Pengaruh Implementasi Problem-Based Learning dengan Variasi Skenario Screen Time terhadap Hasil dan Minat Belajar

Pengaruh Implementasi Problem-Based Learning dengan Variasi Skenario Screen Time terhadap Hasil dan Minat Belajar

Penulis

  • Kumara Sahasika Laksmana Universitas Brawijaya
  • Admaja Dwi Herlambang
  • Uun Hariyanti

Kata Kunci:

hasil belajar, minat belajar, one-to-one, Problem-Based Learning, skenario screen time

Abstrak

Keterbatasan komputer dan laptop di kebanyakan sekolah di Indonesia termasuk SMKN 3 Malang menjadi tantangan dalam ketercapaian adaptasi teknologi. Atas dasar keterbatasan tersebut, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh implementasi model Problem-Based Learning berbantuan skenario screen time one-to-one device berbasis ponsel terhadap hasil dan minat belajar peserta didik SMKN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian poor experimental dengan pendekatan static-group pre-test post-test, di mana terdapat dua kelompok peserta didik yang memperoleh intervensi yang berbeda. Proses pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes pilihan, instrumen tes kinerja, dan adaptasi kuesioner kepuasan minat belajar. Analisis data penelitian dilakukan dengan menggunakan uji statistik parametrik, non-parametrik, dan effect size untuk melihat pengaruh yang disebabkan oleh intervensi. Hasil penelitian menunjukkan skenario screen time one-to-one berbasis ponsel memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap hasil belajar aspek psikomotorik. Namun pada hasil belajar aspek kognitif justru kelompok kontrol yang mendapat pengaruh yang lebih baik. Sedangkan pada aspek minat belajar meskipun data dependen dapat menunjukkan bahwa minat belajar kelompok eksperimen mengalami kenaikan, tidak ditemukan perbedaan dan pengaruh antara kedua kelompok tersebut. Keterbatasan penelitian seperti tidak seimbangnya kedua kelompok dari segi kognitif, serta keterbatasan peneliti dalam mengkontrol variabel diluar penelitian menjadi salah satu faktor rancunya hasil penelitian.

Referensi

Ardianti, Resti, Sujarwanto, and Surahman. 2021. ‘Problem-Based Learning: Apa dan Bagaimana’. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics 3 (1): 27–35.

Benar, A. 2019. ‘Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas CI IPS di SMA Negeri 3 Kota Jambi’. Journal of Chemical Information and Modeling 53 (9): 1689–99.

Chen, Wenli, Carolyn Lim, and Ashley Tan. 2011. ‘From Many-to-One to One-to-Many: The Evolution of Ubiquitous Computing in Education’. Educational Technology, 21–25.

Dudung, Agus. 2018. ‘Penilaian Psikomotor’. K a RIMA, 1–220.

Gazali, M, and M A Pransisca. 2021. ‘Pentingnya Penguasaan Literasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyiapkan Siswa Menghadapi Revolusi Industry 4.0’.

Ilato, Rosman, and Boby R Payu. 2020. ‘Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Belajar Siswa’. Jambura Economic Education Journal 2 (2): 70–79.

Mahmudi, Ihwan, Muh Zidni Athoillah, Eko Bowo Wicaksono, and Amir Reza Kusuma. 2022. ‘Taksonomi Hasil Belajar Menurut Benyamin S. Bloom’. Jurnal Multidisiplin Madani 2 (9): 3507–14.

Melero, Javier, Davinia Hernández-Leo, and Kalpani Manatunga. 2015. ‘Group-Based Mobile Learning: Do Group Size and Sharing Mobile Devices Matter?’ Computers in Human Behavior 44:377–85.

Patmasari, Linda, Dian Hidayati, Wulan Ndari, and Chervony Sardi. 2023. ‘Digitalisasi Pembelajaran yang Berpusat pada Siswa di SMK Pusat Keunggulan’. Jurnal Ilmiah Mandala Education 9 (1).

Pikoli, Masrid, Kadek Sukertini, and Ishak Isa. 2022. ‘Analisis Model Mental Siswa dalam Mentransformasikan Konsep Laju Reaksi melalui Multipel Representasi’. Jambura Journal of Educational Chemistry 4 (1): 8–12.

Primadoniati, Anna. 2020. ‘Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam’. Didaktika: Jurnal Kependidikan 9 (1): 77–97.

Ramadhan, Reza Rizky, and Bambang Wijonarko. 2020. ‘Implementasi Virtual Local Area Network dengan Switch Port Pada PT. Maxindo Mitra Solusi Jakarta’. INTI Nusa Mandiri 14 (2): 203–10.

Reisdorf, Bianca C, Whisnu Triwibowo, and Aleksandr Yankelevich. 2020. ‘Laptop or Bust: How Lack of Technology Affects Student Achievement’. American Behavioral Scientist 64 (7): 927–49.

Sanjaya, W. 2016. ‘Pendidikan, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses’. Prenadamedia Grup.

Sapitri, Aditya Nur Aria, Lintang Kironoratri, and Muhammad Noor Ahsin. 2022. ‘Analisis Dampak Gawai terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V di SDN Kedungwinong 01 Pati’. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5 (10): 3897–3902.

Slameto, D. 2020. ‘Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Cetakan 6’. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutikno, Yadi, Hosan Hosan, and Irawati Irawati. 2021. ‘Minat Belajar Mahasiswa STAB Maitreyawira’. Jurnal Maitreyawira 2 (November):35–42.

Varier, Divya, Erika K Dumke, Lisa M Abrams, Sarah B Conklin, Jamie S Barnes, and Nancy R Hoover. 2017. ‘Potential of One-to-One Technologies in the Classroom: Teachers and Students Weigh In’. Educational Technology Research and Development 65:967–92.

Unduhan

Diterbitkan

13 Jan 2025

Cara Mengutip

Laksmana, K. S. ., Herlambang, A. D. ., & Hariyanti, U. (2025). Pengaruh Implementasi Problem-Based Learning dengan Variasi Skenario Screen Time terhadap Hasil dan Minat Belajar. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(3). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14561

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...