Pengaruh Implementasi Problem-Based Learning Berbantuan GitHub dan ChatGPT Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Logika Pemrograman
Kata Kunci:
Problem-Based Learning, Hasil Belajar, Kemampuan Logika Pemrograman, GitHub, ChatGPTAbstrak
Kemajuan teknologi telah membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, termasuk dalam variasi model pembelajaran. Salah satu pendekatan inovatif adalah integrasi model pembelajaran Problem-Based Learning dengan teknologi canggih seperti GitHub untuk kolaborasi dan ChatGPT sebagai asisten pembelajaran berbasis kecerdasan buatan. Pendekatan ini diharapkan mampu menjawab tantangan pembelajaran modern, khususnya dalam mata pelajaran yang menuntut keterampilan logika seperti pemrograman web. Tujuan penelitian yang dilakukan untuk menganalisis adanya pengaruh penerapan model Problem-Based Learning berbantuan GitHub dan ChatGPT terhadapat Hasil belajar dan Kemampuan Logika Pemrograman. Penelitian ini menggunakan metode weak experiment static group pretest-posttest. Sampel penelitian ini merupakan kelas XI PPLG 1 dan XI PPLG 3 untuk mata Pelajaran pemrograman web di SMKN 5 Malang. Analisis data yang digunakan menggunakan analisis uji asumsi normalitas dan homogenitas kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penerapan Problem-Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar aspek kognitif, psikomotorik, dan kemampuan logika pemrograman siswa, baik dengan atau tanpa bantuan teknologi seperti ChatGPT dan GitHub.
Referensi
Barakbah, Ali R., dkk., 2013. Logika dan Algoritma. Program Studi Teknik Informatika Departemen Teknik Informatika dan Komputer Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.
Darmadi, 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Dini, N. L. M., & Ekohariadi, E., 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Percabangan dan Perulangan di SMK Negeri 2 Mojokerto. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 9(1), 8-16.
Djollong, A. F., 2014. Tehnik pelaksanaan penelitian kuantitatif. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(1).
Faldi, M. R. R., Prafitasari, A. N., & Soelfiah, A., 2024. Chat Gpt: Improving Biology Learning Outcomes Problem-Based Learning Assisted Artificial Intelligence. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 14(2), 217-225.
Ferdiana Sari, E. and Ekohardi, 2021. Penerapan Github Sebagai Media E-Learning Untuk Mengetahui Keefektifan Kolaborasi Project Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Dan Perangkat Bergerak Di Smk Negeri 2 Surabaya. It-Edu, 06(2), pp.14–22.
Fraenkel, J., Wallen, N., & Hyun, H., 1993. How to Design and Evaluate Research in Education 10th ed. McGraw-Hill Education.
Malik Fattah Iskandar, A., Lahinta, A., & Bouty, A. A., 2023. Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemograman Web Dan Perangkat Bergerak Di Smkn 5 Gorontalo. Inverted: Journal of Information Technology Education, 3(2).
Naufal, M. F., 2018. Analisa Teknik Pembelajaran dan Pengajaran Pemrograman pada Universitas dan Industri. Jurnal Informatika dan Multimedia, 10(2), 76-83.
Ramadhani, S., & Pasaribu, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 066433 Medan. Jurnal Binagogik, 9(2).
Rusmono., 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem-Based Learning Itu Perlu.Bogor: Ghalia Indonesia.
Sari, E. F., & Ekohariadi, E., 2021. Penerapan Github Sebagai Media E-Learning Untuk Mengetahui Keefektifan Kolaborasi Project Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Dan Perangkat Bergerak Di Smk Negeri 2 Surabaya. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 6(2), 14-22.
Sudjana., 2016. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suharmawan, W., 2023. Pemanfaatan Chat GPT dalam dunia pendidikan. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 158-166.
Suprihatiningrum, Jamil., 2016. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sutedjo, B., & Nugroho, M. A., 2000. Algoritma dan Teknik Pemrograman. Yogyakarta: Andi.
Trianto., 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher
Barakbah, Ali R., dkk., 2013. Logika dan Algoritma. Program Studi Teknik Informatika Departemen Teknik Informatika dan Komputer Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.
Darmadi, 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.
Dini, N. L. M., & Ekohariadi, E., 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kompetensi Percabangan dan Perulangan di SMK Negeri 2 Mojokerto. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 9(1), 8-16.
Djollong, A. F., 2014. Tehnik pelaksanaan penelitian kuantitatif. Istiqra: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 2(1).
Faldi, M. R. R., Prafitasari, A. N., & Soelfiah, A., 2024. Chat Gpt: Improving Biology Learning Outcomes Problem-Based Learning Assisted Artificial Intelligence. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 14(2), 217-225.
Ferdiana Sari, E. and Ekohardi, 2021. Penerapan Github Sebagai Media E-Learning Untuk Mengetahui Keefektifan Kolaborasi Project Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Dan Perangkat Bergerak Di Smk Negeri 2 Surabaya. It-Edu, 06(2), pp.14–22.
Fraenkel, J., Wallen, N., & Hyun, H., 1993. How to Design and Evaluate Research in Education 10th ed. McGraw-Hill Education.
Malik Fattah Iskandar, A., Lahinta, A., & Bouty, A. A., 2023. Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemograman Web Dan Perangkat Bergerak Di Smkn 5 Gorontalo. Inverted: Journal of Information Technology Education, 3(2).
Naufal, M. F., 2018. Analisa Teknik Pembelajaran dan Pengajaran Pemrograman pada Universitas dan Industri. Jurnal Informatika dan Multimedia, 10(2), 76-83.
Ramadhani, S., & Pasaribu, E. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN 066433 Medan. Jurnal Binagogik, 9(2).
Rusmono., 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem-Based Learning Itu Perlu.Bogor: Ghalia Indonesia.
Sari, E. F., & Ekohariadi, E., 2021. Penerapan Github Sebagai Media E-Learning Untuk Mengetahui Keefektifan Kolaborasi Project Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Dan Perangkat Bergerak Di Smk Negeri 2 Surabaya. IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 6(2), 14-22.
Sudjana., 2016. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suharmawan, W., 2023. Pemanfaatan Chat GPT dalam dunia pendidikan. Education Journal: Journal Educational Research and Development, 7(2), 158-166.
Suprihatiningrum, Jamil., 2016. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sutedjo, B., & Nugroho, M. A., 2000. Algoritma dan Teknik Pemrograman. Yogyakarta: Andi.
Trianto., 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Surabaya: Prestasi Pustaka Publisher
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.