Pengaruh Implementasi Problem-Based Learning Berbantuan Sumber Belajar Digital pada Mata Pelajaran Instalasi Perangkat Jaringan

Pengaruh Implementasi Problem-Based Learning Berbantuan Sumber Belajar Digital pada Mata Pelajaran Instalasi Perangkat Jaringan

Penulis

  • Yanuarin Salwa Afranita Universitas Brawijaya
  • Admaja Dwi Herlambang
  • Uun Hariyanti

Kata Kunci:

hasil belajar, instalasi perangkat jaringan, motivasi belajar, problem-based learning, sekolah menengah kejuruan, sumber belajar digital

Abstrak

Pendidikan abad 21 menuntut siswa untuk memiliki beberapa kompetensi. Situasi ini menuntut guru untuk merancang pembelajaran yang selaras dengan kondisi yang ada. Salah satu alternatifnya adalah penerapan problem-based learning, yaitu model yang berfungsi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Selain itu, penggunaan sumber belajar perlu diperhatikan karena dapat memengaruhi hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan dari implementasi problem-based learning berbantuan sumber belajar digital pada mata pelajaran Instalasi Perangkat Jaringan. Penelitian dilakukan dengan menerapkan pendekatan kuantitatif weak experimental dengan static group pretest-posttest design. SMK Negeri 3 Malang dipilih sebagai tempat penelitian. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling, dengan melibatkan 20 siswa XI TKJ Wirausaha (eksperimen) dan 20 siswa XI TKJ Akademik (kontrol). Tes dan kuesioner digunakan sebagai teknik pengambilan data dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil analisis, nilai signifikansi untuk hasil belajar kognitif dan psikomotorik adalah 0,00 dengan effect size masing-masing -1,01 dan 1,05. Sedangkan nilai Sig. motivasi belajar sebesar 0,18. Kesimpulannya, ada perbedaan hasil belajar kognitif dengan pengaruh kuat dengan arah negatif, ada perbedaan hasil belajar psikomotorik dengan pengaruh kuat, dan tidak ada perbedaan motivasi belajar siswa dalam implementasi problem-based learning berbantuan sumber belajar digital pada mata pelajaran Instalasi Perangkat Jaringan.

Referensi

Ambarwati, D, & M D Kurniasih. 2021. “Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa.” Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/829.

Andriani, Rike, & Rasto Rasto. 2019. “Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 4 (1): 80–86. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/14958.

Andrini, Vera Septi. 2021. Studi Pembelajaran Model Flipped Classroom Memetakan Motivasi Mahasiswa. Banten: CV. AA. Rizky.

Aulia, N, & B Asyhar. 2022. “Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa.” JTMT: Journal Tadris Matematika. https://journal.uiad.ac.id/index.php/Jtm/article/view/1168.

Cahyani, A, I D Listiana, & S P D Larasati. 2020. “Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3 (1): 123–40. http://journal.ptiq.ac.id/index.php/iq/article/view/57.

Cohen, Louis, Lawrence Manion, & Keith Morrison. 2018. Research Methods in Education. 8th Edition. New York: Routledge.

Fitri, Siti Fadia Nurul. 2021. “Problematika Kualitas Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5 (1): 1617–20. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/1148.

Gultom, J M P. 2021. “Diskursus Influencer Kristen Dalam Misi Dan Penginjilan Kepada Native Digital.” VOX DEI: Jurnal Teologi Dan Pastoral 2 (2): 105–20. http://jurnal.sttekumene.ac.id/index.php/VoxDei/article/view/60.

Hutapea, R H. 2019. “Instrumen Evaluasi Non-Tes Dalam Penilaian Hasil Belajar Ranah Afektif Dan Psikomotorik.” BIA’: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual 2 (2): 151–65. http://www.jurnalbia.com/index.php/bia/article/view/94.

Kumala, F Z. 2021. “Pengaruh Penggunaan Youtube Terhadap Minat Dan Motivasi Belajar Matematika.” JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika) 7 (2): 107–16. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/KUM72.

Lestari, D G, & H Irawati. 2020. “Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Dan Motivasi Siswa Pada Materi Biologi Melalui Model Pembelajaran Guided Inquiri.” BIOMA: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya 2 (2): 51–59. https://ojs.unsulbar.ac.id/index.php/bioma/article/view/861.

Mayasari, Novi, & Johar Alimuddin. 2023. Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.

Nadela, Nova Aulia, & Beni Asyhar. 2022. “Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa.” JTMT: Journal Tadris Matematika 3 (2): 64–69. https://journal.uiad.ac.id/index.php/Jtm/article/view/1168.

Priyanti, N M I, & N Nurhayati. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Youtube Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 4 (1): 96–101. https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/pendidikanmatematika/article/view/2698.

Raharjo, Sahid. 2021. “Cara Melakukan Uji Homogenitas Dengan SPSS Beserta Contoh Lengkap.” January 2021.

Raharjo, Sahid. 2021. “Cara Uji Independent Sample T-Test Dan Interpretasi Dengan SPSS.” February 2021.

Saragih, J H, & D J Panjaitan. 2023. “Pengaruh Penggunaan Media Sosial Youtube Terhadap Motivasi Belajar Matematika Dan Self-Efficacy Siswa Menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Siswa Kelas X Di SMK Negeri Kota Medan.” Journal of Didactic Mathematics 4 (3): 180–88. https://mahesainstitute.web.id/ojs2/index.php/jdm/article/view/1862.

Simeru, Arden, Torkis Nasution, Muhammad Takdir, Sri Siswati, Wilda Susanti, Wawan Karsiwan, Karmila Suryani, Rudi Mulya, John Friadi, & Weni Nelmira. 2023. “Model-Model Pembelajaran.”

Sofyan, Herminarto, Wagiran Kokom, & Komariah Endri Triwiyono. 2017. Problem Based Learning Dalam Kurikulum 2013.

Subekti, Maula Nurul, & Siswandari Siswandari. 2024. “Pengaruh Media Video Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Dan Psikomotorik Spreadsheet.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 6 (3): 2531–44. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6868.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Edited by Setiyawan. 1st ed. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tohari, H, M Mustaji, & B S Bachri. 2019. “Pengaruh Penggunaan Youtube Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Mahasiswa.” Kwangsan 7 (1): 1–13. https://www.neliti.com/publications/286906/pengaruh-penggunaan-youtube-terhadap-motivasi-belajar-dan-hasil-belajar-mahasisw.

Yulaiha, SY, & Taufik Hidayat. 2022. “Pemanfaatan Media Sosial Youtube Dalam Meningkatkan Keterampilan Psikomotor Siswa Pada Pembelajaran PJOK Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 6 (3): 4558–65. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.12882.

Yuliana, Dyan, & Noer Fajri Aminullah. 2020. “Pengaruh Media Video Youtube Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Simulasi Digital SMK Negeri 1 Suboh Situbondo.” Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan 8 (1): 37–53.

Unduhan

Diterbitkan

10 Jan 2025

Cara Mengutip

Afranita, Y. S., Herlambang, A. D., & Hariyanti, U. (2025). Pengaruh Implementasi Problem-Based Learning Berbantuan Sumber Belajar Digital pada Mata Pelajaran Instalasi Perangkat Jaringan . Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(2). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14499

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...