Analisis Penggunaan ChatGPT dalam Pembelajaran dengan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan
Kata Kunci:
ChatGPT, Hasil belajar, Kecerdasan buatan, Problem Based Learning, Teknologi pendidikanAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa yang menyebabkan kurangnya fokus dalam pembelajaran, serta penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang belum optimal sehingga hasil belajar tidak meningkat. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi efektivitas penggunaan ChatGPT sebagai alat bantu dalam model PBL untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode penelitian kuantitatif eksperimen berjenis Quasi Experimental dengan Nonequivalent Control Group Design, yang melibatkan dua kelompok yaitu kelas X RPL 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X RPL 2 sebagai kelas eksperimen. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, effect size, dan pengujian hipotesis menggunakan Mann-Whitney. Instrumen penelitian meliputi pretest dan posttest untuk ranah kognitif, lembar kerja peserta didik untuk ranah psikomotorik dan observasi untuk ranah afektif. Pada hasil belajar posttest nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar (90,21) lebih tinggi dari kelas kontrol (65,88) dengan signifikasi (0,000<0,05) dengan efek besar. Selanjutnya pada psikomotorik rata-rata kelas eksperimen (95,78) juga lebih tinggi dari kelas kontrol (87,45) dengan signifikasi (0,000<0,05) dengan efek besar. Dan pada afektif rata-rata kelas eksperimen (85,94) lebih unggul dari kelas kontrol (80,31) dengan signifikasi (0,000<0,05) dengan efek sedang. Dengan hasil yang diberikan, penggunaan ChatGPT dalam model PBL terbukti efektif meningkatkan hasil belajar siswa.
Referensi
Ausat, A.M.A., Masaang, B., Efendi, M., Nofirman and Riady, Y., 2023. Can Chat GPT Replace the Role of the Teacher in the Classroom: A Fundamental Analysis. Journal on Education, 05(04), pp.16100–16106.
Faldi, M.R.R., Prafitasari, A.N. and Soelfiah, A., 2023. Chat Gpt : Improving Biology Learning Outcomes Problem-Based Learning Assisted Artificial Intelligence. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 14(2), pp.217–225. https://doi.org/10.24042/biosfer.
Kharis, S.A.A., Arisanty, M. and Zili, A.H.A., 2024. Pengalaman dan Perspektif Pendidik terhadap Penggunaan ChatGPT dalam Pengajaran. Jurnal Pendidikan, 33, pp.515–524. https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.5004.
Meihan, A.M., Sinurat, J.Y. and Rukmana, L., 2023. Analisis Pemanfaatan ChatGPT Dalam Pembelajaran Sejarah Oleh Mahasiswa Progam Studi Pendidikan Sejarah Universitas Jambi. JPSI, 6(2), p.348.
Merentek, T.C., Usoh, E.J. and Lengkong, J.S.J., 2023. Implementasi kecerdasan buatan ChatGPT dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), pp.26862–26869.
Ramadhan, F.K., Faris, M.I., Wahyudi, I. and Kamayani, M.S., 2023. Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Flash, 9, pp.25–30.
Subiyantoro, S., Degeng, I.N.S., Kuswandi, D. and Ulfa, S., 2023. Eksplorasi Dampak Chatbot Bertenaga AI (ChatGPT) Pada Pendidikan: Studi Kualitatif Tentang Manfaat dan Kerugian. Jurnal Pekommas, 8, pp.157–168. https://doi.org/10.56873/jpkm.v8i2.5205.
Utami, T.S., Santi, D. and Suparman, A.R., 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI SMK NEGERI 02 Manokwari(Studi Pada Materi Pokok Konsep Laju Reaksi). Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 1, pp.21–26.
Wibowo, S.A., Degeng, M.D.K., Praherdhiono, H. and Faizah, I., 2024. How does the Problem-Based Learning with Chatbot AI Enhance Learning Outcomes? MADRASAH: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 16(2). https://doi.org/10.18860.
Yunarzat, E., Sida, S.C. and Kasman, 2024. Pengaruh Penggunaan ChatGPT terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i2.6489.
Ausat, A.M.A., Masaang, B., Efendi, M., Nofirman and Riady, Y., 2023. Can Chat GPT Replace the Role of the Teacher in the Classroom: A Fundamental Analysis. Journal on Education, 05(04), pp.16100–16106.
Faldi, M.R.R., Prafitasari, A.N. and Soelfiah, A., 2023. Chat Gpt : Improving Biology Learning Outcomes Problem-Based Learning Assisted Artificial Intelligence. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 14(2), pp.217–225. https://doi.org/10.24042/biosfer.
Kharis, S.A.A., Arisanty, M. and Zili, A.H.A., 2024. Pengalaman dan Perspektif Pendidik terhadap Penggunaan ChatGPT dalam Pengajaran. Jurnal Pendidikan, 33, pp.515–524. https://doi.org/10.32585/jp.v33i1.5004.
Meihan, A.M., Sinurat, J.Y. and Rukmana, L., 2023. Analisis Pemanfaatan ChatGPT Dalam Pembelajaran Sejarah Oleh Mahasiswa Progam Studi Pendidikan Sejarah Universitas Jambi. JPSI, 6(2), p.348.
Merentek, T.C., Usoh, E.J. and Lengkong, J.S.J., 2023. Implementasi kecerdasan buatan ChatGPT dalam pembelajaran. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), pp.26862–26869.
Ramadhan, F.K., Faris, M.I., Wahyudi, I. and Kamayani, M.S., 2023. Pemanfaatan Chat GPT Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Flash, 9, pp.25–30.
Subiyantoro, S., Degeng, I.N.S., Kuswandi, D. and Ulfa, S., 2023. Eksplorasi Dampak Chatbot Bertenaga AI (ChatGPT) Pada Pendidikan: Studi Kualitatif Tentang Manfaat dan Kerugian. Jurnal Pekommas, 8, pp.157–168. https://doi.org/10.56873/jpkm.v8i2.5205.
Utami, T.S., Santi, D. and Suparman, A.R., 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Kelas XI SMK NEGERI 02 Manokwari(Studi Pada Materi Pokok Konsep Laju Reaksi). Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 1, pp.21–26.
Wibowo, S.A., Degeng, M.D.K., Praherdhiono, H. and Faizah, I., 2024. How does the Problem-Based Learning with Chatbot AI Enhance Learning Outcomes? MADRASAH: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 16(2). https://doi.org/10.18860.
Yunarzat, E., Sida, S.C. and Kasman, 2024. Pengaruh Penggunaan ChatGPT terhadap Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i2.6489.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.