Perancangan Pengalaman Pengguna E-Learning Pendamping Pelatihan Cybersecurity

Perancangan Pengalaman Pengguna E-Learning Pendamping Pelatihan Cybersecurity

Penulis

  • Eurico Krisna Wijaya Universitas Brawijaya
  • Lutfi Fanani
  • Bayu Priyambadha

Kata Kunci:

e-learning, pelatihan cybersecurity, pengalaman pengguna, design thinking, usability testing, system usability scale

Abstrak

Di era modern, pemanfaatan teknologi sebagai sarana alat bantu manusia dalam beberapa aspek kehidupan telah mendorong sebuah perkembangan teknologi yang pesat. Namun terdapat bahaya yang mengintai, Berdasarkan data yang berasal dari perusahaan keamanan siber menjelaskan bahwa Indonesia berada di urutan ketiga mengenai jumlah kasus kebocoran data di dunia. Dalam mengatasi kurangnya kesadaran mengenai keamanan siber, terdapat pelatihan cybersecurity untuk masyarakat umum ataupun pelajar dengan menggunakan e-learning. E-learning yang digunakan pada pelatihan cybersecurity sejauh ini masih belum sesuai dengan kebutuhan dari pengguna. Maka dari itu diperlukan perancangan e-learning menggunakan metode design thinking dengan pengujian menggunakan usability testing. Hasil pengujian dari e-learning menghasilkan tiga aspek pengujian yaitu efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Hasil pengujian efektivitas untuk peserta didapatkan 96,14% untuk versi desktop dan 98,41% untuk versi mobile. Sedangkan untuk pelatih didapatkan 95,83% untuk versi desktop dan 83,33% untuk versi mobile. Hasil pengujian efisiensi untuk peserta didapatkan 0,086 goals/detik untuk versi desktop dan 0,102 goals/detik untuk versi mobile. Sedangkan untuk pelatih didapatkan 0,036 goals/detik untuk versi desktop dan 0,033 goals/detik untuk versi mobile. Hasil pengujian kepuasan pengguna untuk peserta didapatkan 84 untuk versi desktop dan 82,63 untuk versi mobile. Sedangkan untuk pelatih didapatkan 85 untuk versi desktop dan 90 untuk versi mobile.

Referensi

Amrullah, M. S. dan Ramadhani, E. (2020) “Penerapan Metode Design Thinking untuk Perancangan Aplikasi Manajemen Penanganan Barang Bukti Digital (Studi Kasus: Data Multimedia)”, Tersedia pada: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/29662;jsessionid=37CC9B8E992E298F2E6268CBDC71F75 (Diakses: 20 Februari 2024).

Babich, N. 2020. “Prototyping 101: The difference between low-fidelity and high-fidelity prototypes and when to use each” [daring] Tersedia pada: https://blog.adobe.com/en/publish/2017/11/29/prototyping-difference-low-fidelity-high-fidelity-prototypes-use#:~:text=Low-fidelity%20 (Diakses: 10 Juli 2024).

Binus. 2023. “Self-Study Versus Virtual Classroom e-Learning”. [daring] Tersedia pada: https://pgsd.binus.ac.id/2023/03/03/self-study-versus-virtual-classroom-e-learning (Diakses: 25 Juni 2024).

Brignull, H. 2016. “How to Run an Empathy & User Journey Mapping Workshop” [daring] Tersedia pada: https://harrybr.medium.com/how-to-run-an-empathy-user-journey-mapping-workshop-813f3737067 (Diakses: 17 Oktober 2024).

Cisco. 2024. “Spam vs. Phishing: What is the Difference?”. [daring] Tersedia pada: https://www.cisco.com/c/en/us/products/security/spam-vs-phishing.html (Diakses: 29 Februari 2024).

Flaherty, K. 2020. “7 Ways to Analyze a Customer-Journey Map” [daring] Tersedia pada: https://www.nngroup.com/articles/analyze-customer-journey-map (Diakses: 17 Oktober 2024).

Gibbons, S. 2018. “Empathy Mapping: The First Step in Design Thinking” [daring] Tersedia pada: https://www.nngroup.com/articles/empathy-mapping (Diakses: 10 Juli 2024).

Harley, A. 2015. “Personas Make Users Memorable for Product Team Members” [daring] Tersedia pada: https://harrybr.medium.com/how-to-run-an-empathy-user-journey-mapping-workshop-813f3737067 (Diakses: 10 Juli 2024).

ISO, 9241-211, 2018. “Ergonomics of human-system interaction — Part 11: Usability: Definitions and concepts”. [daring] Tersedia pada: https://www.iso.org/obp/ui/en/#iso:std:iso:9241:-11:ed-2:v1:en (Diakses: 7 Februari 2024).

ISO, 9241-210, 2010. “Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems”. [daring] Tersedia pada: https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:9241:-210:ed-1:v1:en (Diakses: 7 Februari 2024).

ISO, 9241-210, 2019. “Ergonomics of human-system interaction — Part 210: Human-centred design for interactive systems”. [daring] Tersedia pada: https://www.iso.org/obp/ui/en/#iso:std:iso:9241:-210:ed-2:v1:en (Diakses: 7 Februari 2024).

Kasturika, Skrok, D. dan Briggs, C. 2024. “14 UX Deliverables: What will I be making as a UX designer?” [daring] Tersedia pada: https://www.interaction-design.org/literature/article/7-ux-deliverables-what-will-i-be-making-as-a-ux-designer#2._storyboards-3 (Diakses: 20 Oktober 2024).

Muhamad, L. A. K., Fanani, L. dan Az-Zahra, H. M. (2023) “Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Perangkat Bergerak Pencarian Informasi Praktik Mandiri Dokter Spesialis di Kota Mataram”, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(4), hlm. 1902–1912. Tersedia pada: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12606 (Diakses: 7 Februari 2024).

Mahendra, T. A., Sianturi, R. S. dan Kharisma, A. P. (2023) “Perancangan Pengalaman Pengguna Aplikasi Kursus Online Teknologi Informasi berbasis Mobile menggunakan Metode Human-Centered Design”, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 7(5), hlm. 2270–2281. Tersedia pada: https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/12683 (Diakses: 25 Februari 2024).

Moran, K. 2021. “Usability Testing 101”. [daring] Tersedia pada: https://www.nngroup.com/articles/usability-testing-101 (Diakses: 18 Februari 2024).

Stevens, E. 2023. “What Is Design Thinking? A Comprehensive Beginner's Guide”. [daring] Tersedia pada: https://careerfoundry.com/en/blog/ux-design/what-is-design-thinking-everything-you-need-to-know-to-get-started (Diakses: 18 Februari 2024).

Vega, N. D., dan Arifin. (2016) “Penerapan Self Directed E-Learning Pada Keterampilan Menyimak”, Masyarakat Telematika dan Informasi, vol. 7, no. 2, 2016, pp. 107-118. Tersedia pada: https://www.neliti.com/id/publications/233806/penerapan-self-directed-e-learning-pada-keterampilan-menyimak (Diakses: 25 Juni 2024).

Unduhan

Diterbitkan

10 Jan 2025

Cara Mengutip

Wijaya, E. K., Fanani, L. ., & Priyambadha, B. . (2025). Perancangan Pengalaman Pengguna E-Learning Pendamping Pelatihan Cybersecurity . Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(2). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14492

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...