Teorisasi Pembentukan Computational Thinking Peserta Didik Berbasis Problem-Based Learning Berbantuan GitHub dan ChatGPT Melalui Pemrograman Web

Teorisasi Pembentukan Computational Thinking Peserta Didik Berbasis Problem-Based Learning Berbantuan GitHub dan ChatGPT Melalui Pemrograman Web

Penulis

  • Andhini Widyasari Putri UNiversitas Brawijaya
  • Admaja Dwi Herlambang Universitas Brawijaya
  • Prima Zulvarina Universitas Brawijaya

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan kemampuan berpikir komputasi siswa melalui pemanfaatan GitHub dan ChatGPT dalam pembelajaran berbasis masalah (PBL) di SMKN 5 Malang. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan Grounded Theory. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa GitHub dan ChatGPT mendukung pengembangan keterampilan pemecahan masalah dan perancangan sistem. GitHub membantu siswa bekerja secara kolaboratif, sedangkan ChatGPT memberikan dukungan dalam memahami konsep dan menyelesaikan tugas. Namun, kompleksitas alat ini dan kurangnya pengetahuan awal siswa menjadi penghambat utama. Keterbatasan akses internet dan kurangnya pelatihan teknis juga menjadi tantangan yang perlu diatasi. Frekuensi penggunaan yang tinggi berhubungan positif dengan peningkatan kemampuan berpikir komputasional. Siswa yang lebih sering menggunakan GitHub dan ChatGPT menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan analisis dan pemecahan masalah. Sebaliknya, keterbatasan teknis dan akses menjadi hambatan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menyarankan perlunya pelatihan berkelanjutan bagi guru dan siswa untuk memaksimalkan pemanfaatan GitHub dan ChatGPT. Peningkatan infrastruktur teknologi dan pengembangan modul pembelajaran yang terintegrasi dengan teknologi ini juga direkomendasikan. Dengan langkah-langkah ini, diharapkan siswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir komputasional yang lebih baik, yang akan bermanfaat dalam karier mereka di masa depan.

Unduhan

Diterbitkan

17 Jan 2025

Cara Mengutip

Putri, A. W., Dwi Herlambang, A. ., & Zulvarina, P. (2025). Teorisasi Pembentukan Computational Thinking Peserta Didik Berbasis Problem-Based Learning Berbantuan GitHub dan ChatGPT Melalui Pemrograman Web . Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 9(4). Diambil dari https://j-ptiik.ub.ac.id/index.php/j-ptiik/article/view/14655

Terbitan

Bagian

Artikel
Loading...