Evaluasi Usability Aplikasi PERSADA: Sistem Monitoring Pajak Daerah di Kota Malang

Evaluasi Usability Aplikasi PERSADA: Sistem Monitoring Pajak Daerah di Kota Malang

Penulis

  • Aulia Septy Anggraini Universitas Brawijaya
  • Hanifah Muslimah Az-Zahra
  • Admaja Dwi Herlambang

Kata Kunci:

Evaluasi Usability, Aplikasi PERSADA, Nielsen’s Attributes of Usability, System Usability Scale, User-Centered Design, Pajak Daerah

Abstrak

Badan Pendapatan Daerah Kota Malang telah mengembangkan Aplikasi PERSADA sebagai sistem monitoring pajak daerah yang bertujuan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaporan pajak. Aplikasi ini menggantikan metode manual yang dinilai kurang efisien. Namun, meskipun Aplikasi PERSADA telah diterapkan, banyak wajib pajak masih memilih metode manual. Hal ini menimbulkan kebutuhan untuk mengevaluasi usability aplikasi secara sistematis guna mengidentifikasi kendala pengguna dan memberikan rekomendasi perbaikan. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi usability Aplikasi PERSADA menggunakan model Nielsen’s Attributes of Usability (NAU) dan metode System Usability Scale (SUS). Evaluasi dilakukan melalui pengujian usability yang melibatkan responden dari kalangan wajib pajak di Kota Malang. Pengujian mencakup pemberian tugas berbasis skenario, observasi, dan wawancara. Hasil pengujian digunakan untuk mengidentifikasi masalah usability, yang kemudian dikelompokkan berdasarkan frekuensi dan urgensinya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Aplikasi PERSADA memiliki 31 permasalahan usability yang dikelompokkan lagi berdasarkan aspek learnability, efficiency, memorability, errors, dan satisfaction. Evaluasi awal menghasilkan skor SUS bernilai 60,3. Rekomendasi perbaikan berupa usability guidelines dan desain solusi. Evaluasi akhir terhadap prototipe perbaikan menghasilkan peningkatan skor SUS yang signifikan bernilai 76,17 yang menunjukkan peningkatan efektivitas dan efisiensi aplikasi.  Dari penelitian juga diketahui bahwa rekomendasi yang diusulkan mampu mengurangi permasalahan usability pada Aplikasi PERSADA yang berkontribusi pada peningkatan tingkat adopsi aplikasi.

Referensi

Albert, W., Tullis, T., & Tedesco, D. 2013. Measuring the user experience: Collecting, analyzing, and presenting usability metrics (2nd ed.). Morgan Kaufmann.

Brooke, J. 1996. SUS: A Quick and Dirty Usability Scale. In Usability Evaluation in Industry, P. W. Jordan, B. Thomas, B. A. Weerdmeester, & I. L. McClelland (Eds.), Taylor & Francis.

Harris, B. M. 1985. Supervisory Behavior in Education Science. London: Macmillan Education.

ISO 9241-11. 2019. Ergonomics of human-system interaction - Part 11: Usability: Definitions and concepts.

Loranger, H., & Nielsen, J. 2006. Prioritizing Web Usability. New Riders.

Nielsen, J. 2012. Usability 101: Introduction to Usability. Retrieved August 26, 2024 from Nielsen Norman Group Website: www.nngroup.com/articles/usability-101-introduction-to-usability/

Nielsen, J., & Loranger, H. 2006. Prioritizing Web Usability. Berkeley CA: New Riders Press.

Norman, D. A. 2013. The Design of Everyday Things: Revised and Expanded Edition. Basic Books.

Prasetyo, T. 2017. Kendala Pengelolaan Pajak Daerah di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Publik, 6(2), 45-58.

Sauro, J., & Lewis, J. R. 2016. Quantifying the User Experience: Practical Statistics for User Research (2nd ed.). Morgan Kaufma.

Unduhan

Diterbitkan

10 Jan 2025

Cara Mengutip

Anggraini, A. S., Az-Zahra, H. M. ., & Herlambang, A. D. (2025). Evaluasi Usability Aplikasi PERSADA: Sistem Monitoring Pajak Daerah di Kota Malang. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(2). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14498

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...