Pengaruh Implementasi Problem-Based Learning Berbantuan GitHub dan ChatGPT Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Kolaborasi
Kata Kunci:
ChatGPT, GitHub, hasil belajar, kemampuan kolaborasi, Problem-Based LearningAbstrak
Dalam upaya mengoptimalkan efektivitas pembelajaran diperlukan penerapan model dan tujuan pembelajaran yang sesuai. Model yang umum diterapkan adalah Problem-Based Learning (PBL). Meskipun demikian, penerapan PBL masih menghadapi tantangan yaitu mengintegrasikan teknologi untuk mendukung kolaborasi dan pembelajaran secara lebih efisien. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui pengaruh penggunaan model PBL yang dibantu teknologi, seperti ChatGPT dan GitHub terhadap hasil belajar siswa. Tiga aspek yang ditinjau adalah aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif yang diwakilkan kemampuan kolaborasi siswa. Penelitian ini menggunakan desain weak experiment dengan metode static group pre-test - post-test. Data sampel penelitian terdiri dari dua kelas di SMKN 5 Malang pada mata pelajaran Pemrograman Perangkat Bergerak untuk kelas XI – PPLG. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa aspek kognitif memenuhi asumsi uji parametrik, sehingga uji parametrik dapat diterapkan. Namun, pada aspek psikomotorik dan kemampuan kolaborasi, uji asumsi tidak memenuhi kriteria, sehingga uji non-parametrik digunakan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan ChatGPT dan GitHub memberikan perbedaan yang signifikan pada aspek kognitif dengan nilai 0,94 yang artinya sangat besar. Namun, untuk aspek psikomotorik dan kemampuan kolaborasi tidak ditemukan perbedaan yang signifikan.
Referensi
Albina, Meyniar, Ardiyan Safi’i, Mhd Alfat Gunawan, Teguh Wibowo, Nur Alfina, Sari Sitepu, and Rizka Ardiyanti. 2022. “Model Pembelajaran Di Abad Ke 21.” Vol. 16.
Documentation, GitHub. 2024. “About GitHub and Git.” July 29, 2024. https://docs.github.com/en/get-started/start-your-journey/about-github-and-git.
Faiz, Aiman, and Imas Kurniawaty. 2023. “Tantangan Penggunaan ChatGPT Dalam Pendidikan Ditinjau Dari Sudut Pandang Moral.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 5 (1): 456–63. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779.
Fajriah, Ahda Aulia, and Halimatu Sadiah. 2022. “Penggunaan Media Pembelajaran Pop-up Book Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Vol. 1.
Ferdiana Sari, Elda. 2021. “Penerapan Github Sebagai Media E-Learning Untuk Mengetahui Keefektifan Kolaborasi Project Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Dan Perangkat Bergerak Di SMK Negeri 2 Surabaya.” Vol. 06.
Irawati, D., A. M., Iqbal, A., Hasanah, and B. S. Arifin. 2022. “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.”
Jarre, Abd Rahman, and Suhaedir Bachtiar. 2017. “Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Meningkat Melalui Penerapan Model Jigsaw.” Jurnal Biologi & Pembelajarannya. Vol. 4.
Kusuma, Yanti Yandri. 2021. “Peningkatan Hasil Belajar SIswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4 (4): 1460–67. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.753.
Lestari, V. A., & Iryanti, S. S. 2024. “Abad 21 : Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PAI Melalui Literasi Digital.”
Mansur, N R, J Ratnasari, and B Ramdhan. 2022. “Model STEAM Terhadap Kemampuan Kolaborasi Dan Kreativitas Peserta Didik:(STEAM Model Collaboration Ability And Creativity of Students).” BIODIK. https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/19123.
Mukarima, Ulfa Sadina, Wawan Wawan, Agus Setiawan, Eka Fitria Ningsih, and Choirudin Choirudin. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Media Pembelajaran Magic Board Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis.” Jurnal Penelitian Tindakan Kelas 1 (3): 152–55. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i3.367.
Musfiqon, HM, and Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik.
Nafiati, Dewi Amaliah. 2021. “Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik.” Humanika 21 (2): 151–72. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252.
Nasution, Fauziah, Nurwahidah Nasution, Ade Nisfu Ramadhania, Putri Rizky Amanda, and Anisah Auliah. 2023. “HAKIKAT PEMBELAJARAN MICRO.” Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 3 (3): 153–63. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i3.1810.
Nuha, Muhammad Azmi. 2018. “Integrasi Teknologi Dalam Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa.”
Nurlina, Nurfadilah, and Aliem Bahri. 2021. Teori Belajar Dan Pembelajaran.
OpenAI. 2024. “Introducing ChatGPT.” July 29, 2024. https://openai.com/index/chatgpt/.
Putra, Aldoko Listiaji, Aminuddin Kasdi, and Waspodo Tjipto Subroto. 2019. “Pengaruh Media Google Earth Terhadap Hasil Belajar Berdasarkan Keaktifan Siswa Kelas IV Tema Indahnya Negeriku Di Sekolah Dasar.” Jurnal Review Pendidikan Dasar 5 (3). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD.
Putra, Rizky Pratama, Muhmmad Ainul Yaqin, and Akhmadiyah Saputra. 2024. “Objek Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam: Analisis Taksonomi Bloom (Kognitif, Afektif, Psikomotorik).” Journal of Islamic and Educational Research. Vol. 2. https://journal.institercom-edu.org/index.php/alkarim.
Putri, Vicky Diliana Sagita, Yudi Hartono, and Siti Nurkholipah. 2024. “Dampak Penggunaan ChatGPT Dalam Pembelajaran Sejarah Di Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).” http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA.
Santoso, Pandu, Indah Riski, Nur Kholik, Muchamad Raffi Akbar, and Aries Saifudin. 2021. “Penerapan Artificial Intelligence Dalam Aplikasi Chatbot Sebagai Media Informasi Dan Pembelajaran Mengenai Kebudayaan Bangsa” 6 (3): 579–89. https://doi.org/10.32493/informatika.v6i3.11845.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Kencana.
Tolle, Herman, Aryo Pinandito, A. P Kharisma, and R. K Dewi. 2017. “Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak.”
Warsita, Bambang. 2008. “Teori Belajar Robert m. Gagne Dan Implikasinya Pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar.” Jurnal Teknodik, 64–78.
Yuliana, Nurhaliza, Desnita Desnita, Akmam Akmam, and Emiliannur Emiliannur. 2024. “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Fluida Berbasis Kontekstual Terhadap Kemampuan Kolaborasi.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9 (2): 1284–91. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2197.
Albina, Meyniar, Ardiyan Safi’i, Mhd Alfat Gunawan, Teguh Wibowo, Nur Alfina, Sari Sitepu, and Rizka Ardiyanti. 2022. “Model Pembelajaran Di Abad Ke 21.” Vol. 16.
Documentation, GitHub. 2024. “About GitHub and Git.” July 29, 2024. https://docs.github.com/en/get-started/start-your-journey/about-github-and-git.
Faiz, Aiman, and Imas Kurniawaty. 2023. “Tantangan Penggunaan ChatGPT Dalam Pendidikan Ditinjau Dari Sudut Pandang Moral.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 5 (1): 456–63. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i1.4779.
Fajriah, Ahda Aulia, and Halimatu Sadiah. 2022. “Penggunaan Media Pembelajaran Pop-up Book Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar.” Vol. 1.
Ferdiana Sari, Elda. 2021. “Penerapan Github Sebagai Media E-Learning Untuk Mengetahui Keefektifan Kolaborasi Project Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Dan Perangkat Bergerak Di SMK Negeri 2 Surabaya.” Vol. 06.
Irawati, D., A. M., Iqbal, A., Hasanah, and B. S. Arifin. 2022. “Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa.”
Jarre, Abd Rahman, and Suhaedir Bachtiar. 2017. “Aktivitas Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Meningkat Melalui Penerapan Model Jigsaw.” Jurnal Biologi & Pembelajarannya. Vol. 4.
Kusuma, Yanti Yandri. 2021. “Peningkatan Hasil Belajar SIswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 4 (4): 1460–67. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.753.
Lestari, V. A., & Iryanti, S. S. 2024. “Abad 21 : Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran PAI Melalui Literasi Digital.”
Mansur, N R, J Ratnasari, and B Ramdhan. 2022. “Model STEAM Terhadap Kemampuan Kolaborasi Dan Kreativitas Peserta Didik:(STEAM Model Collaboration Ability And Creativity of Students).” BIODIK. https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/19123.
Mukarima, Ulfa Sadina, Wawan Wawan, Agus Setiawan, Eka Fitria Ningsih, and Choirudin Choirudin. 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Media Pembelajaran Magic Board Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis.” Jurnal Penelitian Tindakan Kelas 1 (3): 152–55. https://doi.org/10.61650/jptk.v1i3.367.
Musfiqon, HM, and Nurdyansyah. 2015. Pendekatan Pembelajaran Saintifik.
Nafiati, Dewi Amaliah. 2021. “Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik.” Humanika 21 (2): 151–72. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252.
Nasution, Fauziah, Nurwahidah Nasution, Ade Nisfu Ramadhania, Putri Rizky Amanda, and Anisah Auliah. 2023. “HAKIKAT PEMBELAJARAN MICRO.” Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora 3 (3): 153–63. https://doi.org/10.55606/khatulistiwa.v3i3.1810.
Nuha, Muhammad Azmi. 2018. “Integrasi Teknologi Dalam Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa.”
Nurlina, Nurfadilah, and Aliem Bahri. 2021. Teori Belajar Dan Pembelajaran.
OpenAI. 2024. “Introducing ChatGPT.” July 29, 2024. https://openai.com/index/chatgpt/.
Putra, Aldoko Listiaji, Aminuddin Kasdi, and Waspodo Tjipto Subroto. 2019. “Pengaruh Media Google Earth Terhadap Hasil Belajar Berdasarkan Keaktifan Siswa Kelas IV Tema Indahnya Negeriku Di Sekolah Dasar.” Jurnal Review Pendidikan Dasar 5 (3). http://journal.unesa.ac.id/index.php/PD.
Putra, Rizky Pratama, Muhmmad Ainul Yaqin, and Akhmadiyah Saputra. 2024. “Objek Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam: Analisis Taksonomi Bloom (Kognitif, Afektif, Psikomotorik).” Journal of Islamic and Educational Research. Vol. 2. https://journal.institercom-edu.org/index.php/alkarim.
Putri, Vicky Diliana Sagita, Yudi Hartono, and Siti Nurkholipah. 2024. “Dampak Penggunaan ChatGPT Dalam Pembelajaran Sejarah Di Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA).” http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA.
Santoso, Pandu, Indah Riski, Nur Kholik, Muchamad Raffi Akbar, and Aries Saifudin. 2021. “Penerapan Artificial Intelligence Dalam Aplikasi Chatbot Sebagai Media Informasi Dan Pembelajaran Mengenai Kebudayaan Bangsa” 6 (3): 579–89. https://doi.org/10.32493/informatika.v6i3.11845.
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Kencana.
Tolle, Herman, Aryo Pinandito, A. P Kharisma, and R. K Dewi. 2017. “Pengembangan Aplikasi Perangkat Bergerak.”
Warsita, Bambang. 2008. “Teori Belajar Robert m. Gagne Dan Implikasinya Pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar.” Jurnal Teknodik, 64–78.
Yuliana, Nurhaliza, Desnita Desnita, Akmam Akmam, and Emiliannur Emiliannur. 2024. “Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Fluida Berbasis Kontekstual Terhadap Kemampuan Kolaborasi.” Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9 (2): 1284–91. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2197.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.