Pengaruh Implementasi Problem-based Learning berbantuan ChatGPT dan Github terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah

Pengaruh Implementasi Problem-based Learning berbantuan ChatGPT dan Github terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah

Penulis

  • Salvia Dyah Kurniasari Universitas Brawijaya
  • Admaja Dwi Herlambang Universitas Brawijaya
  • Satrio Hadi Wijoyo Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

Problem-based Learning, ChatGPT, Github, Hasil Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa dipengaruhi oleh penggunaan Problem-based Learning (PBL) dengan bantuan ChatGPT dan Github. Dari tujuan tersebut mampu menjadi pertimbangan terkait urgensi penggunaan ChatGPT dan Github dalam model pembelajaran Problem-based Learning pada mata pelajaran Pemrograman Web. Penelitian ini menggunakan desain static-group pretest-posttest dan merupakan penelitian weak experiment. Kelas eksperimen dalam penelitian mewakili kelas yang mendapatkan treatment yaitu pembelajaran Problem-based Learning dengan bantuan ChatGPT dan Github, sedangkan kelas kontrol mewakili kelas yang tidak mendapatkan treatment tersebut. Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa SMKN 5 Malang Program Keahlian PPLG, dengan jumlah sampel 21 siswa. Hasil yang didapatkan dari pengumpulan data adalah skor pretest dan posttest dari siswa dalam tes hasil belajar kognitif dan psikomotor serta hasil tes kemampuan pemecahan masalah. Setelah data dikumpulkan akan dilakukan uji normalitas menggunakan metode Shapiro-Wilk, uji homogenitas menggunakan metode Levene, serta uji hipotesis menggunakan metode Mann-Whitney dan Wilcoxon. Sehingga pada penelitian ini yang menggunakan  dengan Static-Group Pretest Posttest Design menunjukkan Implementasi Problem-based Learning (PBL) berbantuan ChatGPT dan Github tidak memiliki pengaruh terhadap hasil belajar dan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Referensi

Aiken, Lewis R. 1985. “Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings.” Educational and Psychological Measurement 45 (1): 131–42.

Ariandi, Yuli. 2016. “Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Aktivitas Belajar Pada Model Pembelajaran PBL.” PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika 1 (1): 579–85. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21561.

Damayanti, Ayu. 2022. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X SMA Negeri 2 Tulang Bawang Tengah.” SNPE FKIP Universitas Muhammadiyah Metro 1 (1): 99–108.

Fauziah, Ratna Jihan, Astutik Sri, Suratno. 2024. “Majalah Pembelajaran Geografi Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) Berbantuan Nearpod Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA.” Majalah Pembelajaran Geografi 7 (1): 12–21.

Ferdiana Sari, Elda, and Ekohardi. 2021. “Penerapan Github Sebagai Media E-Learning Untuk Mengetahui Keefektifan Kolaborasi Project Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Dan Perangkat Bergerak Di Smk Negeri 2 Surabaya.” It-Edu 6 (2): 14–22.

Fraenkel, Jack R., Wallen, Norman E. 2009. How to Design and Evaluate Research in Education. McGraw-Hill Higher Education. USA: McGraw-Hill Higher Education.

Hakim, Aulia Nur, and Leni Yulia. 2024. “Dampak Teknologi Digital Terhadap Pendidikan Saat Ini.” Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora 3 (1): 145–63. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu.

Hermansyah. 2020. “Problem Based Learning in Indonesian Learning.” Social, Humanities, and Educations Studies (SHEs): Conference Series 3 (3): 2257–62. https://jurnal.uns.ac.id/shes.

Ismail, A., Wan Hassan. W. A. S., F. Ahmad, Affan. Z., and M. I Harun. 2020. “Students’ Readiness in Facing Industrial Revolution 4.0 among Students of Technical Teacher’s Education. International Journal of Scientific & Technology Research.” International Journal of Scientific & Technology Research 9 (8): 300–305.

Komariah, Kokom. 2011. “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Model Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Bagi Siswa Kelas IX J Di SMPN 3 Cimahi.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta 1 (1): 181–218.

Mirayani, Putu, I Wayan Widana, and Ni Kadek Rini Purwati. 2021. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021.” Widyadari 22 (2): 429–38. https://doi.org/10.5281/zenodo.5550337.

Nafiah, Yunin Nurun, Suyanto, Wardan. 2014. “Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Vokasi 4 (1): 125–43. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53.

Nur Nindya Risnina, Septica Tiara Indah Permatasari, Aliyya Zahra Nurulhusna, Febina Mushen Anjelita, Cahya Wulaningtyas, and Nur Aini Rakhmawati. 2023. “Pengaruh ChatGPT Terhadap Proses Pembelajaran Mahasiswa Di Institut Teknologi Sepuluh Nopember.” Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya 2 (4): 119–32. https://doi.org/10.55606/jpbb.v2i4.2364.

OECD. 2023. “PISA 2022 Results Factsheets Indonesia.” The Language of Science Education 1: 1–9. https://oecdch.art/a40de1dbaf/C108.

Putri, Mas Ayu Rizka Septiani Herianto, Edy, Alqadri, Bagdawansyah. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbasis Artificial Intelligence Terhadap Hasil Belajar.” SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS 4 (3): 145–54.

Sabaruddin, Sabaruddin. 2022. “Pendidikan Indonesia Menghadapi Era 4.0.” Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi 10 (1): 43–49. https://doi.org/10.21831/jppfa.v10i1.29347.

Sibarani, Sariayu, Rusmini Rusmini, Ratna Natalia Mendrofa, and Hasratuddin Hasratuddin. 2024. “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.” Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru 9 (2): 479–86. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.866.

Sujatmiko, Dian, Wina Dhamayanti, and Adji Sastrosupadi. 2024. “Pengaruh Penggunaan Chat GPT (Generative Pre-Trained Transformer) Terhadap Rata-Rata Nilai IPK Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Buddha (STAB) Kertarajasa.” Jurnal Nyanadassana: Jurnal Penelitian Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan 3 (1): 24–34. https://doi.org/10.59291/jnd.v3i1.57.

Syamsidah, and Hamidah Suryani. 2018. “Buku Model Peoblem Based Learning (PBL).” Buku, 1–92.

Ulva, Erpina, Maimunah Maimunah, and Atma Murni. 2020. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN Se-Kabupaten Kuantan Singingi Pada Materi Aritmetika Sosial.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 4 (2): 1230–38. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.356.

Wibowo, Setyo Aji, and Intan Faizah. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Chatbot AI Terhadap Higher Order Thinking Skill.” Jurnal Nyanadassana: Jurnal Penelitian Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan 2 (2): 73–85. https://doi.org/10.59291/jnd.v2i2.36.

Woa, Klotilda Margareta, Sugeng Utaya, and Singgih Susilo. 2018. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Geografi Pada Siswa SMA.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 3 (3): 406–11. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/.

Unduhan

Diterbitkan

10 Jan 2025

Cara Mengutip

Kurniasari, S. D., Herlambang, A. D., & Wijoyo, S. H. (2025). Pengaruh Implementasi Problem-based Learning berbantuan ChatGPT dan Github terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(3). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14518

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...