Analisis Pengaruh Marketplace Berbasis Mobile Pada Penumpukan Pakaian Bekas Layak Pakai (Studi Kasus: Carousell)

Analisis Pengaruh Marketplace Berbasis Mobile Pada Penumpukan Pakaian Bekas Layak Pakai (Studi Kasus: Carousell)

Penulis

  • Askenas Salinding Universitas Brawijaya
  • Welly Purnomo Universitas Brawijaya
  • Aryo Pinandito Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

bekas, penumpukan, carousell, kuesioner, paired samples t-test

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat penumpukan pakaian bekas di kalangan pengguna aplikasi Carousell. Dengan menggunakan metode kuesioner, data dikumpulkan dari 50 responden yang mengalami masalah penumpukan pakaian bekas. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas responden merasa bingung tentang apa yang harus dilakukan dengan pakaian bekas mereka, dengan 82% dari mereka setuju bahwa mereka sering merasa bingung. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa penumpukan pakaian bekas merupakan masalah nyata yang dihadapi oleh responden, yang sejalan dengan temuan bahwa banyak responden memiliki antara 10 hingga 30 item pakaian bekas. Hasil dari Pengujian uji beda paired samples t-test menunjukkan nilai t-hitung sebesar 14,982 dengan nilai signifikansi (Sig. (2-tailed)) < 0,001, yang lebih kecil dari batas signifikansi 0,05, dimana dengan hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan atau terjadi penurunan pada tingkat penumpukan pakaian bekas yang dimiliki responden antara sebelum dan sesudah penggunaan Carousell.

Referensi

Rorong, G.A., Tamengkel, L.F. and Mukuan, D.D., 2021. Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian pakaian bekas import di pasar baru langowan. Productivity, 2(3), pp.228-233.

Zorn. (2022). Sensus BPS: Saat Ini Indonesia Didominasi Oleh Gen Z. Pierre Rainer. https://data.goodstats.id/statistic/pierrerainer/sensus-bps-saat-ini-indonesia-didominasi-oleh-gen-z-n9kqv

Maslatun Nisak, & Sulistyowati, T. (2022). Gaya hidup konsumtif mahasiswi dalam trend fashion (studi kasus mahasiswi jurusan manajemen Universitas Islam Lamongan). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 4(2), 86–96.

Rahman, O., & Koszewska, M. (2020). Exploring consumer behavior in the context of sustainable fashion. Sustainability, 12(12), 5086.

Niinimäki, K., Peters, G., Dahlbo, H., Perry, P., Rissanen, T., & Gwilt, A. (2020). The environmental price of fast fashion. Nature Reviews Earth & Environment, 1(4), 189-200. https://doi.org/10.1038/s43017-020-0039-9

ZAINUDDIN, S. N. H. ., MOHD MARZUKI, A. N. ., AWANG, M. A. ., MOHD ZAKI, A. Z. . and AHMAD DAHLAN, A. R. . (2024) “A CONCEPTUAL THRIFT-TEE BUSINESS MODEL: FOSTERING A SUSTAINABLE AND AFFORDABLE ONLINE BAZAAR FOR B40 COMMUNITY WHILE NURTURING B40 THRIFT-PRENEURS”, Journal of Information Systems and Digital Technologies, 6(1), pp. 105–127. doi: 10.31436/jisdt.v6i1.4

Elvierayani, R.R., Dzikriah, S.I., Arifani, R.D. and Afriyandani, R., 2021. Uji Beda Ekspor dan Import Indonesia-China Sebelum dan Sesudah Pandemi Covid-19. Jurnal Sains Sosio Humaniora P-ISSN, 2580, p.1244.

Montgomery, D. C. (2019). Design and analysis of experiments (10th ed.). John Wiley & Sons.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Renggo, Y.R. and Kom, S., 2022. Populasi Dan Sampel Kuantitatif. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Kombinasi, 43.

Pallant, J. (2016). SPSS Survival Manual: A Step by Step Guide to Data Analysis Using IBM SPSS. Allen & Unwin.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Rahmadani, B.A., Listiawati, Y.D. and Wijayanti, D.E., 2024. Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi Carousell untuk Meningkatkan Marketing Ayam Bakar Pak ‘D. AJAD: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2), pp.273-280.

Suhayati, M., 2018. Analisis Pemanfaatan One Drive Untuk Meningkatkan Kinerja Dengan Metode Uji Beda Pada Mentari Preschool Sumedang. Infoman's: Jurnal Ilmu-ilmu Manajemen dan Informatika, 12(2), pp.93-100.

Santoso, A., 2023. Rumus Slovin: Panacea Masalah Ukuran Sampel?. Suksma: Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma, 4(2), pp.24-43.

Samudra, E. L. Y. and Aji , T. S. . (2023) “UJI BEDA PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI PROVINSI JAWA TIMUR ”, Mufakat: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, 2(4), pp. 1000–1012. doi: 10.572349/mufakat.v2i4.1081.

Sianturi, R., 2022. Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), pp.386-397.

Amanda, L., Yanuar, F. and Devianto, D., 2019. Uji validitas dan reliabilitas tingkat partisipasi politik masyarakat kota Padang. Jurnal Matematika UNAND, 8(1), pp.179-188.

Unduhan

Diterbitkan

09 Jan 2025

Cara Mengutip

Salinding, A., Purnomo, W. ., & Pinandito, A. (2025). Analisis Pengaruh Marketplace Berbasis Mobile Pada Penumpukan Pakaian Bekas Layak Pakai (Studi Kasus: Carousell). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(2). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14480

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...