Perancangan Service Design Website Pemesanan Catering Pawon Mendut 33 Menggunakan Metode TiSDD Framework

Perancangan Service Design Website Pemesanan Catering Pawon Mendut 33 Menggunakan Metode TiSDD Framework

Penulis

  • Azura Fairuz Bariq Universitas Brawijaya
  • Herman Tolle Universitas Brawijaya
  • Dwi Cahya Astriya Nugraha Universitas Brawijaya

Kata Kunci:

pemesanan catering, usability testing, service design, TiSDD Framework

Abstrak

Catering adalah salah satu jenis usaha yang bergerak di bidang kuliner, yang menyediakan layanan makanan untuk berbagai keperluan, seperti acara atau event, serta konsumsi harian. Salah satu contohnya yaitu adalah Catering Pawon Mendut 33 yang menyediakan berbagai pilihan menu seperti nasi kotak, nasi tumpeng, dan prasmanan. Selama ini, dalam proses pemesanannya dilakukan secara manual yaitu pelanggan mengechat melalui instagram ataupun whatsapp. Dimana hal tersebut menimbulkan kendala, contohnya seperti pelanggan yang harus mengechat pihak catering terlebih dahulu apabila ingin mengetahui informasi seputar catering, menunggu respon dari pihak catering, hingga pesanan yang kadang terlewat karena banyaknya pesanan yang masuk. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka peneliti menawarkan solusi untuk merancang sebuah website pemesanan catering menggunakan pendekatan This Is Service Design Doing (TiSDD) Framework yang nantinya akan memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk melakukan pemesanan, hingga memantau status pesanan secara real time tanpa harus menunggu jawaban dari pihak catering. Selain itu dengan adanya perancangan ini juga memudahkan pihak catering dalam memanajemen pesanan, sehingga kemungkinan kecil untuk adanya pesanan yang terlewat ataupun kesalahan pesanan. Perancangan ini akan menghasilkan hasil akhir mockup design dan prototype. Lalu dilanjutkan dengan pengujian aspek efektifitas, efisiensi, dan satisfication. Untuk hasil penguian yang dilakukan dengan 3 orang pihak catering memperoleh hasil 98% untuk aspek efektifitas, 97% untuk aspek efisiensi, dan skor 95 untuk aspek satisfication. Sedangkan untuk hasil pengujian pelanggan dilakukan dengan 21 partisipan yang memperoleh hasil 100% aspek efektifitas, 100% untuk aspek efisiensi, dan memperoleh skor 91 dimana itu termasuk kategori “B” atau “Excellent”.

Referensi

Arthana, I. K. R., Pradnyana, I. M. A., & Dantes, G. R. (2019, February). Usability testing on website wadaya based on ISO 9241-11. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1165, No. 1, p. 012012). IOP Publishing.

Barnum, C. M. (2020). Usability testing essentials: Ready, set... test!. Morgan Kaufmann.

Battarbee, K. (2004). Co-experience: Understanding user experiences in interaction (Doctoral dissertation, Aalto University).

Berni, B., Aurora, S., & Borgianni, Y. (2021). From the definition of user experience to a framework to classify its applications in design. Proceedings of the Design Society, 1, 1627-1636.

Blomkvist, Stefan. (2002). Persona - an overview (Extract from the paper The User as a personality. Using Personas as a tool for design. Position paper for the course workshop "Theoretical perspectives in Human-Computer Interaction" at IPLab, KTH, September 3, 2002).

Camillo, D. (2023). Differences and similarities between service design and UX design: A proposal. Service Design and Innovation Conference.

Heinsch, M., Wyllie, J., Carlson, J., Wells, H., Tickner, C., & Kay-Lambkin, F. (2021). Theories informing eHealth implementation: Systematic review and typology classification. Journal of Medical Internet Research, 2021.

Kim, M., Lee, S. M., Choi, S., & Kim, S. Y. (2021). Impact of visual information on online consumer review behavior: Evidence from a hotel booking website. Journal of Retailing and Consumer Services, 60. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2021.10249.

Klug, B. (2017). An overview of the system usability scale in library website and system usability testing. Weave: Journal of Library User Experience, 1(6).

Kondang, P. K., & Gudiato, C. (2024). Perancangan Sistem Pesan Antar Makanan Berbasis Web Dengan Metode Waterfall (Studi Kasus: RM. Simpang Raya Bengkayang). In Agustus (Vol. 3, Issue 2).

Leinonen, A., & Roto, V. (2023). Service design handover to user experience design – A systematic literature review. Information and Software Technology, 154.

Mucz, D., & Gareau-Brennan, C. (2019). Evaluating customer experience through customer journey mapping and service blueprinting at Edmonton Public Library: An exploratory study. Partnership: The Canadian Journal of Library and Information Practice and Research, 14(1).

Pratama Porwokerto, P., Nyoman Tri Sutaguna, I., Herli Sumerli, C. A., Razali, G., & Yusuf, M. (2023). Hanan Catering’s Instagram promotions, pricing, and menu variety influence consumer purchasing decisions in Bandung. International Journal of Economics and Management Research.

Rosenbaum, M. S., Losada Otalora, M., & Contreras Ramírez, G. (2017). How to create a realistic customer journey map. Business Horizons, 60(1), 143-150.

Stickdorn, M., Hormess, M. E., Lawrence, A., & Schneider, J. (2018). This is service design doing. O'Reilly Media, Inc.

Yenni Merlin Djajalaksana, Putri Anggun Rohmalia. (2013). Pengelolaan Bisnis Catering dengan Memanfaatkan Sistem Informasi Berbasis Web (Studi Kasus pada Anggun Catering). Jurnal Sistem Informasi, Vol.8 No.2, 181-201.

Zupan, B., & Nabergoj, A. S. (2022). Design thinking as a course design methodology. In Design Thinking (pp. 17-39). CRC Press.

Unduhan

Diterbitkan

16 Jan 2025

Cara Mengutip

Bariq, A. F., Tolle, H., & Astriya Nugraha, D. C. (2025). Perancangan Service Design Website Pemesanan Catering Pawon Mendut 33 Menggunakan Metode TiSDD Framework. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(4). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14649

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...