Perancangan User Experience Aplikasi Viota Beauty Bar Menggunakan Metode Design Thinking
Kata Kunci:
klinik kecantikan, pengalaman pengguna, aplikasi mobile, design thinking, usability testingAbstrak
Klinik kecantikan telah menjadi bagian penting dalam industri jasa kreatif di Indonesia, dimana pada saat ini kesadaran masyarakat akan pentingnya perawatan diri mengalami peningkatan. Viota Beauty Bar, sebagai salah satu klinik kecantikan yang telah beroperasi selama lebih dari dua tahun di Kota Malang, menghadapi tantangan dan permasalahan terkait pengalaman pengguna, termasuk pemesanan dan antrean yang masih dilakukan secara manual. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi oleh Viota Beauty Bar dan merancang solusi dalam bentuk aplikasi mobile yang dapat meningkatkan pengalaman pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah design thinking, yang meliputi tahapan empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Melalui wawancara mendalam dengan pengguna, dilakukan mengumpulkan informasi mengenai kebutuhan dan masalah yang ada. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan solusi kreatif yang tidak hanya memperbaiki sistem pemesanan dan antrean, tetapi juga meningkatkan edukasi pelanggan mengenai perawatan serta mempermudah pembelian produk skincare. Dengan demikian, aplikasi yang dirancang dapat meningkatkan kepuasan pengguna dan efisiensi operasional. Pada tahap pengujian desain solusi dilakukan dengan usability testing menggunakan tools Maze dan Google Form untuk mengukur efektivitas, efisiensi, dan kepuasan pengguna. Hasil pengujian menunjukkan nilai efektivitas 97,2 (sangat efektif), efisiensi 94,6% , dan kepuasan pengguna 96,67 (excellent).
Referensi
Proyek, D., Pusat, P., Semarang, K., Semarang, K., Semarang, K., Modern, A., Kecantikan, P., Pusat, P., Terdapat, K., Kecantikan, P., Karina, M. S., & Dessy, M. (n.d.). BAB I. 2018, 1–6.
Makin Meroket, Pendapatan Produk Kecantikan dan Perawatan Diri di RI Capai Rp111,83 Triliun pada 2022. (n.d.). Retrieved December 10, 2024, from https://databoks.katadata.co.id/produk-konsumen/statistik/66ea42a1ae6c6/makin-meroket-pendapatan-produk-kecantikan-dan-perawatan-diri-di-ri-capai-rp11183-triliun-pada-2022
Courses, D. (2020). User Experience ( Ux ) Design Concepts for Mobile App. 21(4), 202–211.
Silfiana, S., Maruf Nugroho, I., & Raymond Ramadhan, Y. (2023). Perancangan User Interface Dan User Experience Aplikasi Berbasis Mobile Klinik Kecantikan Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : Klinik Katia Derma). INFOKOM (Informatika & Komputer), 11(1), 96–107. https://doi.org/10.56689/infokom.v11i1.1052
Ardila, E., Aminuallah, C., & Informasi, S. (2022). Perancangan User Experience Aplikasi Pesan Antar Dalam Kota Menggunakan Metode Design Thinking. Teknologiterkini.Org, 2(12), 2022–2023. https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/1597
Ni’matullah, M. S., Fanani, L., & Rokhmawati, R. I. (2022). Perancangan User Experience Aplikasi Pemetaan Pedagang Kaki Lima Di Kota Malang. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 16(1), 100–110.
Proyek, D., Pusat, P., Semarang, K., Semarang, K., Semarang, K., Modern, A., Kecantikan, P., Pusat, P., Terdapat, K., Kecantikan, P., Karina, M. S., & Dessy, M. (n.d.). BAB I. 2018, 1–6.
Makin Meroket, Pendapatan Produk Kecantikan dan Perawatan Diri di RI Capai Rp111,83 Triliun pada 2022. (n.d.). Retrieved December 10, 2024, from https://databoks.katadata.co.id/produk-konsumen/statistik/66ea42a1ae6c6/makin-meroket-pendapatan-produk-kecantikan-dan-perawatan-diri-di-ri-capai-rp11183-triliun-pada-2022
Courses, D. (2020). User Experience ( Ux ) Design Concepts for Mobile App. 21(4), 202–211.
Silfiana, S., Maruf Nugroho, I., & Raymond Ramadhan, Y. (2023). Perancangan User Interface Dan User Experience Aplikasi Berbasis Mobile Klinik Kecantikan Menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus : Klinik Katia Derma). INFOKOM (Informatika & Komputer), 11(1), 96–107. https://doi.org/10.56689/infokom.v11i1.1052
Ardila, E., Aminuallah, C., & Informasi, S. (2022). Perancangan User Experience Aplikasi Pesan Antar Dalam Kota Menggunakan Metode Design Thinking. Teknologiterkini.Org, 2(12), 2022–2023. https://jim.teknokrat.ac.id/index.php/sisteminformasi/article/view/1597
Ni’matullah, M. S., Fanani, L., & Rokhmawati, R. I. (2022). Perancangan User Experience Aplikasi Pemetaan Pedagang Kaki Lima Di Kota Malang. Jurnal Teknologi Informasi: Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Bidang Teknik Informatika, 16(1), 100–110.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.