Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Informatika Di SMK 1 Pancasila Ambulu
Kata Kunci:
Kurikulum Merdeka, Informatika, Model Pembelajaran, Team Games Tournament, Hasil BelajarAbstrak
Implementasi kurikulum merdeka menjadi salah satu langkah pemerintah Indonesia untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penerapan pembelajaran informatika di semua jenjang pendidikan tidak terkecuali SMK menjadi bagian dari kebijakan kurikulum tersebut. Pelaksanaan mata pelajaran informatika sering menghadapi berbagai tantangan diantaranya minimnya partisipasi peserta didik dan tidak bervariasinya model pembelajaran sehingga berdampak pada kurang optimalnya capaian belajar siswa. Tujuan penelitian ini mengidentifikasi dampak model pembelajaran TGT pada capaian belajar informatika aspek kognitif dan afektif siswa SMK. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif dengan desain quasi-eksperimen Non-equivalent Pre-test Post-test Control-group. Terdapat 38 siswa di kelas eksperimen dan 35 siswa di kelas kontrol. Analisis uji asumsi normalitas dan homogenitas menunjukkan kriteria data tidak terpenuhi sehingga uji nonparametrik Mann Whitney digunakan. Hasil menunjukkan perbedaan signifikan pada nilai post-test ranah kognitif, di mana rata-rata kelas eksperimen mencapai 85,68, sedangkan kelas kontrol hanya 62,74 (Sig. 0,000). Ranah afektif juga menunjukkan keunggulan kelas eksperimen dibandingkan kontrol (Sig. 0,000). Kesimpulannya, model pembelajaran TGT berpengaruh positif pada capaian belajar aspek kognitif dan afektif siswa.
Referensi
Ambarita, M. M., Simanjuntak, H., & Yanti, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) pada Materi Struktur Atom dan Nanoteknologi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMA Negeri 2 Pematangsiantar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research , 3, 9833–9846.
Bastika Wati, H., Listyarini, I., & Prima Artharina, F. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 105–112.http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp
Ibda, H. (2017). Media Pembelajaran berbasis Wayang. CV. Pilar Nusantara.
Irmita, L. U. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 1(2), 32–39.
Kurnia, D. P., Munir, M., & Suhartono. (2023). ANALISIS STATISTIK DENGAN SPSS. Eureka Media Aksara.
Kurniawan, B. (2019). Pengaruh Model TGT Berbantu Media Pinball Terhadap Hasil Belajar Siswa A R T I C L E I N F O. International Journal of Elementary Education, 3(1), 23–28.
Nasrum, A. (2018). UJI NORMALITAS DATA UNTUK PENELITIAN (Nasrum Akbar, Ed.). Jayapangus Press.
Nurjanah, D. S., Sudibyo, E., & Mursyidah, R. W. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN BOARD TRAIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(1), 421–427. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i1.1182
Nuryadi, Astuti, T. D., Budianantara, M., & Utami, E. S. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media.
Permadi, R. N., Kartikowati, S., & Rizka, M. (2023). Efektivitas Penerapan Strategi Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa SMP. Journal of Education Research, 4(1).
Pranoto, E. (2023). Model Discovery Learning dan Problematika Hasil Belajar. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Sari, R. (2023). Penilaian Hasil Kegiatan Belajar Mengajar di Sekokah Dasar. In Eureka Media Aksara.
Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING MODEL). Eurika Media Aksara.
Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.
Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif. Alfabeta.
Ambarita, M. M., Simanjuntak, H., & Yanti, F. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) pada Materi Struktur Atom dan Nanoteknologi Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di Kelas X SMA Negeri 2 Pematangsiantar. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research , 3, 9833–9846.
Bastika Wati, H., Listyarini, I., & Prima Artharina, F. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Inovasi, Evaluasi, Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 105–112.http://journal.ainarapress.org/index.php/jiepp
Ibda, H. (2017). Media Pembelajaran berbasis Wayang. CV. Pilar Nusantara.
Irmita, L. U. (2019). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 1(2), 32–39.
Kurnia, D. P., Munir, M., & Suhartono. (2023). ANALISIS STATISTIK DENGAN SPSS. Eureka Media Aksara.
Kurniawan, B. (2019). Pengaruh Model TGT Berbantu Media Pinball Terhadap Hasil Belajar Siswa A R T I C L E I N F O. International Journal of Elementary Education, 3(1), 23–28.
Nasrum, A. (2018). UJI NORMALITAS DATA UNTUK PENELITIAN (Nasrum Akbar, Ed.). Jayapangus Press.
Nurjanah, D. S., Sudibyo, E., & Mursyidah, R. W. (2024). PENERAPAN MODEL PEMBEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN BOARD TRAIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 4(1), 421–427. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i1.1182
Nuryadi, Astuti, T. D., Budianantara, M., & Utami, E. S. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Sibuku Media.
Permadi, R. N., Kartikowati, S., & Rizka, M. (2023). Efektivitas Penerapan Strategi Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa SMP. Journal of Education Research, 4(1).
Pranoto, E. (2023). Model Discovery Learning dan Problematika Hasil Belajar. Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Sari, R. (2023). Penilaian Hasil Kegiatan Belajar Mengajar di Sekokah Dasar. In Eureka Media Aksara.
Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF (COOPERATIVE LEARNING MODEL). Eurika Media Aksara.
Suprijono, A. (2014). Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.
Taniredja, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2011). Model-model Pembelajaran Inovatif. Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.