Pengaruh Kualitas Layanan Website Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA). (Studi Kasus: Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Universitas Negeri Malang)
Kata Kunci:
website, usability, information, service interaction, webqual 4.0, importance performance analysis, regresi linear bergandaAbstrak
Website Departemen Teknik Elektro dan Informatika, Universitas Negeri Malang berfungsi sebagai company profile dan memuat seluruh informasi yang dibutuhkan oleh departemen. Website ini menduduki peringkat pertama dalam jumlah akses dari seluruh departemen dan fakultas Universitas Negeri Malang. Meski demikian, fitur yang dibutuhkan pengguna belum sepenuhnya tersedia. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi pengaruh mutu website terhadap kepuasan pengguna dan mengevaluasi kesesuaian antara harapan dan kualitas layanan menggunakan metode WebQual 4.0 dengan tiga variabel utama, usability, information, service interaction dan Importance Performance Analysis (IPA). Penelitian melibatkan 98 responden yang mencakup mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan. Analisis menggunakan regresi linear berganda menunjukkan pengaruh antara kualitas layanan website dan kepuasan pengguna. Hasil IPA menunjukkan nilai kesesuaian di bawah 100%, mengindikasikan harapan pengguna belum terpenuhi sepenuhnya. Perbaikan diusulkan pada atribut di kuadran pertama (concentrate here) dan ketiga (low priority), untuk meningkatkan relevansi website dan kepuasan pengguna.
Referensi
Barnes, S.J. and Vidgen, R.T., 2002. An Integrative Approach to The Assessment of E-Commerce Quality. Journal of Electronic Commerce Research, 3(3), p.116. http://www.jecr.org/sites/default/files/03_3_p02_0.pdf.
Ghozali, I., 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. 9th ed. [online] Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Available at: <https://www.scribd.com/document/729101308/644946086-Ghozali-Edisi-9-PDF>.
Hartati, E., Indriyani, R. and Trianingsih, I., 2020. Analisis Kepuasan Pengguna Website SMK Negeri 2 Palembang Menggunakan Regresi Linear Berganda. Jurnal: Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, 20(1). https://doi.org/10.30812/matrik.v20i1.736.
Islamiah, F., Rusmiati and Wijaya, R., 2022. Penilaian Kepuasan Pengguna Website Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Website Quality. METIK JURNAL, 6(2), p.134. https://doi.org/10.47002/metik.v6i2.381.
Mandias, G.F., Septiawan, Y. and Bojoh, M.J., 2021. Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Ipa Terhadap Situs Sla Tompaso. Cogito Smart Journal, 7(2), pp.404–405. https://doi.org/10.31154/cogito.v7i2.331.396-406.
Mardalena, O. and Andryani, R., 2021. Analisis Kualitas Layanan Website Pada Universitas Terbuka Palembang Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis (IPA). Journal of Information Systems and Informatics, 3(4), p.632. https://doi.org/10.51519/journalisi.v3i4.204.
Martilla, J.A. and James, J.C., 1977. Importance-Performance Analysis. Journal of Marketing, [online] 41(1). https://doi.org/10.2307/1250495.
Mehta, C.R. and Patel, N.R., 1989. IBM SPSS Exact Tests. [online] SPSS inc. Available at: <https://www.ibm.com/docs/en/SSLVMB_27.0.0/pdf/en/IBM_SPSS_Exact_Tests.pdf>.
Wisanti, Zubaidah, S. and Lestari, S.R., 2020. Pengembangan Instrumen Kuesioner Untuk Mengakses Respons Mahasiswa Tentang Monografi Sistematika Tumbuhan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 1(2), p.4. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jipb/article/download/9655/4416.
Barnes, S.J. and Vidgen, R.T., 2002. An Integrative Approach to The Assessment of E-Commerce Quality. Journal of Electronic Commerce Research, 3(3), p.116. http://www.jecr.org/sites/default/files/03_3_p02_0.pdf.
Ghozali, I., 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. 9th ed. [online] Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Available at: <https://www.scribd.com/document/729101308/644946086-Ghozali-Edisi-9-PDF>.
Hartati, E., Indriyani, R. and Trianingsih, I., 2020. Analisis Kepuasan Pengguna Website SMK Negeri 2 Palembang Menggunakan Regresi Linear Berganda. Jurnal: Manajemen, Teknik Informatika dan Rekayasa Komputer, 20(1). https://doi.org/10.30812/matrik.v20i1.736.
Islamiah, F., Rusmiati and Wijaya, R., 2022. Penilaian Kepuasan Pengguna Website Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Website Quality. METIK JURNAL, 6(2), p.134. https://doi.org/10.47002/metik.v6i2.381.
Mandias, G.F., Septiawan, Y. and Bojoh, M.J., 2021. Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Ipa Terhadap Situs Sla Tompaso. Cogito Smart Journal, 7(2), pp.404–405. https://doi.org/10.31154/cogito.v7i2.331.396-406.
Mardalena, O. and Andryani, R., 2021. Analisis Kualitas Layanan Website Pada Universitas Terbuka Palembang Menggunakan Metode Webqual 4.0 Dan Importance Performance Analysis (IPA). Journal of Information Systems and Informatics, 3(4), p.632. https://doi.org/10.51519/journalisi.v3i4.204.
Martilla, J.A. and James, J.C., 1977. Importance-Performance Analysis. Journal of Marketing, [online] 41(1). https://doi.org/10.2307/1250495.
Mehta, C.R. and Patel, N.R., 1989. IBM SPSS Exact Tests. [online] SPSS inc. Available at: <https://www.ibm.com/docs/en/SSLVMB_27.0.0/pdf/en/IBM_SPSS_Exact_Tests.pdf>.
Wisanti, Zubaidah, S. and Lestari, S.R., 2020. Pengembangan Instrumen Kuesioner Untuk Mengakses Respons Mahasiswa Tentang Monografi Sistematika Tumbuhan Sebagai Sumber Belajar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Biologi, 1(2), p.4. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jipb/article/download/9655/4416.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.