Analisis Kualitas Website E-Learning Universitas Islam Bandung (E-Kuliah) Menggunakan Metode WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA)
Kata Kunci:
website, e-learning, webqual 4.0, importance performance analysis, usability quality, information quality, service interaction qualityAbstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas website e-Kuliah, sebuah website e-learning berbasis Moodle yang digunakan dalam mendukung pembelajaran di Universitas Islam Bandung, dan mengidentifikasi area perbaikan berdasarkan tingkat harapan/kepentingan dan kinerja aktual dari penilaian pengguna. Metode yang digunakan adalah WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA) dengan fokus pada variabel usability quality, information quality, dan service interaction quality. Penelitian melibatkan 128 responden mahasiswa, dengan data dianalisis menggunakan WebQual Index (WQI) untuk mengukur kualitas dan IPA untuk mengevaluasi kesesuaian, kesenjangan, dan atribut prioritas perbaikan. Hasil WQI menunjukkan kualitas ketiga variabel dan keseluruhan tergolong baik. Namun, analisis IPA menunjukkan tingkat kesesuaian di bawah 100% dan kesenjangan bernilai negatif yang mengindikasikan kinerja website belum sepenuhnya memenuhi harapan pengguna. Uji Paired Sample T-Test juga mengkonfirmasi perbedaan signifikan antara kepentingan dan kinerja aktual. Kesimpulan penelitian ini merekomendasikan perbaikan untuk meningkatkan kualitas website pada atribut kuadran pertama dan ketiga analisis kuadran IPA, yaitu kemudahan penggunaan, navigasi, tampilan menarik, keterkinian dan kedetailan informasi, kemudahan komunikasi dengan admin, dan layanan sesuai dengan yang dijanjikan.
Referensi
Andry, J.F., Christianto, K. and Wilujeng, F.R., 2019. Using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis to Evaluate E-Commerce Website. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 5(1), pp.23-31.
Barnes, S. and Vidgen, R., 2002. An Integrative Approach to the Assessment of E-Commerce Quality. Journal of Electronic Commerce Research. Journal of Electronic Commerce Research 3, pp.114–127.
Elgamar, 2020. KONSEP DASAR PEMROGRAMAN WEBSITE DENGAN PHP. Malang: CV Multimedia Edukasi.
Goyal, S., 2012. E-Learning: Future of education. Journal of Education and Learning (EduLearn), 6(4), pp.239-242.
Handika, R., Hasbi, M. and Susyanto, T., 2022. Analisis Kualitas Website E-Learning Universitas dengan Metode WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis. Jurnal Ilmiah SINUS, 20(2), 67.
Martilla, J. A. and James, J. C., 1977. Importance-Performance Analysis. Journal of Marketing, 41(1), pp.77–79.
Mehta, C.R. and Patel, N.R., 2011. IBM SPSS exact tests. Armonk, NY: IBM Corporation, 23, p.24.
Natasia, S.R., Insanittaqwa, V.F. and Al Hafid, A., 2023. Analisis Kualitas Website Rumah Sakit Umum Daerah Beriman Balikpapan Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA). SPECTA Journal of Technology, 7(3), pp.658-669.
Pratama, S.A. and Permatasari, R.I., 2021. Pengaruh penerapan standar operasional prosedur dan kompetensi terhadap produktivitas kerja karyawan divisi ekspor pt. Dua kuda indonesia. Jurnal ilmiah m-progress, 11(1).
Wahyuni, M., 2020. Statistik Deskriptif Untuk Penelitian Olah Data Manual dan SPSS versi 25. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani
Winardi, C.B., Pramiyati, T. and Wadu, R.M.B., 2021, July. Analisis Penilaian Pengguna terhadap Kualitas Layanan Website Yayasan Beasiswa Jakarta Menggunakan Metode Webqual 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya (Vol. 2, No. 1, pp. 260-273)
Andry, J.F., Christianto, K. and Wilujeng, F.R., 2019. Using Webqual 4.0 and Importance Performance Analysis to Evaluate E-Commerce Website. Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, 5(1), pp.23-31.
Barnes, S. and Vidgen, R., 2002. An Integrative Approach to the Assessment of E-Commerce Quality. Journal of Electronic Commerce Research. Journal of Electronic Commerce Research 3, pp.114–127.
Elgamar, 2020. KONSEP DASAR PEMROGRAMAN WEBSITE DENGAN PHP. Malang: CV Multimedia Edukasi.
Goyal, S., 2012. E-Learning: Future of education. Journal of Education and Learning (EduLearn), 6(4), pp.239-242.
Handika, R., Hasbi, M. and Susyanto, T., 2022. Analisis Kualitas Website E-Learning Universitas dengan Metode WebQual 4.0 dan Importance Performance Analysis. Jurnal Ilmiah SINUS, 20(2), 67.
Martilla, J. A. and James, J. C., 1977. Importance-Performance Analysis. Journal of Marketing, 41(1), pp.77–79.
Mehta, C.R. and Patel, N.R., 2011. IBM SPSS exact tests. Armonk, NY: IBM Corporation, 23, p.24.
Natasia, S.R., Insanittaqwa, V.F. and Al Hafid, A., 2023. Analisis Kualitas Website Rumah Sakit Umum Daerah Beriman Balikpapan Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance-Performance Analysis (IPA). SPECTA Journal of Technology, 7(3), pp.658-669.
Pratama, S.A. and Permatasari, R.I., 2021. Pengaruh penerapan standar operasional prosedur dan kompetensi terhadap produktivitas kerja karyawan divisi ekspor pt. Dua kuda indonesia. Jurnal ilmiah m-progress, 11(1).
Wahyuni, M., 2020. Statistik Deskriptif Untuk Penelitian Olah Data Manual dan SPSS versi 25. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani
Winardi, C.B., Pramiyati, T. and Wadu, R.M.B., 2021, July. Analisis Penilaian Pengguna terhadap Kualitas Layanan Website Yayasan Beasiswa Jakarta Menggunakan Metode Webqual 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Bidang Ilmu Komputer dan Aplikasinya (Vol. 2, No. 1, pp. 260-273)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.