norman, D. 2013. The Design of Everyday Things: Revised and Expanded Edition. Basic Books. https://books.google.co.id/books?id=I1o4DgAAQBAJ.
Pilli, Olga, Yasemin Fanaeian, dan Mohammad Musa Al-Momani. 2014. “Investigating the Students ’ Attitude Toward the use of E-Learning in Girne American University.” International Journal of Business and Social Science 5 (5): 169–75. http://ijbssnet.com/journals/Vol_5_No_5_April_2014/19.pdf.
Putri, Putu Indah Adnyani, Putu Novia Hapsari Ardianti, dan I Ketut Sunarwijaya. 2022. “Pengaruh Pengalaman Kerja, Tingkat Pendidikan, Pelatihan, Dan Kompleksitas Tugas Terhadap Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi.” Jurnal Kharisma 4 (2): 45–55.
Rosiana, Puput Silva, Ananda Rizky Nurhidayat, Alpin Apriliansyah Mohsa, dan Azhari Ali Ridha. 2023. “Komputer Menggunakan Evaluasi Heuristic.” Analisis Aplikasi Tiktok Berdasarkan Prinsip Dan Paradigma Interaksi Manusia Dan Komputer Menggunakan Evaluasi Heuristic 11 (3).
Ryan. 2014. “Digital marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan.” Jurnal Cakrawala 10 (2): 107–12. http://www.cakrawalajournal.org/index.php/cakrawala/article/view/36.
Sugiyono. 2019. “Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif.” Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.
Sweller, John. 1988. “Cognitive Load During Problem Solving: Effects on Learning.” Cognitive Science 12 (2): 257–85. https://doi.org/https://doi.org/10.1207/s15516709cog1202_4.
Wicaksono, S Rizky. 2022. Teori Dasar Technology Acceptance Model. Malang: CV. Seribu Bintang. https://doi.org/10.5281/zenodo.7754254.
———. 2023. Usability Testing. Malang: CV. Seribu Bintang. https://doi.org/10.1201/9781032702049-8.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.