Analisis Pengaruh Penggunaan Strategi Semantic Search Engine Optimization (SEO) dan Keyword Mapping Terhadap Visibilitas Website Merteyasabaliadventure.com pada Search Engine
Kata Kunci:
Semantis SEO, Keyword Mapping, Visibilitas Website, Search Engine OptimizationAbstrak
Perubahan tren pemasaran digital mendorong pentingnya optimasi situs web agar mudah ditemukan di mesin pencari seperti Google. Situs web Merteyasabaliadventure.com memiliki visibilitas rendah di mesin pencari akibat konten yang tidak dioptimalkan dan ketiadaan strategi keyword mapping, sehingga menghambat aksesibilitas oleh calon pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh strategi Semantic Search Engine Optimization (SEO) dan Keyword mapping terhadap visibilitas situs web Merteyasabaliadventure.com. Metode yang digunakan mencakup pengumpulan data, observasi awal, perancangan, implementasi strategi, dan pengujian performa. Optimalisasi mencakup penerapan semantic keywords, peningkatan kecepatan halaman, serta penyusunan struktur konten yang ramah SEO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi semantic SEO dan keyword mapping meningkatkan visibilitas situs secara signifikan, ditandai dengan kenaikan impresi, jumlah halaman terindeks, dan global rank pada mesin pencari. Perbandingan antara artikel dengan SEO biasa dan SEO semantik mengungkapkan bahwa strategi SEO semantik lebih efektif dalam meningkatkan klik dan keterlibatan pengguna. Kesimpulannya, penerapan Semantic SEO dan Keyword mapping tidak hanya meningkatkan visibilitas tetapi juga menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik, sehingga relevan bagi perusahaan yang ingin bersaing di pasar digital.
Referensi
Giomelakis, D., 2023. Semantic Search Engine Optimization in the News Media Industry: Challenges and Impact on Media Outlets and Journalism Practice in Greece. Social Media and Society, 9(3). https://doi.org/10.1177/20563051231195545.
Nanda Aristya, K., Tridian Galih, S. and Agung Prakoso, S., 2024. Strategi Optimasi SEO On-page Dalam Penulisan Artikel Untuk Meningkatkan Trafik Organik Pada Website E-Commerce. Future Academia : The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced, [online] 2(3), pp.273–279. https://doi.org/10.61579/future.v2i3.170.
Rochman, M.K., Susanto, F.A., Herlambang, T. and Sulistiyani, E., 2024. Analisis Kinerja Metode Search Engine Optimization (SEO) On-page pada Website siruru-rulaku.com. [online] Indonesian Research Journal on Education, Available at: <https://irje.org/index.php/irje>.
Sukri, S. and Zulfikar, Z., 2021. Mendapatkan Peringkat Terbaik Website Pada Search Engine Dengan Metode Search Engine Optimization (SEO). Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, 4(3).
Utami, R. and Fauzi, A., 2023. STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis, [online] 3(1), pp.90–94. https://doi.org/10.56127/jaman.v3i1.663.
Vállez, M. and Ventura, A., 2020. Analysis of the SEO visibility of university libraries and how they impact the web visibility of their universities. Journal of Academic Librarianship, 46(4). https://doi.org/10.1016/j.acalib.2020.102171.
Giomelakis, D., 2023. Semantic Search Engine Optimization in the News Media Industry: Challenges and Impact on Media Outlets and Journalism Practice in Greece. Social Media and Society, 9(3). https://doi.org/10.1177/20563051231195545.
Nanda Aristya, K., Tridian Galih, S. and Agung Prakoso, S., 2024. Strategi Optimasi SEO On-page Dalam Penulisan Artikel Untuk Meningkatkan Trafik Organik Pada Website E-Commerce. Future Academia : The Journal of Multidisciplinary Research on Scientific and Advanced, [online] 2(3), pp.273–279. https://doi.org/10.61579/future.v2i3.170.
Rochman, M.K., Susanto, F.A., Herlambang, T. and Sulistiyani, E., 2024. Analisis Kinerja Metode Search Engine Optimization (SEO) On-page pada Website siruru-rulaku.com. [online] Indonesian Research Journal on Education, Available at: <https://irje.org/index.php/irje>.
Sukri, S. and Zulfikar, Z., 2021. Mendapatkan Peringkat Terbaik Website Pada Search Engine Dengan Metode Search Engine Optimization (SEO). Jurnal Nasional Komputasi dan Teknologi Informasi, 4(3).
Utami, R. and Fauzi, A., 2023. STRATEGI PEMASARAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Akuntansi dan Manajemen Bisnis, [online] 3(1), pp.90–94. https://doi.org/10.56127/jaman.v3i1.663.
Vállez, M. and Ventura, A., 2020. Analysis of the SEO visibility of university libraries and how they impact the web visibility of their universities. Journal of Academic Librarianship, 46(4). https://doi.org/10.1016/j.acalib.2020.102171.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.