Analisis Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kenyamanan, Dan Kebiasaan Terhadap Niat Keberlanjutan Layanan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) Di Kota Malang
Kata Kunci:
QRIS, Kemudahan Penggunaan, Kenyamanan, Kebiasaan, Niat KeberlanjutanAbstrak
Transformasi teknologi digital di Indonesia terus berkembang pesat, terutama pada sektor pembayaran elektronik melalui Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Inovasi ini tidak hanya mempercepat proses transaksi, tetapi juga memperluas akses masyarakat terhadap layanan pembayaran digital. Kota Malang, sebagai salah satu kota besar di Jawa Timur, menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam penggunaan QRIS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kemudahan penggunaan, kenyamanan, dan kebiasaan terhadap niat keberlanjutan penggunaan layanan QRIS di Kota Malang. Dengan melibatkan 200 responden yang telah menggunakan QRIS selama minimal satu bulan, data dikumpulkan melalui survei dan dianalisis menggunakan Generalized Linear Model (GLM), yang dipilih karena adanya asumsi klasik yang tidak terpenuhi yaitu distribusi data yang tidak normal dan heterokedastisitas pada variabel kebiasaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemudahan penggunaan (p = 0,001), kenyamanan (p = 0,005), dan kebiasaan (p = 0,000) secara signifikan memengaruhi niat keberlanjutan penggunaan QRIS di Kota Malang. Temuan ini memberikan wawasan mengenai faktor-faktor utama yang mendorong keberlanjutan penggunaan layanan pembayaran QRIS, sekaligus menjadi referensi bagi penyedia layanan QRIS untuk meningkatkan adopsi dan loyalitas pengguna di masa depan.
Kata kunci: QRIS, Kemudahan Penggunaan, Kenyamanan, Kebiasaan, Niat Keberlanjutan
Referensi
APJII. (2023) Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Tersedia pada: https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang (Diakses: 27 Agustus 2024).
Badan Pusat Statistik (BPS). (2023). Proporsi individu yang menguasai/memiliki telepon genggam menurut provinsi. Tersedia pada: https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTIyMSMy/proporsi-individu-yang-menguasai-memiliki-telepon-genggam-menurut-provinsi.html (Diakses: 22 Agustus 2024).
Berry, L.L., Seiders, K., & Grewal, D. (2002). Understanding Service Convenience. Journal of Marketing, 66(3), hlm. 1-17. DOI: https://doi.org/10.1509/jmkg.66.3.1.18505.
Connelly, L.M. (2008). Pilot Studies. Medsurg Nursing, 17(6), hlm. 411-412. Tersedia pada: https://www.proquest.com/scholarly-journals/pilot-studies/docview/230525260/se-2 (Diakses: 29 Agustus 2024).
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13 (3), hlm. 319-340. DOI: https://doi.org/10.2307/249008.
Firmansyah, F., Rozi, C., & Prajawati, M.I. (2021). Economic Benefit, Convenience Dan Risk Benefit Dalam Memengaruhi Penggunaan Fintech Yang Berulang. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 17(2), hlm. 55-67. DOI: https://doi.org/10.21067/jem.v17i2.5578.
Fox, J., 2016. Applied Regression Analysis and Generalized Linear Models. 3rd ed. Thousand Oaks, California: SAGE Publications, Inc.
Handayanto, E. dan Ambarwati, R. (2022). Continuance Intention of Mobile Payment Using Modified Extending Model of Acceptance and Use of Technology. AMCA Journal of Science and Technology, 2(1), hlm. 1-9. DOI: 10.51773/ajst.v2i1.131.
Indrawati & Amalia, F. (2019). The Use of Modified UTAUT 2 Model to Analyze the Continuance Intention of Travel Mobile Application. Dalam: Proceedings of the 2019 7th International Conference on Information and Communication Technology (ICoICT), Bandung, Indonesia. DOI: 10.1109/ICoICT.2019.8835196.
Indonesia.go.id. (2024) Transaksi QRIS Melonjak 226,54%, Revolusi Pembayaran Digital di Indonesia. Tersedia pada: https://indonesia.go.id/kategori/editorial/8434/transaksi-qris-melonjak-226-54-revolusi-pembayaran-digital-di-indonesia?lang=1 (Diakses: 27 Agustus 2024).
Irsyad, M., & Hapsari, R. D. V. (2023). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Perceived Security, Dan Social Influence Terhadap Continuance Intention. Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 2(4). DOI: https://doi.org/10.21776/jmppk.2023.02.4.08.
Jawapos. (2024). Bank Indonesia Malang Mencatat Transaksi via QRIS Melesat 352 Persen. Tersedia pada: https://radarmalang.jawapos.com/ekonomi-bisnis/814863294/bank-indonesia-malang-mencatat-transaksi-via-qris-melesat-352-persen (Diakses: 27 Agustus 2024).
Limayem, M., Hirt, S.G., & Cheung, C.M. (2007). How Habit Limits the Predictive Power of Intention: The Case of Information Systems Continuance. MIS Quarterly, 31(4), hlm. 705-737. DOI: https://doi.org/10.2307/25148817.
Novianto, A. S., Hardaningtyas, R. T., Handayati, P., & Hermawan, A. (2023). Factor Influence User’s Intention To Continue Use Of Mobile Payment In Indonesia: Fintech Perspective. International Journal of Economics, Business and Innovation Research (IJEBIR), 2964-0865. Tersedia di: https://e-journal.citakonsultindo.or.id/index.php/IJEBIR/article/view/606 (Diakses 23 Agustus 2024).
Pratama, A., Shaleh, F, M., Zahra, F., & Afdhalia, N. (2019). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Dalam Menggunakan Mobile Banking. Jurnal Akun Nabelo : Jurnal Akuntansi Netral, Akuntabel, Objektif, 2(1), hlm. 204-216.
Sandy, E., & Firdausy, C. M. (2021). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use dan Trust terhadap Minat Konsumen dalam Penggunaan Ulang Go-Pay di Kota Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(1), hlm. 22. DOI: https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i1.10275.
Sekarsari, K.A.D., Indrawati, C.D.S., & Subarno, A. (2021). Optimalisasi Penerapan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) pada Merchant di Wilayah Surakarta. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 5(2). DOI: https://doi.org/10.20961/jikap.v5i2.51487.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Venkatesh, V., Thong, J. Y. L., & Xu, X. (2012). Consumer Acceptance And Use Of Information Technology: Extending The Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology. MIS Quarterly, 36(1), hlm. 157-178. Tersedia pada: https://ssrn.com/abstract=2002388 (Diakses: 27 Agustus 2024).
Wibowo, A. (2008). Kajian Tentang Perilaku Pengguna Sistem Informasi Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Dalam: Proceeding Konferensi Nasional Sistem Informasi 2008, Yogyakarta, 14-15 Januari. Universitas Sanata Dharma. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/228997997_Kajian_Tentang_Perilaku_Pengguna_Sistem_Informasi_Dengan_Pendekatan_Technology_Acceptance_Model_TAM (Diakses: 28 Agustus 2024).
APJII. (2023) Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. Tersedia pada: https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang (Diakses: 27 Agustus 2024).
Badan Pusat Statistik (BPS). (2023). Proporsi individu yang menguasai/memiliki telepon genggam menurut provinsi. Tersedia pada: https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MTIyMSMy/proporsi-individu-yang-menguasai-memiliki-telepon-genggam-menurut-provinsi.html (Diakses: 22 Agustus 2024).
Berry, L.L., Seiders, K., & Grewal, D. (2002). Understanding Service Convenience. Journal of Marketing, 66(3), hlm. 1-17. DOI: https://doi.org/10.1509/jmkg.66.3.1.18505.
Connelly, L.M. (2008). Pilot Studies. Medsurg Nursing, 17(6), hlm. 411-412. Tersedia pada: https://www.proquest.com/scholarly-journals/pilot-studies/docview/230525260/se-2 (Diakses: 29 Agustus 2024).
Davis, F. D. (1989). Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology. MIS Quarterly, 13 (3), hlm. 319-340. DOI: https://doi.org/10.2307/249008.
Firmansyah, F., Rozi, C., & Prajawati, M.I. (2021). Economic Benefit, Convenience Dan Risk Benefit Dalam Memengaruhi Penggunaan Fintech Yang Berulang. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 17(2), hlm. 55-67. DOI: https://doi.org/10.21067/jem.v17i2.5578.
Fox, J., 2016. Applied Regression Analysis and Generalized Linear Models. 3rd ed. Thousand Oaks, California: SAGE Publications, Inc.
Handayanto, E. dan Ambarwati, R. (2022). Continuance Intention of Mobile Payment Using Modified Extending Model of Acceptance and Use of Technology. AMCA Journal of Science and Technology, 2(1), hlm. 1-9. DOI: 10.51773/ajst.v2i1.131.
Indrawati & Amalia, F. (2019). The Use of Modified UTAUT 2 Model to Analyze the Continuance Intention of Travel Mobile Application. Dalam: Proceedings of the 2019 7th International Conference on Information and Communication Technology (ICoICT), Bandung, Indonesia. DOI: 10.1109/ICoICT.2019.8835196.
Indonesia.go.id. (2024) Transaksi QRIS Melonjak 226,54%, Revolusi Pembayaran Digital di Indonesia. Tersedia pada: https://indonesia.go.id/kategori/editorial/8434/transaksi-qris-melonjak-226-54-revolusi-pembayaran-digital-di-indonesia?lang=1 (Diakses: 27 Agustus 2024).
Irsyad, M., & Hapsari, R. D. V. (2023). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Perceived Security, Dan Social Influence Terhadap Continuance Intention. Jurnal Manajemen Pemasaran dan Perilaku Konsumen, 2(4). DOI: https://doi.org/10.21776/jmppk.2023.02.4.08.
Jawapos. (2024). Bank Indonesia Malang Mencatat Transaksi via QRIS Melesat 352 Persen. Tersedia pada: https://radarmalang.jawapos.com/ekonomi-bisnis/814863294/bank-indonesia-malang-mencatat-transaksi-via-qris-melesat-352-persen (Diakses: 27 Agustus 2024).
Limayem, M., Hirt, S.G., & Cheung, C.M. (2007). How Habit Limits the Predictive Power of Intention: The Case of Information Systems Continuance. MIS Quarterly, 31(4), hlm. 705-737. DOI: https://doi.org/10.2307/25148817.
Novianto, A. S., Hardaningtyas, R. T., Handayati, P., & Hermawan, A. (2023). Factor Influence User’s Intention To Continue Use Of Mobile Payment In Indonesia: Fintech Perspective. International Journal of Economics, Business and Innovation Research (IJEBIR), 2964-0865. Tersedia di: https://e-journal.citakonsultindo.or.id/index.php/IJEBIR/article/view/606 (Diakses 23 Agustus 2024).
Pratama, A., Shaleh, F, M., Zahra, F., & Afdhalia, N. (2019). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Dalam Menggunakan Mobile Banking. Jurnal Akun Nabelo : Jurnal Akuntansi Netral, Akuntabel, Objektif, 2(1), hlm. 204-216.
Sandy, E., & Firdausy, C. M. (2021). Pengaruh Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use dan Trust terhadap Minat Konsumen dalam Penggunaan Ulang Go-Pay di Kota Jakarta. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewirausahaan, 5(1), hlm. 22. DOI: https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i1.10275.
Sekarsari, K.A.D., Indrawati, C.D.S., & Subarno, A. (2021). Optimalisasi Penerapan Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) pada Merchant di Wilayah Surakarta. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 5(2). DOI: https://doi.org/10.20961/jikap.v5i2.51487.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Venkatesh, V., Thong, J. Y. L., & Xu, X. (2012). Consumer Acceptance And Use Of Information Technology: Extending The Unified Theory Of Acceptance And Use Of Technology. MIS Quarterly, 36(1), hlm. 157-178. Tersedia pada: https://ssrn.com/abstract=2002388 (Diakses: 27 Agustus 2024).
Wibowo, A. (2008). Kajian Tentang Perilaku Pengguna Sistem Informasi Dengan Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM). Dalam: Proceeding Konferensi Nasional Sistem Informasi 2008, Yogyakarta, 14-15 Januari. Universitas Sanata Dharma. Tersedia pada: https://www.researchgate.net/publication/228997997_Kajian_Tentang_Perilaku_Pengguna_Sistem_Informasi_Dengan_Pendekatan_Technology_Acceptance_Model_TAM (Diakses: 28 Agustus 2024).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.